Nostalgia dengan Semangkuk Mie Ayam Di Banyumas

oleh Ella Fitria
Mie Ayam Kamsir
Mie Ayam Kamsir

Kadang suka mikir, ada nggak sih orang yang nggak doyan mie ayam? Kalau ada, kenalin ke aku deh. Kumau cari alasan kenapa itu orang nggak doyan mie ayam, siapa tahu bikin aku sadar dari pecinta mie garis keras. Pokoknya kalau sudah diizinkan makan mie sama ibu, rasanya tuh surga dunia meski lebih sering makan mie colong-colongan sih. Apalagi zaman jadi anak kos, tiada hari tanpa nyetok mie instan dong.

Pun semasa KKN di Banyumas begitu nemu mie ayam yang cocok di lidah, tiap hari makannya mie ayam. IYA TIAP HARI. Secinta itu memang sama mie ayam. Nah mie ayam Kamsir adalah kunci mode on saat KKN, kunci balikin mood yang cape luar dalem, kunci munculin ide gila, dan yang pasti kunci penyelamat lapar ala anak kosan (murah pakai banget).
Terus kemarin pas main ke Cilacap, sengaja mampir makan siang di mie ayam Kamsir ini. Kan nggak mungkin kubela-belain sengaja ngemie ayam di sini. Lha dari rumahku aja jaraknya jauh, kaya hubunganku sama mantan. Adoh. Pol. Jadi mampir ke mie ayam Kamsir kalau pas lewat jalur utama BanjarnegaraBanyumas aja.

Lokasi Mie Ayam Kamsir

Lokasi Mie Ayam Kamsir
Lokasi Mie Ayam Kamsir

Mie Ayam Kamsir ini beralamat di Pedongkolan, Piasa, Somagede, Kabupaten Banyumas. Kalau dari arah Banjarnegara sebelum SPBU mini Piasa kalian langsung belok kiri masuk gang gitu, nah dari situ jaraknya paling hanya 200 meteran kok. Bisa diakses menggunakan roda dua maupun roda empat.

Suasana di dalam warung Mie Ayam Kamsir
Hamparan sawah di samping mie ayam Kamsir
Lokasinya strategis banget menurutku, selain nggak jauh dari jalan utama, warung mie ayam ini juga dikelilingi hamparan sawah. Mejanya sengaja dibuat menghadap ke sawah, makanya enak banget duduk lesehan sembari merasakan tiupan angin sepoi yang berebut masuk melalui sela-sela dinding bambu. Apalagi disuguhi semangkuk mie ayam dan segelas es teh. Udahlah sampai nggak kepikiran cem-ceman, mau ngilang ya sana! 😹

Rasa Mie Ayam Kamsir

Semangkuk Mie Ayam Kamsir
Semangkuk Mie Ayam Kamsir

Btw pas KKN kalau nggak salah tahun 2016-an, dan sekarang tahun 2019 rasa mie ayamnya nggak jauh berbedaaa. Yakan lidah nggak pernah bohong. Semangkuk mie ayam disajikan dengan potongan sawi, ayam, daun bawang, dan taburan kacang tanah beneran nikmat bangeeeet. Sebenarnya dari penyajiannya sama seperti mie ayam pada umumnya, yang membuat beda adalah rasa rempah kaldu yang kental. Kuahnya endessss! Ya allah ngapa malah sekarang jadi pengin mie ayam banget. Huhuhu

Tekstur mienya kenyal, kusuka banget dengan mie yang nggak begitu gede kaya di mie ayam pak Kamsir ini. Tapi entah karena aku lupa atau memang ada inovasi rasa, kaldu yang dicampur dengan potongan daging ayamnya terasa pedas pakai bangeeet. Kaya udah dikasih cabai dan merica, tapi tetap enak sih.

Harga Mie Ayam Kamsir

Mie Ayam Kamsir
Mie Ayam Kamsir
Tebak harga semangkuk mie ayam ini berapa? Cuma Rp. 8 ribuuuuu, semangkuk ini mana bisa kuabisin, makanya dulu pas KKN sering pesan setengah porsi. Ini bukan soal pelit ya, daripada mubazir nggak abis. Padahal mah emang pelit. Wkwkwkwk
2019 masih ada mie ayam dengan harga Rp. 8 ribu semangkuk penuh gini? Mantaaaap. Meski kadang mikir ini pak Kamsir dapat laba nggak ya? Tapi ya mana mungkin nggak dapat laba masih jualan, ye kan?

Jam Buka Mie Ayam Kamsir

Buat kalian yang nggak sabar antre, nggak usah ke sini deh. Soalnya memang selalu ramai, tapi biasanya antrenya nggak selama di mie ayam Tumini kok.
Mie ayam Kamsir ini buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam setengah 2 siang. Tutupnya nggak mesti jam berapa coy, tergantung mienya udah abis apa belum. Malah kata mbak-mbak yang kerja di situ kalau weekend jam 1 siang biasanya udah ludes nih mie ayam. Padahal satu harinya menyajikan sekitar 250n porsi mie ayam.
Overall dari lokasi, harga, rasa, dan pelayanan Mie Ayam Kamsir not bad lah. Bisa untuk rekomendasi tempat makan teman-teman kalau lewat jalur utama Banjarnegara-Banyumas. Besok kalau kamu main ke sini, kuajakin mie ayam Kamsir mau nggak? 🤭

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Reyne Raea 8 Juli 2020 - 18:58

Masha Allaaahhh, laparnyaaa liat mie ada kacang gorengnya.
Jadi membayangkan indomie kaldu ayam pakai kacang pedas.
Tapi kok ya anak-anak belom tidur.

Kayaknya enak banget deh bahkan cuman baca dan liat fotonya.
Apalagi kalau ditambah cabe ya, nyaaamm…

Saya suka mie ayam sih, cuman jarang bisa nemu mie ayam enak 😀

Balas
Ella Fitria 16 Desember 2019 - 22:29

Huumb mbak.. Enak bangeeet, kuahnya seger, mienya kenyal. Duh ya

Balas
Nurul Sufitri 13 Desember 2019 - 10:54

Waduuuh, baru lihat sekilas fotonya aja aku langsung ngiler hahaha 🙂 Beda amat nih si mie ayam Pak Kamsir, aku mau coba jadinya. Tinggal tambahin sambal ulek yang super hot, hhhmm…maknyuzzzz sampe ke hati ini 😀 TFS mb Ella, salam kenal.

Balas
Ella Fitria 11 Desember 2019 - 21:39

Udaaah dong, mie ayam jl pramuka juga nggak kalah enak mas.. Huhu
Kadang suka terharu kl makan mie ayam yg enaknya nggak ketulungan

Balas
Ella Fitria 11 Desember 2019 - 21:38

Tos saka anakmu ya kak.. Wkwkwk
Enak bgt itu rasanya, kuahnya ampun deh

Balas
Ella Fitria 11 Desember 2019 - 21:38

Apalah daku tanpa jaringan internet, Mas

Balas
Ari Kuswanto 7 Desember 2019 - 23:55

Tampilannya menarik, selintas mirip bubur ayam dilihat dari atas. Btw, kalau mie ayam Jl. Pramuka pasti udah pernha yah Mba?

Balas
Zizy Damanik 4 Desember 2019 - 06:33

Baru lihat bentukan mie ayam yang lengkap begitu. Seperti makan nasi rames, tapi ini mie ayam rames.
Sepertinya enak, benarkah?

Anak sy juga doyannn mie ayam. Semua mie suka…

Balas
Khanif 4 Desember 2019 - 06:33

sebenernya lebih enakan hidup di desa mbak, kalo yg bener-bener pedesaan, bukan desa setengah kota 😀 .. udara dan semuanya masih alami, sejuk banget kalo pagi, cuman kalo di desa itu kendalanya susah jaringan internet 😀

Balas
Ella Fitria 2 Desember 2019 - 17:32

Sini pulang, kita ngemie ayammmm di Purwokerto mas

Balas
Khanif 29 November 2019 - 10:52

gw juga pecinta mie, dari mie ayam mie bakso min instan, pokoknya kalo udah mie gak bisa nolak.. harga mie ayam 8ribu kayaknya rata-rata di desa harganya segitu, di desa gw harganya juga segitu.. 10rb udah dpt mie ayam + es teh 😀

Balas
Riza Alhusna 29 November 2019 - 08:47

Cuman di daerah Banyumas mie ayam pake kacang. Sama kaya sroto sokaraja, soto pake bumbu kacang, wkwkwkwk

Jadi kangen.

Lama gak pulang sayanya mbak ke Purwokerto.

Balas
1 2 3 4

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: