Resep Telur Gulung Anti Gagal

oleh - Mei 26, 2019

Ngomongin bulan suci Ramadan emang nggak ada abisnya. Nikmat menjalankan ibadah puasa selalu bikin nagih, apalagi 10 hari terakhir di bulan Ramadan ini. Kalau meninggalkan salat tarawih sekali aja bawaannya ada yang kurang. Rasanya emang kudu makin semangat tadarus dan berbagi kebaikan. Nggak cuma semangat bikin takjil doang. 

Btw, kalau berburu takjil tuh selalu nyari babang penjual telur gulung. Sedihnya harga jajan bocah ini makin mahal, Sist. Lah Rp. 5 rb cuma dapat 3 sunduk telur gulung. Kecil-kecil pula, kan miris banget! Padahal aku pecinta teluru gulung garis keras. Huhuhu

Saking cintanya sama jajan telur gulung, sering banget nyoba bikin meski gagal terus (kayanya kena kutukan telur gulung kali ya), ada aja masalahnya. Yang telurnya nggak mau nempel lah, yang telurnya menggumpal melulu lah, yang telurnya keenceran lah, dan yang yang lain sebagianya. Lah ini malah jadi yang yangan. Kangen yang yangan kan. 🥰 

Tapi siapa sangka, kemarin sore aku dapat ilham tentang dunia perteluran ini. Ya gimana, tiba-tiba bangun tidur pingin nyoba bikin telur gulung untuk yang ke sekian puluh kali. Sampai orang rumah udah ngeremehin duluan. Kata adekku "paling nggak jadi lagi, mbak. Buang-buang tenaga aja". Oh baiklah, akan aku buktikan. Makin semangat ngocok telur yang udah kupecahkan dong.

Eh btw daripada aku bahagia sendirian karena sukses bikin telur gulung, mending ku share bahan dan cara membuat telur gulung ANTI GAGAL. Tidak lain tidak bukan karena notif whatsapp bunyi mulu gara-gara kupasang status foto telur gulung, mending kutulis di blog aja biar kalau ada yang tanya resep tinggal share link. Padahal mah biar ada yang baca blog. Hahaha

Eh seriusan, banyak chat masuk yang minta resepnya. Itu tandanya pecinta jajan telur gulung nggak cuma aku, dan aku yakin nggak sedikit dari mereka yang gagal bikin telur gulung kaya gini. Ngeselinnya sih banyak juga yang nggak percaya kalau aku bisa bikin telur gulung. Mbok kira beli. Noooo! Plis ya. Ini prestasi tingkat angkasa bisa bikin telur gulung, maka kuputuskan untuk menulis di blog supaya seluruh dunia tahu! Wakkakak
Udah, udah. Langsung aja siapin alat dan bahannya yaaaa.

Alat Untuk Membuat Telur Gulung :

  1. Mangkuk+garpu untuk mengocok telur
  2. Botol kecap/saus isi ulang (nanti ku kasih fotonya)
  3. Tusuk sate
  4. Wajan
  5. Kompor
Bahan Membuat Telur Gulung :

  1. Telur sebanyak 3 butir
  2. Bumbu sesuai selera (garam, lada, dan bawang putih)
  3. Air putih 100 ml (setengah gelas belimbing)
  4. Saus/mayones. Sesuai selera.

Cara Membuat Telur Gulung 

  1. Siapkan mangkuk. Pecahkan 3 butir telur, masukan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Kocok hingga berbusa (kurang lebih 5 menit).
  2. Masukan 100 ml air putih ke dalam kocokan telur tadi. Kocok lagi hingga telur benar-benar encer. Supaya lebih yakin telur itu sudah encer, coba angkat garpunya, jika nggak ada telur yang menempel di garpu berarti kocokan telur siap digoreeeeng.
  3. Masukan kocokan telur ke dalam botol kecap, kocok-kocok lagi sebentar. 
  4. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng. Minyaknya harus banyak ya, Sist. Banyak!
  5. Gunakan api kecil. Biar nggak mudah gosong dan telurnya mudah diuwel-uwel.
  6. Setelah minyak panas, tuangkan kocokan telur cukup 3-4 kali crotan. Ya allah crotan, bahasanya susah banget. Pokoknya gitu lah ya. Makin banyak kocokan telur yang dituangkan, maka makin besar hasil telur gulungnya. 
  7. Tunggu sekitar 5 detik, lalu gulung dari arah tengah membelah kemudian tarik telur ke tepi wajan. Gulung-gulung satu arah. Tiriskan. 
  8. Magic! Telur gulung ternikmat seantereo udah siap di mamam pakai saus/mayones.

Tekstur telur gulungnya tuh lembut banget Sist. Ku suka, ku suka. Tapi kalau kalian suka yang matang banget, proses menggorengnya agak lama dikit yaaa. Duuh selamat mencoba! Selamat berbuka puasa dengan takjil telur gulung. Berasa pingin jualan telur gulung ya Allah. Biar cepet bergelimang harta. Hahaha
Btw, harga seporsi telur gulungku setara dengan harga mahar. Yang mau beli silakan. 🤣🖤

Mungkin Kamu Suka

29komentar

  1. Uuuuuu.....mantaapppp. langsung nyoba nihh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wes nggawe urung Ya Akhi? Liat mana hasilnyaaa

      Hapus
  2. Kudu banget wajan sama kompore ditulis yaa. Hmmmm
    Aku mau buat dan aku juga mau pameeeerrr ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu bgt ditulis dong, ya. Wqwqwq
      Cie yg abis nyoba bikin tp gagal🤣

      Hapus
  3. wah wah bisa untuk jualan ini mbak telur gulungnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih jiwa bisnisku berontak pengin jualan telur gulung. Biar cepet kaya raya.. Wkwk

      Hapus
  4. Wahhh ini sih kesukaanku bgt, dr dulu pgn bikin dirumah tp males bgt, gara2 baca ini jadi mupeng bgt pengen bikin, thks resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya mbak.. Coba aja. Gampang kok. Bikin nagih ngwel2 telurnya. Wkwk

      Hapus
  5. Cakeeep, biasanya ngegulungnya susah yaa mba :'D
    terus ambyar dengan sendirinya wkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasanya kl nggulungnya susah karena takaran airnya kurang pas.. kadang keenceran kadang terlalu kental..

      Hapus
  6. Cakeeep, biasanya ngegulungnya susah yaa mba :'D
    terus ambyar dengan sendirinya wkk

    BalasHapus
  7. Bisa di coba nih, pernah buat beberapa kali tapi gak pernah jadi, sedih banget padahal suka banget sama telur gulung

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ajaaa, ku juga sekarang sering banget bikin di rumah, wkwk

      Hapus
  8. Mbak gak ada kata lain dari crotan ? hehehe

    btw trims, ini buat kepepet ma anak deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ada, Bang Day.. wkwkwk
      iya coba aja drpd boros beli di tukang telur gulung, huhu

      Hapus
  9. Pesen telor gulung sis, satu porsi. sausnya di pisah ya, tapi jangan jauh-jauh. Takut rindu. :)
    Bayarnya paka ovo ya biar dapet cashback. hehehehe

    abis bikin telor gulung nanti lanjut mie gulung telor ya, itukan masih temennya juga. ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak papa aku suka yg jauhan drpd kedekatan, wkwkwk
      mie gulung yg kaya gimana? disini ada sih tp biasanya dicampur tepung tapioka, nggak begitu suka, uuuu

      Hapus
  10. Gampang juga ya cara ngebuatnya mbak, ntar dicobain, anti gagal, so no worries :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba aja mbak, asal ngocok dan perbandingan airnya pas insya allah anti gagal. eh terus minyak gorengnya mesti banyak ya, apinya kecil

      Hapus
  11. Makanan ini beneran bring back memory waktu kecil ya.

    BalasHapus
  12. Mantap resepnya, ini makanan anak SD tahun 90 an hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, tp anak SD jaman sekarang juga makanannya begini. wkwkwk

      Hapus
  13. Wah, enak ini. Dikala perut lapar, bisa buat ini. Bahan-bahannya gampang, buatnya juga gampang. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini perut kenyang juga tetep aja enak.. buat camilan, wkwk

      Hapus
  14. Pernah bikin ini bareng adek pas bulan puasa lalu, daaaaannnnn .... Gagal😅😂

    BalasHapus
  15. Aku pernah nyoba tapi gagal hahahaa

    Cobain ah. Book mark dulu

    BalasHapus