Asi Booster Terbaik Untuk Ibu Menyusui

oleh Ella Fitria
Asi Booster Terbaik untuk Ibu Menyusui

Ngomongin soal asi jadi ingat beberapa hari yang lalu dikirim seperangkat perlengkapan menyusui. Kaget dong karena belum waktunya menyusui, wkwkwk. Tapi makin kesini makin sering mendapat informasi seputar asi, apalagi air susu ibu atau asi adalah salah satu sumber makanan terpenting bagi bayi, bahkan disarankan untuk terus memberikan asi pada bayi hingga umur dua tahun. Iya dua tahun atau 24 bulan karena asi memang penting banget buat tumbuh kembang bayi, makanya menjadi seorang ibu menyusui kelancaran asi wajib banget ditingkatkan (boost). Terus bagaimana dong biar asi lancar? Nah, untuk meningkatkan asi, otomatis diperlukan asi booster.

Berdasarkan informasi yang kuperoleh, supaya asi makin lancar ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai asi booster terbaik untuk ibu menyusui. Beberapa asi booster alami tersebut antara lain:

Asi Booster Alami

Daun Katuk

Salah satu jenis tanaman yang sudah sejak dulu dikenal mampu memperlancar asi tentu saja daun katuk. Daun katuk dapat memperlancar asi karena memiliki kandungan laktagogum yang dapat meningkatkan produksi asi bagi ibu menyusui. Selain itu, aun katuk juga memiliki kandungan protein, karbohidrat, kalsium, vitamin A. vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang berguna bagi tubuh.

Buah Pepaya Muda

Buah pepaya muda juga dikenal dapat meningkatkan produksi asi karena kandungan di dalamnya mampu meningkatkan hormon oksitosin dalam tubuh. kandungan – kandungan nutrisi dalam buah pepaya antara lain: vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin E. Selain itu, terdapat kandungan potassium  dan magnesium yang cukup tinggi.

Pare

Meskipun terkenal karena rasanya yang pahit, nyatanya sayuran ini mempunyai banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat dari pare yang cukup terkenal adalah mampu meningkatkan dan memperlancar asi. Pare sendiri mengandung beberapa nutrisi penting bagi ibu menyusui seperti fitonutrien, likopen, fitokimia liutein, vitamin K dan antioksidan.

Bayam

Produksi asi erat kaitannya dengan kadar zat besi dalam tubuh, maka nggak jika kadar zat besi yang rendah dapat menurunkan produksi asi. Untuk itu, ibu menyusui perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Salah satu bahan makanan dengan kandungan zat besi yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil adalah bayam. Dengan rutin mengkonsumsi bayam, maka asupan zat besi akan terpenuhi dan produksi asi juga akan meningkat.

Asparagus

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam asparagus juga berperan dalam menstimulus hormon yang berkaitan dengan peningkatan produksi asi, nutrisi – nutrisi tersebut antara lain: protein, serat, lemak, vitamin A, vitamin C, vitamin E, folat, kalium, fosfor, kalium, zat besi, zinc, serta riboflavin.

Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki kandungan omega 3 dan lemak esensial yang sangat berguna untuk meningkatkan produksi asi, itulah mengapa ikan salmon sangat baik jika dikonsumsi pada masa menyusui. Selain kansungan lemak essensial dan omega 3, ikan salmon juga mengandung protein, potassium dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kacang – kacangan

Hampir semua jenis kacang – kacangan mengandung sejumlah nutrisi yang penting bagi ibu menyusui, nutrisi – nutrisi yang terkandung dalam kacang – kacangan antara lain: kalori, protein, mangan, serat, zat besi, vitamin B, magnesium, dan folat. Jenis kacang – kacangan yang bisa dikonsumsi juga bermacam – macam, mulai dari kacang almond, kacang mete, kacang merah, dan jenis kacang – kacangan lainnya.

Wortel

Wortel adalah jenis sayuran yang dikenal akan kandungan vitamin A yang cukup tinggi, vitamin A sendiri merupakan salah satu jenis vitamin yang dapat meningkatkan kualitas asi. Untuk itu, para ibu yang sedang dalam masa menyusui sebaiknya mengkonsumsi sup atau jus wortel agar kualitas asi yang dihasilkan dapat meningkat dan asupan gizi penting bagi si kecil dapat terpenuhi.

Ubi

Selain mengenyangkan, ternyata tanaman ubi juga juga dapat meningkatkan dan memperlancar asi. Ubi dapat memperlancar asi karena mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin B1, B2, B6, serat, potassium, fosfor, dan beta karoten. Karena ubi merupakan makanan pokok di sebagian wilayah, ibu juga mengkonsumsinya setiap hari sebagai pengganti nasi.

Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan susu dengan kandungan gizi yang cukup tinggi, kandungan gizi yang tinggi dalam yogurt ini bahkan dikenal mampu meningkatkan produksi asi bagi ibu menyusui. Kandungan – kandungan dalam yogurt sendiri antara lain; vitamin B12, protein, kalsium, potassium, dan fosfor. Selain itu, yogurt juga dikenal sebagai probiotik alami yang sangat baik bagi tubuh.

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Selama Menyusui

Jika ada jenis makanan yang bisa menjadi asi booster terbaik untuk ibu menyusui, tentu ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari selama masa menyusui. Nah, beberapa jenis makanan yang perlu dihindari selama masa menyusui antara lain:

Makanan & minuman yang harus dihindari saat menyusui
  1. Minuman Beralkohol
  2. Kuliner Pedas
  3. Bawang putih
  4. Kopi
  5. Cokelat
  6. Kacang – kacangan (jika memiliki riwayat alergi)

Itulah beberapa jenis makanan yang merupakan asi booster terbaik untuk ibu menyusui. Meskipun jenis makanan yang dapat memperlancar asi cukup banyak, ibu menyusui nggak perlu mengkonsumsi semuanya, cukup konsumsi beberapa jenis makanan saja. Asalkan dikonsumsi secara rutin, beberapa jenis makanan saja sudah cukup untuk meningkatkan produksi asi pada ibu menyusui. Kudu banget dipraktekin nih besok pas punya anak. Hihihi

Namanya juga ibu menyusui, otomatis membutuhkan asupan gizi yang baik dan teratur dong. Makanya ibu menyusui penting untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Meski pada umumnya nafsu makan berkurang, namun bisa mengakali dengan pemilihan camilan yang sehat bagi ibu hamil. Beberapa cemilan yang bisa menjadi solusi seperti keju dan oatmeal sehingga badan nggak terasa lemas.

So, buat para pejuang asi tetap semangat ya! Meski lelah, capek, kurang tidur, dll, semoga berkah dan sehat selalu. Aamiin

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 3 Agustus 2020 - 02:32

iya bener mbak, katuk sama bayam jadi idola ibu menyusui, hihi
sama mbak, disini juga kalau pengin nyarur katuk tinggal petik aja, wkwk

Balas
Ainun 2 Agustus 2020 - 01:22

sayur katuk ini memang juara ya bagi para ibu ibu menyusui
aku sekarang sampe bosen mbak, lahh hampir tiap hari ibuku masak sayur katu yang tinggal metik di depan rumah 😀

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: