Point Of Sale: Bantu Pembukuan Bisnismu Makin Praktis

oleh Ella Fitria
Point of Sale
Point Of Sale: Bantu Pembukuan Bisnismu Makin Praktis

Point Of Sale? Apaan tuh? Ada yang tahu? Atau bahkan baru mendengar istilah tersebut? Oh tenang saja, nanti bakal ku bahas semuanya karena aku yakin banget sistem Point Of Sale/ Pos System ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha kuliner, baik yang masih merintis ataupun yang mulai berkembang. Memang ya, ngomongin usaha kuliner di era digital seperti sekarang rasanya mustahil kalau kita nggak menerapkan strategi yang tepat, mengingat saat ini banyak sekali usaha kuliner yang bermunculan semenjak pandemi masuk ke Indonesia. Sebelum membahas Point of Sale lebih mendetail, ada baiknya kita simak tips untuk meningkatkan penjualan kuliner, yuk!

Tips Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner

Nah supaya bisnis kuliner kita mampu bersaing maka dibutuhkan tips khusus seperti menerapkan sistem Point of Sale. Namun sebelumnya, kita juga harus paham bagaimana strategi atau tips untuk meningkatkan penjualan usaha. Kira-kira apa saja tipsnya nih?

Point of Sale
Tips Tingkatkan Penjualan Usaha Kuliner

Tingkatkan Kualitas

Berbisnis kuliner memang mengharuskan kita untuk menyajikan menu makanan yang enak dan lezat, apalagi lidah seseorang untuk merasakan sebuah makanan tergolong relatif, makanya sebisa kita harus menyajikan makanan dengan rasa yang konsisten, bahkan kalau bisa harus lebih enak. Soalnya suatu ketika aku pernah membeli makanan yang enak dan bikin nagih, lalu hari berikutnya membeli lagi di tempat yang sama dengan varian menu yang sama pula, namun ternyata rasanya nggak seenak pertama kubeli. Hal demikian bisa membuat pelanggan ‘kapok’ untuk membelinya lagi lho.

Perbanyak Varian Menu

Salah satu point yang nggak kalah penting dalam usaha kuliner adalah perbanyak varian menu. Kenapa? Ya karena customer saat ini lebih senang memilih tempat makan dengan berbagai varian menu, nggak harus semua jenis menu disajikan kok. Cukup beberapa jenis minuman, makanan ringan (camilan), dan makanan berat. Aku pun lebih senang mencari tempat makan yang menyediakan berbagai jenis menu, apalagi jika hendak makan ramai-ramai bareng keluarga ataupun teman.

Gencarkan Promosi

Di era digital yang kaitannya erat dengan teknologi mengharuskan siapa saja untuk mengikuti perkembangan zaman termasuk para penjual/ pebisnis. Berbagai strategi promosi terus digencarkan, seperti promo buy 1 get 1, ataupun promo lainnya. Nah selain itu, penjual/ pebisnis sudah saatnya untuk memanfaatkan platform digital seperti website ataupun mengoptimalkan media sosial sebagai sarana promosi yang bisa menjangkau pasar lebih luas. Apalagi karakteristik generasi Y dan generasi Z menjadikan teknologi ibarat rumah untuk berekspresi, makanya nggak heran kalau promosi lewat media sosial biasanya menghasilkan insight yang lumayan besar dibandingkan promosi secara offline.

Tingkatkan Pelayanan

Nah, point ke empat ini juga wajib diperhatikan oleh para penjual/ pebisnis. Kenapa? Karena tanpa pelayanan atau bahkan standar service yang rendah akan membuat pelanggan menjauh. Pelayanan ini bisa meliputi keramahan staf ataupun waiters, kebersihan tempat makan, wastafel, serta toilet, dan juga durasi penyajian pesanan. Suka kesal nggak sih kalau mampir ke tempat makan terus ketemu waiters yang kurang ramah, atau kita harus buang-buang waktu untuk menunggu makanan tersaji ke meja kita? Kesal lah pasti.

Pembukuan Jelas dengan Point of Sale

Jika ke empat point sudah dilakukan semua, jangan lupakan point ke lima ini karena untuk seorang penjual/ pebisnis wajib hukumnya memiliki pembukuan/ catatan penjualan yang jelas. Tanpa pembukuan yang jelas, aku yakin usaha yang dirintis nggak akan bertahan lama karena pembukuan dalam penjualan merupakan hal yang sangat krusial. Saat ini tersedia sistem Point of Sale yang bisa mempermudah pencatatan penjualan usaha kita makin jelas lho.

Point of Sale Mudahkan Laporan Penjualan

Seperti yang sudah ku bahas bahwa Point of Sale/ Pos System sangat bermanfaat untuk pebisnis baik yang masih merintis usahanya ataupun yang usahanya sudah mulai berkembang. Fyi, Point of Sale/ Sistem Pos merupakan system yang biasa digunakan untuk melakukan transaksi seperti yang terdapat di toko, minimarket ataupun swalayan. Dengan fitur pos sistem ini penjual/ pebisnis dengan mudah bisa melakukan seluruh kalkulasi harga hingga total keseluruhan, selain itu penjual/pebisnis bisa menyiapkan invoice atau struk yang bisa dicetak (kalau ada) serta memberikan pilihan pembayaran kepada customer. Jadi, customer bisa melakukan pembayaran secara tunai ataupun non tunai seperti kartu debit, kredit dan dompet digital.

Oya, saat ini pendaftaran fitur Point of Sale hanya bisa dilakukan untuk Mitra Usaha Gojek yang sudah terintegrasi dengan layanan GoPay, ya. Nah khusus untuk outlet yang sudah terintegrasi dengan layanan GoPay serta ingin mengaktifkan fitur Point of Sale bisa langsung login ke aplikasi GoBiz, lalu masuk ke tab Bayar dan pilih Point of Sale (POS). Fitur Point of Sale/ Pos System ini bisa diakses menggunakan smartphone android pada aplikasi super GoBiz. Sementara untuk fitur laporan penjualan bisa kita akses melalui GoBiz dashboard dari komputer. Btw, kalian tahu nggak? Saat ini fitur Point of Sale bisa kita gunakan secara gratis lho.

Keuntungan Menggunakan Sistem Point of Sale (POS)

Point of Sale
Keuntungan POS

Tentunya ada banyak manfaat ketika kita menerapkan sistem Point of Sale, mulai dari kemudahan pembukuan hingga kemudahan mengatur daftar menu di aplikasi GoFood. Nah berikut ini kita bahas secara lengkap mengenai keuntungan menggunakan sistem Point of Sale/ Pos System untuk usaha masa kini:

Praktis 

Menurutku jika menggunakan Sistem Pos seperti ini akan memudahkan penjual/ pebisnis dalam mengatur menu yang terdaftar di GoFood ataupun menu yang ada di outlet. Kita bisa dengan mudah menambah/ mengubah foto, daftar menu, harga hingga ketersediaan menu sesuai kebutuhan.

Tidak Perlu Pencatatan Manual

Zaman sekarang kalau hanya mengandalkan yang manual akan tertinggal ya? Apalagi pembukuan penjualan, kebayang ribet dan rumitnya seperti apa ‘kan? Nah kalau menggunakan sistem Poin of Sale kita nggak perlu lagi mencatat penjualan secara manual karena secara otomatis pesanan di GoFood ataupun pesanan yang diorder di outlet tercatat secara lengkap, termasuk menu yang dipesan dan metode pembayaran yang digunakan.

Poin of Sale Bisa Langsung Cetak Struk

Keuntungan lain menggunakan sistem Poin of Sale/ Sistem Pos adalah bisa langsung disambungkan ke printer dan bisa langsung mencetak invoice/ struk. Untuk mencetak struk pesanan di GoFood atau pun pesanan yang diorder di outlet bisa menggunakan printer bluetooth yang mendukung ukuran kertas 58 x 40 mm, seperti Gowell MP-228N. Duh ya, keren banget satu aplikasi bisa memudahkan proses pembukuan keseluruhan nih.

Laporan Harian yang Terintegrasi 

Aku yakin sih, keuntungan point terakhir bakal terasa banget manfaatnya. Ya bagaimana dong, dengan sistem Point of Sale/ Pos System ini penjual/ pebisnis bisa melihat laporan harian yang terintegrasi untuk semua transaksi. Rekapannya disajikan secara lengkap dan terperinci, terus nih bisa diakses dari aplikasi maupun dashboard, tentunya penjual/ pebisnis bisa memantau laporan keuangan kapan pun dan di mana pun dong.

Nah, setelah mengetahui manfaat dari sistem Point of Sale/ Sistem Pos ini, sudahkah kalian tertarik menggunakan sistem Point of Sale/ Sistem Pos untuk memudahkan pembukuan penjualan? Yuk, buat pencatatan usaha/ bisnis kita makin mudah dengan sistem Point of Sale. 😊

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Prisca Aditya
1 Agustus 2020 09:33

Lho kok keren ini ya. Bisa dicoba deh nanti kalo udah mulai jual2 sesuatu 😀

Sovi Nur Wakhidah
1 Agustus 2020 09:33

Uwww Point of Sale cocok buat Dipayuda nih.

Fajar Bahari
1 Agustus 2020 11:11

HMM, Baru kali ini denger yang namanya Point Of Sale. Apa mungkin karna sya kudet.
Di lihat dari fiturnya Untuk mencetak struk pesanan, mungkin ini mirip mesin kasir kayak di Minimarket gitu ya mbak?

Himawan Sant
1 Agustus 2020 11:11

Perlu nih kurekomendasikan ke salah satu familiku yang buka bisnis kuliner.
Selama ini kulihatin pembukuannya masih manual, kalau ada pos ini jadinya lebih terkoordir dengan baik.

Ella Fitria
1 Agustus 2020 23:00

iya mas Agus, kalau pakai sistem Point of Sale rasanya makin mudah dan praktis, owner tinggal fokus ke strategi penjualan yang lainnya biar makin laris, tp nggak beli 5 dapat 1 juga Mas 😀

Ella Fitria
1 Agustus 2020 23:00

hihi, iya mbak silakan dicoba, biar nggak pusing mikirin pembukuan manual lagi 😀

Ella Fitria
1 Agustus 2020 23:02

apakah Dipayuda sudah terintegrasi dengan layanan GoPay? Ups

Ella Fitria
1 Agustus 2020 23:03

hihi ya memang kak, tp kalau point of sale nggak cuma bisa cetak struk, banyak keuntungan lain yang di dapatkan 🙂

Ella Fitria
1 Agustus 2020 23:04

silakan Mas Him 🙂
Biar pencatatan penjualan lebih tertata rapi ya, nggak pusing lagi mikirin pembukuan manual 😀

Khanif
2 Agustus 2020 09:10

pastinya ini cocok banget buat yang berbisnis perdagangan ya, entah apapun itu :D, karna banyak sekali keuntunganya, memang sekarang bisnis jual beli, toko, kuliner, salah satu yang menjanjikan, maka harus pinter ngatur strategi 😀

Reyne Raea
2 Agustus 2020 11:52

Iya ya, zaman now semakin canggih, bahkan bisa cetak struk dari hape, dan yang paling penting tuh data bisnis bisa mudah dibuat laporan sekaligus, karena dari situ kita tahu untung ruginya 😀

Apalagi buat pengusaha kuliner ya, itu transaksinya lumayan cepat dan banyak, kalau nggak dicatat dengan aplikasi modern bakalan ngos-ngosan 😀

Si Bayuu
3 Agustus 2020 02:05

Wahh mantep nih,, dari dlu saya udh make pembukuan secara digital. Biar kedata semua sama lebih praktis. Pengen tau mulai usaha bisnis kuliner, tapi sepertinya nggk ada bakat. heheh bakatnya mangan tok! skrang cuma bisnis kecil-kecilan perangkat rumah pintar meskipun lagi vacuum udh jalan 3 bulan.. heheh

Ella Fitria
3 Agustus 2020 02:50

iya mbak Lia, silakan dicoba ya. hihi
lebih praktis dan membantu banget biar pembukuan makin rapi 🙂

Ella Fitria
3 Agustus 2020 02:50

mas Khanif nggak pengin bisnis kuliner juga? hihi
aku siap bantuin lho, bantuin ngabisin makanan maksudnya, kabuuur

Ella Fitria
3 Agustus 2020 02:52

bener banget mbak Rey, kunci tahu laba/rugi ya diliat dari pembukuannya, hhh
kayaknya zaman sekarang kalau bisnis kuliner masih mengandalkan laporan manual nggak cuma ngos-ngosan, tapi bisa pingsan. apalagi kalau outletnya udah ramai, wkwk

Ella Fitria
3 Agustus 2020 02:52

aahahaha apakah kita harus tos dulu Mas Bay? wkwkkw
waaah yuk mulai lagi usahanyaaaa, mangatsss yaaa! keren nih udah pakai pembukuan secara digital 🙂

Riza Alhusna
3 Agustus 2020 06:37

Gw pernah liat iniii. Di salah satu minimarket lokal pake aplikasi kaya gini.

Ella Fitria
3 Agustus 2020 08:23

Paling juga nih orang sok taauuuwwww

dear anies
4 Agustus 2020 04:49

oh untuk mereka yang terlibat dalam bisnes kuliner sahaja ke? yang lain2?

Bang Day
4 Agustus 2020 10:36

Dulu banget pny warung sembako.. sulit banget estimasi laba karena stok dan pembukuan yang alakadarnya. klo sekarang bakal lebih mudah nih