Cara Melakukan Pendaftaran Online di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara

oleh Ella Fitria
Suasana Antrean Pendaftaran RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara

Akhir tahun 2019 aku memutuskan memberanikan diri untuk melakukan operasi gigi bungsu. Btw, kanan kiriku tumbuh gigi bungsu yang terjebak di dalam gusi (impaksi). Otomatis kudu bolak balik ke rumah sakit, tapi yang bikin malas tuh antrenya. Saat check up pertama dan kedua aku selalu dapat nomor antrean bagian pendaftaran 123. Padahal udah berangkat pagi buta dari rumah. Alhasil menunggu untuk ke loket pendaftaran doang selama 2-3 jam, belum lagi antre di poli, belum lagi antre di pengambilan obat. Ya salaaaaam.

Nah pas check up ketiga, keempat, dan kelima ini aku menggunakan pendaftaran online. Cuma menunggu sekitar 5 menit langsung dipanggil di bagian pendaftaran, gila nggak tuh? Cepat banget. Sengefek ini teknologi buat aku. Terus ya pas mau jalan ke poli tiba-tiba melihat orang-orang masih antre di pendaftaran, kuingin daftarin mereka semua via online. Huhuhu
Tapi ya mana mungkin kan, jadi ku tulis aja di sini.

Berikut Cara Melakukan Pendaftaran Online di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara

Langkah Awal Pendaftaran Online RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara
  1. Syarat pertama untuk mendaftar online adalah harus menginstal aplikasi Analasko Online via playstore. Setelah sukses terinstal teman-teman nggak perlu log in.
  2. Ada 4 tampilan menu utama, diantaranya : Informasi Rumah Sakit, Jadwal Dokter, Booking Online, dan Riwayat. Pastikan teman-teman pilih menu Booking Online ya.
  3. Nah, setelah pilih menu Booking Online, teman-teman tinggal mengisi kolom yang sudah disediakan, seperti : Mengisi tanggal booking (tanggal kunjungan), mengisi waktu kunjungan, memilih poli dan dokter yang dituju, memilih grup penjamin (maksudnya siapa yang menjamin pembiayaan kita di Rumah sakit, misal dijamin oleh perusahaan, RSUD, Kabupaten/Kota, JKN termasuk BPJS, dan umum), dan terakhir pilih penjamin. Setelah terisi semua, lalu klik Selanjutnya
    Isikan Data Pasien
  4. Nah dilangkah ini teman-teman tinggal memilih pendaftaran untuk pasien baru atau pasien lama. Kalau pasien lama, isikan nomor rekam medis dan tanggal lahir. Lalu klik Selanjutnya.
  5. Berikutnya akan muncul kode barcode pendaftaran. Barcode ini nantinya akan discan di bagian pendaftaran saat teman-teman melakukan check up. Penting banget, setelah mendapatkan barcode kudu langsung di screen shot, buat jaga-jaga. Atau bisa buka menu riwayat, nanti akan muncul riwayat pendaftaran online yang sudah kita lakukan.
Mesin Antre Pendaftaran RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara
Pendaftaran online ini bisa dilakukan mulai H-5 dari jadwal kunjungan, ya. Setelah memiliki barcode dari aplikasi Analasko Online, teman-teman tetap harus mengambil nomor antrean khusus untuk pendaftaran via online di mesin antrean dekat pusat informasi. Setelah itu, kita tinggal siapkan surat kontrol dan rekam medis seperti hasil rontgen, dll. Untuk antrean pendaftaran online dilayani di loket B. Mungkin karena pengguna pendaftar online masih sedikit, jadi kemarin saat aku antre hanya menunggu 5 orang, iseng melihat antrean pendaftaran manual ternyata udah antre sampai 150n orang. Huhuhu
Barcode yang didapat dari Aplikasi Analasko Online

Setelah dipanggil di loket pendaftaran, barcodenya kita scan lalu kita akan mendapat kwitansi rujukan ke poli yang kita pilih. Selesai deh, tinggal antre di poli dan pengambilan obat setelah selesai check up.

Menurutku banyak pasien yang belum mengerti dan paham kalau pendaftaran pasien di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara bisa dilakukan via online, atau karena dari pihak RSUD kurang mensosialisasikan, atau karena aku yang kudet? Mungkin dari pihak RSUD bisa memanfaatkan layar LCD yang banyak terpampang di ruang tunggu sebagai sarana sosialisasi fasilitas dan kebijakan Rumah Sakit. Jadi banyak masyarakat yang bisa memanfaatkan fasilitas pendaftaran online ini, suka sedih kalau banyak pasien yang harus menunggu antrean begitu lama, udah nahan sakitnya aja rekasa ya, ditambah nunggu antrean sampai berjam-jam.
Btw, kalau ada yang mau melakukan pendaftaran online di RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara terus mengalami kesulitan, bisa hubungi aku ya. Siapa tahu kubisa bantu. Yuk berdoa dulu, semoga kita sehat selalu yaa.. Aamiin
Btw lagi, nulis ini masih dalam keadaan gusi senut-senut karena benang jahitan belum dilepas ditambah lidah sariawan ditiga bagian😭

Lokasi RSUD Hj. Anna Lasmanah Banjarnegara

Jl. Jend. Sudirman No.42, Kutabanjarnegara, Kec. Banjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah 
Ella Fitria

You may also like

37 komentar

Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:15

Iyaaa bener mas, setiap ke rs ya pasti nolos kerja. Wqwqwq
Coba cek ke dokter gigi aja, lebih cepat lebih baik lho drpd ditunda2 takut kenapa2..

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:13

Yap. Bener bgt, semua serba mudaaah

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:13

Datangnya sih bebas, asal antara jam 07.02-10.00, tp terasa bgt sih manfaatnya kl daftar online

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:10

Iya bener, kadang nggak tega misal ada pasien yg udah lansia mesti ikutan antre panjang. Huhu
Tp alhamdulillah di rsud sini ada antrean khusus lansia juga.. Di kota tetangga ada juga rs gigi punya unsoed. Hihi tp jauhh

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:09

Mbaaak, aku tuh smpe nangis nggak berhenti2.. Huhu
Ga mau cabut lagi yg sebelah kiri, belum siap 🙁
Iya alhmdulillah terbantu bgt sm pelayanan pendaftaran onlinenya

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:07

Iya bener Zalfa, makasih yaa.. Aamiin

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:06

Yups bener, jd makin praktis tanpa harus antre lama-lama

Balas
Ella Fitria 2 Februari 2020 - 08:06

Iya mbak, bahagia banget bisa memanfaatkan teknologi macam gini. Terima kasih ya, aamiin..

Balas
Ikrom Zain 2 Februari 2020 - 01:29

aduh gigi bungsu
aku juga harusnya dibenerin apa gimnana sih tapi aku gaberani -_-
enak klo gini setidaknya enggak kecewa klo udah datang eh yg antre banyak
jadi bisa menkondisikan apalagi kalau bolos kerja ya mbak

Balas
dear anies 30 Januari 2020 - 07:28

adanya teknologi terkini banyak memudahkan cara

Balas
maskris. 29 Januari 2020 - 10:24

Sistem pemrosesannya udah canggih nih, ditempatku masing pake panggil panggil dlu, dan terkadang kalo nda denger lewat deh

Balas
Riza Alhusna 28 Januari 2020 - 10:23

Gile, jaman udah modern, mau masuk rumah sakit aja bisa booking segala. Harusnya semua rumah sakit pemerintah gitu. Jadi simpel. Petugasnya gak capek ketak-ketik data pasien.

Balas
Khanif 28 Januari 2020 - 03:52

memang sekarang jamanya udah maju, semuanya serba online, bahkan daftar di rumah sakit pun bisa daftar online, jadi memang membantu banget teknologi jaman sekarang 😀

Balas
Gustyanita Pratiwi 28 Januari 2020 - 03:52

Sangat membantu nih ell kalo mau ke rsud sudah ada layanan pesan onlainnya, secara kalau pesan di tempat takut uantri

Kalau masalah pergigian, saya belum pernah ngalami sampai tindakan operasi. Membayangkannya saya langsung seram, soalnya baru saya mendapati gigi geraham rompal 2 udah senat senut minta ampun tapi mahlotanya masih bagus walau ilang sebagian. Akhirnya cuma ditambal saja pake fuji hehehe

Balas
Arenapublik 27 Januari 2020 - 15:40

dengan daftar online brarti kita bsa datang sesuai perkiraan jam aja ya. jadi di rmh sakit tidk terlihat antrian banyak. bagus nih

Balas
morishige 27 Januari 2020 - 14:40

Inovatif banget ini RSUD-nya. Memang lebih baik antrean online ketimbang pasien mesti nunggu berjam-jam, kadang dari subuh sampai siang.

Btw, untungnya di sini ada beberapa rumah saki gigi dan mulut punya universitas. Kadang-kadang untuk urusan gigi saya perginya ke rumah sakit-rumah sakit kampus itu. Kalau sama coass, biayanya lebih murah sih… Tapi juga bisa minta dirawat sama dokter juga.

Balas
t h y a 27 Januari 2020 - 10:49

aduh, aku jadi ngilu. kebayang2 operasi gigi aku beberapa bulan lalu. kalo boleh milih mah, lebih baik gigi bungsu gak usah numbuh sekalian deh.. ada aja permasalahannya soalnya.. tapi, kalo cabut benang nya sih gak sesakit yg dibayangkan kok.. hehe..

btw, enak ya bisa daftar online. gak perlu repot bolak balik jadinya

Balas
Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis 27 Januari 2020 - 06:18

jadi gampang ya….
Thank you for sharing

Balas
Zalfaa Azalia 27 Januari 2020 - 06:17

zaman sekarang teknologi memang banyak manfaatnya yaa, ibarat pisau bermata dua, kalau bijak digunakan yaa bermanfaat tapi kalau kurang bijak yaa waktu jadi sia-sia..

semoga cepet sembuh yaa mba 😀

Balas
CREAMENO 26 Januari 2020 - 11:28

Senang rasanya, kalau teknologi bisa mempermudah kita apalagi untuk hal-hal urgent seperti kebutuhan medis ya 😀 meski domisili saya bukan di area sana, tapi semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan 😀

Cepat sembuh untuk mba Ella 🙂

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: