Yuk Cari Tahu Kegunaan MTA, BLIBLI SELLER APP, dan MERCHANT ANALYTICS Blibli.com

oleh Ella Fitria
Ilustrasi Blibli Seller App

Beberapa pekan terakhir isu virus covid-19 merebak ke seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kebijakan pemerintah yang menetapkan lockdown sementara waktu di beberapa wilayah tentu menjadi masalah baru bagi para pekerja, tak dipungkiri imbauan untuk bekerja dari rumah memberatkan sebagian kalangan. Beruntung bagi para penjual online yang terus berjualan, bahkan beberapa kali saat aku membuka ig story muncul akun blibli seller dengan testimoni para seller yang masih tetap bekerja dari rumah dengan jualan yang bahkan makin melonjak.

Memang sudah saatnya kita harus lihai melihat peluang usaha agar mendapat penghasilan tambahan, seperti berjualan online melalui marketplace Blibli.com. Membuat toko online di Blibli.com ternyata sangat mudah. Selain itu, keuntungan berjualan di Blibli.com sangat banyak. Diantaranya;

Keuntungan Berjualan di Blibli.com

– Pilihan kategori produk yang lengkap,
– Dipercaya ribuan brand ternama,
– Gratis foto produk,
– Gratis packaging,
– Gratis ongkos kirim,
– Kemudahan proses pengiriman,
– Asuransi pengiriman produk 100%,
– Layanan merchant care yang tanggap, dan
Free marketing exposure.

Apalagi sistem MTA (Merchant Tools Application) yang sangat mudah dipahami oleh semua orang. Nah, sebelum membahas MTA (Merchant Tools Application) lebih lanjut, kita ulas pengertian MTA (Merchant Tools Application) dulu, yuk!

Apa itu MTA (Merchant Tools Application) Blibli.com?

MTA (Merchant Tools Application)

Menurutku MTA (Merchant Tools Application) ini semacam rumah bagi seller untuk segala aktivitas jualan di Blibli.com. Kenapa rumah? Karena MTA (Merchant Tools Application) merupakan sistem yang digunakan seller untuk mengupload produk, melihat pesanan, memantau retur produk, melihat laporan penjualan, hingga informasi terbaru dari pihak Blibli.com untuk seller seperti adanya promo merchant, diskon, dan voucher merchant. Kerennya lagi, di system MTA (Merchant Tools Application) Blibli.com terdapat layanan pusat edukasi untuk para seller. Nah lho, dimana lagi bisa jualan dengan bimbingan langsung dari marketplacenya?

Yuk Buka Toko Online melalui MTA (Merchant Tools Application) Blibli.com

Tiap seller yang berjualan di Blibli.com otomatis memiliki akun MTA (Merchant Tools Application) Blibli.com dong ya, nah cara untuk membuka toko di Blibli.com sangat mudah.
Pertama, kita melakukan registrasi melalui https://merchant.blibli.com/MTA/register.
Kedua, isikan data diri seperti email, password, nama lengkap, hingga upload KTP/Paspor.
Ketiga, lengkapi informasi tokomu dan informasi administrasi. Tunggu aktivasi toko oleh Blibli.com, dan siap berjualan deh!.

1 / 3

2 / 3

3 / 3

Nikmati Kemudahan Berjualan dengan Blibli Seller Aplikasi

Fyi, selain system MTA (Merchant Tools Application) Blibli.com, seller juga dimanjakan dengan Blibli Seller Aplikasi yang dapat di download melalui playstore. Ya gimana seller nggak dimanjakan dengan aplikasi yang satu ini, wong Blibli Seller App ini bisa memudahkan seller dalam melakukan aktivitas jualan di Blibli.com. Singkatnya, aplikasi ini memiliki sistem yang sama dengan MTA (Merchant Tools Application) Blibli.com, hanya saja kalau MTA (Merchant Tools Application) lebih nyaman di akses melalui laptop atau computer, sedangkan Blibli Seller Aplikasi sangat mudah dan nyaman diakses dengan smartphone kita.
Fitur Blibli Seller Aplikasi sangat lengkap, sama dengan fitur yang ada di MTA (Merchant Tools Application) Blibli.com, bedanya kalau Blibli Seller Aplikasi kita sebagai seller bisa mengupload foto produk hanya dari gadget, mengatur semua aktivitas penjualan, memantau pesanan produk, melihat jumlah pendapatan, hingga  menganalisis laporan penjualan dan performa toko. Keren nggak sih? Satu aplikasi bisa untuk memantau seluruh aktivitas jualan?!

Fitur yang Terdapat di Blibli Seller Aplikasi

Fitur Blibli Seller Apps

Seperti yang kubilang tadi, kalau Blibli Seller Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang memudahkan seller dalam aktivitas penjualan, nah berikut ini merupakan fitur-fitur  Blibli Seller Aplikasi yang dapat digunakan seller dalam memantau aktivitas jual beli :

1. Menu Dashboard
Pada menu Dashboard seller dapat langsung memantau pesanan yang masuk lho, selain itu di menu ini seller juga bisa melihat analisa produk, jumlah penjualan, hingga rating store. Singkatnya menu Dashboard ini merupakan ringkasan  aktivitas penjualan.

2. Menu Orders
Nah di menu Orders, seller bisa memantau pesanan baru, pesanan dalam proses, pesanan terkirim, hingga pesanan yang batal. Di menu Orders juga dilengkapi  fitur filter dan sort. Btw, Blibli Seller Aplikasi ini sangat membantu seller dalam menentukan strategi penjualan. Apalagi adanya menu Orders, seller dapat menaikkan rating toko dengan cara merespon pesanan yang masuk secara cepat.

3. Menu Product
Yap di menu product ini seller dapat menambahkan produk baru atau menambah stock product dengan leluasa. Selain itu, di menu ini juga terdapat keterangan mengenai product yang aktif, product yang hampir habis, dll.

4. Menu Product Submisson
Setelah seller menambahkan produk di menu product, selanjutnya seller dapat memantau produk-produk yang  belum di  approval, produk yang ditolak, dan produk  yang membutuhkan koreksi di menu Product Submisson.

5. Menu Return
Fyi, seringkali return produk menjadi momok bagi para seller. Ya seller mana  sih yang pengin produknya di return oleh pembeli? Nggak ada, kan? Untungnya di Blibli Seller Aplikasi terdapat menu return, lumayan mengurangi keribetan seller dengan proses return. Seller juga dapat memantau alasan return dari pembeli, persetujuan return dari pihak Blibli.com hingga  selesainya proses return.

6. Menu Promotions
Menurutku menu promotions mesti sering dipantau oleh seller, karena di menu ini berbagai voucher dan diskon ditawarkan oleh Blibli.com untuk product yang kita miliki. Ya kan salah satu cara untuk menarik minat konsumen dengan voucher dan diskon.

7. Menu Share in Social Media
Bayangin deh, satu aplikasi seller begini udah dilengkapi dengan Share in Social Media. Praktis banget nggak sih? Seller cukup klik menu Share in Social Media untuk mempromosikan produk jualannya.

8. Menu Product Discussion
Selain berbagai menu di atas, ada menu Products Discussion yang bisa digunakan seller untuk merespon pertanyaan dari customer mengenai produk di toko kita. Tahu sendiri, kan? Kalau seller merespon pertanyaan dengan cepat dapat meyakinkan customer untuk melakukan proses pembelian.

9. Menu Merchant Analytics
Terakhir, ada menu Merchant Analytics yang dapat memudahkan seller untuk menganalisis performa toko. Lebih lanjutnya yuk kita bahas manfaat Merchant Analytics yang ada di Blibli Seller Aplikasi. 

Manfaat Merchant Analytics bagi Seller

Manfaat Merchant Analytics

Seperti yang kubilang di atas, Merchant Analytics sangat membantu seller untuk menganalisis produk yang dijual. Sudah barang tentu tiap pelaku usaha termasuk seller wajib melakukan analisis terhadap barang yang dijual sehingga pendapatan akan terus meningkat. Di menu Merchant Analytics ini, seller dapat melihat laporan mingguan dan bulanan, seller dapat memantau produk mana yang sering dilihat customer, dan kerennya seller juga dapat melihat produk kompetitor.

Selain itu, seller juga dapat memantau produk yang sedang trending atau produk yang paling banyak dicari oleh customer. Bahkan seller dapat mengetahui kata kunci produk yang sering dicari oleh customer. Dengan menu Merchant Analytics tentunya seller dimudahkan untuk menambah produk-produk yang sekiranya paling diminati oleh customer. Dengan begitu, jualan makin untung nggak tanggung-tangung dong, ya!

Jualan Untung dengan MTA, Blibli Seller Aplikasi, dan  Merchant Analytics 

Gimana jualan nggak untung kalau fitur dan sistem yang ditawarkan marketplace Blibli.com sangat membantu aktivitas jualan para seller? Menurutku jika ketiga sistem di atas dipelajari oleh seller untuk menerapkan berbagai strategi penjualan, bisa dipastikan jualan bakal melonjak tajam. Untuk memahami ketiga sistem di atas juga nggak susah kok, karena sistemnya user frendly banget. Untuk orang awam sekalipun, bakal paham dengan cara kerja sistem di atas. Nah, setelah membaca penjelasan di atas, kamu nggak pengin gabung jualan di Blibli.com, nih? Yuk lihat peluang, udah saatnya kerja dari rumah untuk menyelamatkan dunia. Selain itu, banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa kita dapatkan dengan berjualan di Blibli.com, lho!

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

ray 28 Maret 2020 - 12:05

the name blibli is pretty cute

Balas
Rudi Chandra 28 Maret 2020 - 12:05

Makin keren aja nih aplikasi, fiturnya banyak banget dan pastinya memudahkan seller dan customer.

Balas
Ella Fitria 28 Maret 2020 - 07:38

Hayoookk semangaaaat, semoga segera terrealisasi yaa. Aamiin

Balas
Ella Fitria 28 Maret 2020 - 07:37

Yuhuy. Fitur macam gini memang membantu seller dalam kegiatan jualannya. Semua serba praktis ckup dg blibli seller aplikasi

Balas
Ella Fitria 28 Maret 2020 - 07:35

Iya mas. Nggak cuma customernya, tp sellernya juga dimanjakan. Uww

Balas
Ella Fitria 28 Maret 2020 - 07:34

Yap bener. Ini buat seller atau si penjual. Jd yg dimudahkan bukan cuma customernya, sellernya pun ada aplikasi khusus untuk memantau aktivitas jualannya… 🙂

Balas
Ella Fitria 28 Maret 2020 - 07:33

Iya mas, berguna buat seller dan customer juga karena sekarang lebih baik stay at home. Huhu

Balas
Adie Riyanto 27 Maret 2020 - 21:30

Saat semuanya sudah serba online begini, segala aplikasi belanja online termasuk pembayarannya yang juga bisa online sungguh sangat memudahkan banyak kaum rebahan hehehe

Balas
Khanif 27 Maret 2020 - 12:57

mantab nih appsnya, semuanya ada, banyak fiturnya, penjual pembeli sama-sama di untungkan 😀

Balas
Inia lutarfus 27 Maret 2020 - 12:57

huaaa baca ini jadi pengen buka usaha, apalagi mengingat peluang offline gak memungkinkan karena korona, pasti opsi ini yang paling diburu saat ini

Balas
ratutips.com 27 Maret 2020 - 12:57

aku dulu masih inget b eli jemuran pake aplikasi ini. keren banget emang siii

Balas
Ainun 27 Maret 2020 - 12:56

nah paling enak kalau ada fasilitas return, mungkin barang yg kita terima luput dari pengamatan seller, misal cacat, jadi bisa dibalikin
jualan online aja ada semacam analisanya disini, nggak cuman karyawan kantoran aja yg harus menganalisa penjualannya

Balas
Bang Day 27 Maret 2020 - 12:56

Dengan ini bisnis cukup dari hape aja yah, gak perlu repot buka laptop or pc

Balas
Andrie Kristianto 27 Maret 2020 - 03:04

Wihh keren banget aplikasi blibli ini yaa, semua layanan dalam satu aplikasi yang memudahkan pengguna dalam pemakaiannya atau pengembangan usahanya

Balas
Lantana Magenta Hermosa 27 Maret 2020 - 01:53

App nya memberikan banyak kenyaman pada seller, tentunya pembeli juga lebih confident.

Keren banget mbak.

Balas
Kelvin Cipta 26 Maret 2020 - 23:25

Aku punya impian bisa buat e-commerce yang bisa buat blog juga, terus bisa share AR gitu biar bisa liat produknya

Balas
andi nugraha 26 Maret 2020 - 13:53

Setidaknya baca ini tahu, bukan soal sama bliblinya, kalau nama blibli sudah lama tau, tapi masih asing aja sama detailnya. Ini sih membantu banget seller kalau fitur dan sistemnya lengkap banget gini..

Balas
Himawan Sant 26 Maret 2020 - 13:03

Wah ini namanya seller ikut diuntungkan ya gabung di blibli dot kom ..
Mantul juga programnya.

Balas
Michael "Dije" David 26 Maret 2020 - 06:26

Jadi intinya ini buat penjualnya ya? Bermanfaat banget kalau gitu :D.

Balas
morishige 26 Maret 2020 - 04:17

Marketplace online memang berguna banget ya dalam keadaan seperti ini. Semoga banyak yang dapat manfaat. 🙂

Balas
1 2 3

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: