Atasi Kulit Kepala Berketombe dengan Natur Tea Tree Oil Shampoo

oleh Ella Fitria
Natur Tea Tree Oil Shampoo  

Kalian ada yang punya masalah kulit kepala berketombe nggak? Jangan mentang-mentang kulit kepala nggak langsung terlihat karena tertutup rambut trus kalian jor-jorin gitu aja ya. Apalagi kulit rambut kan berada di kepala, ya masa ada di kaki. Hihihi. Tahu sendiri kan, kalau kepala merupakan salah satu organ vital manusia. Di dalam kepala ada bermilyar-milyar sel dan syaraf. Yakin nih masih mau biarin kulit kepala berketombe? Selain karena rasa gatal yang kadang mengganggu ketika beraktifitas, ketombe juga membuat nggak percaya diri. Bayangin aja kalau lagi ketemu doi malah sibuk garuk-garuk kepala trus tuh ketombe pada jatuh di bahu. Huhuhu

Dalam dunia medis, ketombe merupakan kondisi kulit kepala yang ditandai dengan serpihan putih yang muncul dari kulit kepala akibat pertumbuhan dan kerontokan sel yang terlalu cepat. Untungnya meski kulit kepalaku berketombe tapi nggak sampai merasakan gatal yang kebangetan sih. Tapi tetap aja mengganggu kan ya? Jadi kudu usaha supaya kulit rambut tetap sehat. Nah, sebenarnya kulit berketombe itu apa sih penyebabnya? Ada yang tahu nggak?

Penyebab Kulit Rambut Berketombe

Penyebab kulit rambut berketombe memang sangat beragam, mulai dari kulit berminyak, kulit kering, jamur, hingga kondisi kulit lain seperti kondisi dermatitis. 

Dermatitis Seboroik

Dikutip dari laman Halodoc, dermatitis seboroik menjadi salah satu penyebab ketombe paling sering. Penyakit ini ditandai dengan kulit yang memerah dan berminyak, dilapisi oleh serpihan kulit kepala berwarna putih kekuningan. Dermatitis seboroik juga bisa menyerang bagian tubuh lain selain kulit kepala, contohnya daerah alis, hidung, belakang telinga, dada, dan daerah-daerah lain yang memiliki banyak kelenjar minyak.

Kulit Kepala Terinfeksi Jamur Malassezia Globosa

Jamur Mallasezia yang menyebabkan munculnya ketombe sebenarnya ada di setiap kepala manusia, namun gejala iritasi timbul tergantung ketahanan kulit kepala terhadap asam lemak sisa penecernaan si jamur. Jika ada kondisi yang menyebabkan pertumbuhan jamur ini meningkat melebihi jumlah normal, misalnya pada kondisi udara yang panas dan lembap dapat menyebabkan penumpukan asam lemak tidak tersaturasi sehingga terjadi peradangan yang berujung pada deskuamasi kulit kepala sehingga menghasilkan ketombe.

Kurang Rajin Mencuci Rambut

Nih khusus buat kalian yang malas keramas/mencuci rambut karena berbagai alasan. Ternyata malas membersihkan rambut bisa membuat minyak dan sel kulit mati menumpuk dan akan menyebabkan munculnya ketombe. Oya, khusus buat cewek yang berjilbab, usahakan kalau abis keramas keringkan rambut sebelum menggunakan jilbab, ya. Soalnya di aku terasa banget efeknya, selain menggunakan produk perawatan rambut khusus untuk mengatasi ketombe, ku juga selalu mengeringkan rambut mengguanakan hairdyer setelah keramas.

Salah Memilih Produk Perawatan Rambut

Memilih perawatan rambut juga sangat penting, lho. Kudu baca ingredientsnya, cari kandungan yang nggak berbahaya untuk kulit kepala. Apalagi buat yang memiliki kulit sensitif, biasanya setelah menggunakan pewarna rambut atau produk perawatan rambut yang nggak cocok dapat menyebabkan kulit kepala meradang yang salah satu gejalanya adalah ketombean. *curhaaaat

Natur Tea Tree Oil Shampoo Solusi Mengatasi Kulit Kepala Berketombe

Natur Tea Tree Oil Shampoo  

Kalau kalian belum menemukan produk perawatan untuk kulit kepala yang berketombe, ada baiknya mencoba Natur Tea Tree Oil Shampoo, karena shampoo ini mengandung bahan alami berupa Tea Tree Oil (melaleucealternifolia).  Kalian tahu nggak manfaat dari Tea Tree Oil? Pasti kebanyakan cewek paham nih, apalagi yang suka ngubek-ngubek dunia per-skincare-an. Nah salah satu manfaat dari kandungan Tea Tree Oil dapat mengatasi kulit berjerawat, melembapkan rambut, anti bakteri, dan jamur serta mengatasi ketombe. Dari kemarin ku lagi memakai shampoo ini lho, trus kira-kira benar-benar mampu membantu mengatasi ketombe nggak nih? Yuk lanjut!

Packaging Natur Tea Tree Oil Shampoo

Packaging Natur Tea Tree Oil Shampoo  

Kalau dilihat dari packagingnya khas produk Natur banget ya, dengan dus kotak yang berwarna hitam doff, serta beberapa kombinasi warna biru menurutku mencirikan produk Natur yang sejak dulu kala merajai dunia pershampooan. Di kemasan juga terdapat info mengenai shampoo mulai dari netto, ingredients, cara pakai, hingga expired date. Keliatan makin lebih eksklusif karena dibungkus dengan box dibanding dengan shampoo merek lain.

Bentuk dari shampoo Natur ini juga udah khas banget ya, bentuknya yang panjang ke atas namun kotak ke bawah eh gimanajelasinnya ya. Ya maksudnya kemasannya tuh kaya ada leher shampoonya. Bikin enak digenggam sih, kaya lagi genggam tanganmu. Eak! Udah ah bahas packagingnya. Eh tapi bentar, ada yang terlewat bahas tutup cetokan yang gampang dibuka. Memudahkan kita ketika akan menggunakan, soalnya pernah punya produk shampoo yang tutup cetokannya susah dibuka, macam hatiku. Akakkakak. Alhasil mau shampooan doang kulit jempol malah mengelupas karena kesusahan membuka tutup shampoo.

Packaging Natur Tea Tree Oil Shampoo  

Tekstur, Warna, dan Aroma Natur Tea Tree Oil Shampoo

Selain packagingnya yang khas Natur banget, tekstur dan warna shmapoo ini juga Natur banget. Teksturnya kental agak cair, lumayan berbusa ketika diusap-usapkan ke rambut, Awalnya ku kira warna shampoonya bening kaya air minum gitu, ternyata pas kutuang agak banyak di telapak tangan saat mandi warna shampoonya agak coklat kekuningan. Trus aroma tea tree oilnya segeeeer banget, bikin rileks badan yang capek dan lelah seharian kerja. Meski ada bau kaya rerempahan tapi nggak mengganggu sih, masih oke. 
Warna Natur Tea Tree Oil Shampoo  

Hasil Pemakaian Natur Tea Tree Oil Shampoo

Btw, baru empat kali ini aku menggunakan Natur Tea Tree Oil Shampoo. Ku suka dari aroma tea treeoil nya, busa yang terasa soft nggak terlalu melipah, dan nggak membuat rambut lengket. Kan ada tuh beberapa produk shampoo yang busanya bikin lengket rambut, niat mau keramas biar seger malah yang ada bikin rambut berminyak. Oya, meski ada kandungan tea tree shampoo ini nggak menimbulkan sensasi dingin, aku sendiri suka malas menggunakan shampoo yang ada sensasi coolnya, soalnya bikin pusing setelah keramas. Hhh

Trus apakah klaim dapat membantu mengatasi kulit kepala yang berketombe itu benar? Jawbannya yap! Kulit kepalaku yang berketombe agak kalem lah, nggak yang begitu gatal meski buat aktifitas panas2an dan makan makanan yang pedas. Ngerti kan rasanya kulit kepala berketombe saat beraktifitas di luar ruangan? Bawaannya mau lepas jilbab trus digaruk-garuk, sama halnya kalau pas makan pedas. Keringetan dikit langsung deh ketombe beraksi, mucul rasa gatal yang kadang bikin nggak sabar. Wkwkwk

Overall, Natur Tea Tree Oil Shampoo ini menurutku cocok digunakan untuk membantu kulit kepala yang berketombe.

Harga Tea Tree Oil Shampoo

Untuk harga Natur Tea Tree Oil Shampoo masih oke sih dengan manfaat yang emang membantu permasalahan kulit kepala yang ketombean. Fyi, ada tiga macam ukuran shampoo ini. Jadi kalau kalian mau nyoba bisa membeli ukuran terkecilnya 80ml dengan harga Rp. 18 ribu. Trus ada juga ukuran sedangnya 140ml seharga Rp. 28 ribu, dan ukuran terbesarnya 270ml seharga Rp. 40 ribu. Masih worth it kan? Untuk Natur Tea Tree Oil Shampoo bisa dibeli di Supermarket, Hypermarket, Shopee, dan Lazada.

Yuk, yuk. Sayangi diri sendiri dengan merawat tubuh. Jangan cuma sayang gebetan aja. Eekekekek

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Adie Riyanto
20 Januari 2020 13:17

Hehehe paling aman emang sampoan pakai lidah buaya. Tapi, hari gini kan maunya praktis aja. Yeee kaaan?

Movierall
21 Januari 2020 02:47

wah, tips yang menarik nih. Secara, saya belum pernah coba yang menggunakan Tea Tree Oil, maklum saya kurang akrab dengan dunia per Skin care an. wkwkwk

dudukpalingdepan
21 Januari 2020 06:32

Dulu tahunya natur cuma untuk rambut rontok, sekarang ada varian khusus ketombe ya ^^.Terus baru tahu juga euy kandungan tea trea bagus buat rambut, kirain cuma buat jerawat.

Nurul Mutiara R.A
21 Januari 2020 15:20

Aku suka banget sama produk Nature. Aromanya itu kayak jamu gimana gitu. Tapi sekarang macamnya banyak ya, ada yg biru, kuning dan hitam biasa. Tapi aku baru nyoba yg hitam La hehe

Agus rusdi
21 Januari 2020 15:19

aku juga pakai ini mbak cocok banget dengan rambut gondrong aku

Evi Erlinda
21 Januari 2020 22:14

Kesehatan rambut emang harus dijaga, apalagi kalau ada ketombenya, selain dari gatal-gatal juga bikin rambut rontok, sayang banget kan?
Saya belum pernah cobain tea tree oil shampoo, penasaran juga nih.

Reyne Raea / Rey
21 Januari 2020 22:14

Kayaknya saya butuh ini nih, rambut saya sering ketombean, tapi kalau pake shampo anti ketombe malah rambutnya kering.
Kayaknya musti nyobain pakai 1 set Natur Tea Tree oil shampo ini 🙂

morishige
22 Januari 2020 07:12

Udah lama banget nggak pakai Natur. Tapi kalau diingat-ingat, Natur nampol banget sih buat ketombe.

Asep Rohimat
22 Januari 2020 07:12

Nice post

Djangkaru Bumi
22 Januari 2020 14:31

Kalau saya penyebab ketombean karena kurang atau malas mencuci rambut
Dari segi harga tergolong normal, terjangkaulah.

Arenapublik
22 Januari 2020 22:40

harga terjangkau, untuk menjaga kondisi kulit kepala bsa ya spertinya. atau nanti makin kena masalah kulit kepala ya hehe

Sabda Awal
23 Januari 2020 05:54

masalah1 1 nya rambut kepala saya ya ketombe mbak, selama ini memang pakai shampoo anti ketombe. kalau natur belum pernah sama sekali meskipun brand ini familiar. Tapi boleh deh nanti saya masukin list toiletries saya

Lantana Magenta Hermosa
23 Januari 2020 08:07

Mesti dicaba nih, shampoo Naturnya, sekali-sekali ada ketombe juga.

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis
23 Januari 2020 23:05

so beautiful…
beautiful pemandangannya, apalagi orangnya…hehee

Thank you for sharing

Ella Fitria
24 Januari 2020 05:01

Aku nggak suka baunya lidah buaya,huhu
Tp kl lidah buaya udah diolah semacam dr nature republic mah suka banget baunya. Hihi

Ella Fitria
24 Januari 2020 05:01

Cobain aja kl memang punya masalah ketombe

Ella Fitria
24 Januari 2020 05:02

Iya mbak. Emg terkenal bgt buat ngatasi rambut rontok ya. Hhh
Skrg byk macamnya, salah satunya varian Tea Tree Oilnya, ketombe dikit2 berkurang. Ehe

Ella Fitria
24 Januari 2020 05:06

Iya bener, aromanya kaya jamu. Tp soft gitu bikin rileks, abis keramas rasanya makin segeerrr. Ehe
Yukkk coba yg varian tea tree oilnya, ampuh buat ngusir ketombe

Ella Fitria
24 Januari 2020 05:07

Bner banget mbak.. Kadang kl ketombean bikin rambut rontok juga, uhu
Silakan bisa coba yg varian tea tree oilnya

Ella Fitria
24 Januari 2020 05:09

Kl natur tea tree oil di aku nggak bikin rambut kering sih, nggak bikin berminyak juga. Cobain aja mbak, siapa tahu cocok