Kekuatan Sedekah yang Mengucurkan Berbagai Berkah

oleh Ella Fitria

Kekuatan Sedekah yang Mengucurkan Berbagai Berkah

Tahun 2020 memang menjadi tahun yang cukup berat bagi sebagian orang karena banyak karyawan dirumahkan dan diberhentikan secara mendadak. Dampak adanya pandemi Covid-19 memang sangat terasa, sekalipun aku yang tinggal di sebuah desa kecil. Beberapa bulan lalu, masih teringat jelas di pikiranku saat tetangga desa ada yang terkonfirmasi positif Covid-19. Tiap gang bahkan tiap desa di Kecamatanku diportal dan diberlakukan lock down. Khawatir? Stres? Takut? Pasti! Semua orang di komplekku mendadak heboh. Bersyukur tinggal bersama keluarga yang saling support, yang selalu mengajarkan untuk terus berbagi meski di tengah pandemi.

Kehilangan Pekerjaan dan Operasi Batu Ginjal

Sore itu, saat kami sedang berkumpul berada di ruang tengah, handphone ku berbunyi nyaring. Suara Mbah Putri terdengar lirih memberi kabar bahwa Mbah Kung dibawa ke rumah sakit. Namun, beberapa rumah sakit menolaknya dengan alasan ada pasien positif Covid-19 yang berada di UGD. 

Memang bukan Mbah kandung dari Ibu dan Bapakku, namun aku dan adikku sangat dekat dengannya. Semenjak kecil, kami sering diajak Mbah Kung mengirim material bangunan lintas Kabupaten (Banjarnegara – Kebumen). Meski kami memanggilnya Mbah Kung, sebetulnya beliau belum begitu tua kok. Beliau merupakan sosok pekerja keras, seorang sopir truk yang mengangkut material bangunan seperti pasir, batu bata, genteng, dll. Namun, adanya pandemi ini membuat beliau lebih sering menganggur karena sepinya pesanan material ditambah sakitnya yang sedang kambuh. 

Pola hidup yang kurang sehat membuat kesehatan Mbah Kung belakangan ini kurang stabil. Beliau memiliki penyakit batu ginjal yang sudah lama diderita namun nggak pernah dihiraukan karena alasan biaya, sampai akhirnya di masa pandemi ini Mbah Kung harus menjalani operasi. 

Membongkar Celengan untuk Patungan

Alhamdulillah di keluarga besar kami memiliki tradisi menabung setiap bulan, semua anggota keluarga yang memiliki rezeki bisa menabung tanpa minimal. Uang tabungan keluarga ini boleh digunakan oleh anggota keluarga yang lain untuk keperluan mendesak. Kami memang diajarkan sedari dulu untuk belajar menyisihkan rezeki. Kami juga meyakini penyataan Imam Nawawi yang menyebutkan bahwa bersedekah kepada orang-orang terdekat lebih utama dibandingkan yang lain. 

Membongkar Celengan untuk Patungan

Sebisaku dan adikku membantu Mbah Kung meringankan biaya operasi dengan cara patungan. Maklumlah, aku hanya seorang guru honorer yang belum mendapatkan gaji seperti guru-guru sertifikasi, tapi hal tersebut nggak menjadi masalah. Aku masih memiliki celengan yang sudah ku niatkan untuk membeli laptop. Namun bismillah saja, malam itu aku membongkar celengan untuk meringankan beban Mbah Kung.

Lembutkan Hati untuk Bersedekah di Tengah Pandemi

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّى تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

“Kamu tidak akan memperoleh kebajikan, sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa pun yang kamu infakkan, tentang hal itu, sungguh Allah Maha Mengetahui.” (QS Ali Imran: 92)

Tiga bulan setelah mengikhlaskan seluruh celengan, ternyata Allah memberikan gantinya melalui blog ini. Qodarullah, aku memenangkan beberapa lomba blog dengan hadiah yang bisa digunakan untuk membeli laptop impianku, handphone, Gopro, headphone, headset, dll. Sungguh, bukan bermaksud sedang melakukan ‘transaksi’ dengan Allah perihal sedekah, namun the power of sedekah ini sering kali ku rasakan. 

Ya, sedekah memang bukan melulu soal uang. Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk membantu meringankan beban orang lain. Apalagi di masa pandemi ini banyak teman-teman yang membutuhkan support. Mari lembutkan hati, lihat kanan kiri kita, lihat tetangga kita, lihat orang-orang terdekat kita. 

Kegiatan Sedekah Pangan oleh UCare Indonesia

Cinta Berbagi Tanpa Henti dengan LAZ Ucar Indonesia

Jika kita memiliki rezeki, kenapa kita masih malas untuk berbagi? Pernah nggak sih teman-teman merenungkannya? Sekarang nggak ada lagi alasan untuk nggak berbagi. Toh saat ini banyak lembaga amil zakat yang bisa menjadi perantara teman-teman dalam menyalurkan kebaikan. Salah satunya Lembaga Amil Zakat (LAZ) UCare Indonesia yang didirikan pada 03 Oktober 2017, lembaga ini berfokus untuk mengelola dana zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, dan dana sosial lainnya, termasuk dana CSR khususnya di wilayah Jawa Barat. 

Program Utama UCare Indonesia

Program Utama UCare Indonesia
  • Pemberdayaan Masyarakat

UCare Indonesia memberikan modal dan pendampingan usaha kepada kaum dhuafa khususnya di Kota Bekasi untuk mengurangi jumlah pengangguran dan untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih layak. Beberapa program pemberdayaan masyarakat UCare Indonesia adalah Pemberdayaan Janda, Budidaya Lele Organik, Program Indonesia Berdaya Ukhuwah, dan Produksi Keripik Getuk.

  • Pelayanan Kesehatan

Salah satu program utama UCare Indonesia yakni memberikan layanan kesehatan terhadap masyarakat yang kurang mampu supaya dapat menikmati akses kesehatan dengan mudah. Pelayanan Kesehatan ini meliputi Doctor Goes To School, Dokter Sapa Warga, Khitanan Massal, Layanan Kesehatan, dan Pemeriksaan. 

  • Madrasah Inspirasi

Alhamdulillah UCare Indonesia juga memiliki program Beasiswa dan Madrasah Inspirasi Yatim yang fokus memfasilitasi pembinaan pendidikan untuk yatim. Program Madrasah Insiprasi Yatim di antaranya: Pembinaan Karakter & Keislaman, Pembelajaran Tahsin & Tahfidz, Enterpreneur & Lifeskill, hingga Generasi Berdaya.

Kemudahan Berbagi Kebaikan melalui Ucare Indonesia

Kemarin aku mencoba bersedekah di website Ucare Indonesia, meskipun nominalnya nggak seberapa sih, tapi semoga bisa bermanfaat untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. UCare Indonesia ini nggak hanya mengelola dana sedekah saja, tetapi juga mengelola dana Ziswaf. Kita bisa bersedekah melalui website LAZ Ucare Indonesia dengan minimal Rp. 10.000 saja lho. 

Langkah mudah bersedekah melalui UCare Indonesia

Cara berdonasi melalui Ucare Indonesia cukup mudah kok, kita bisa langsung menyetorkan donasinya ke Kantor Ucare Indonesia atau kita juga bisa langsung setor via transfer bank. Berhubung aku tinggal jauh dari kantor Ucare Indonesia, maka kemarin aku melakukan donasi via transfer Bank Mandiri. Nah berikut beberapa cara berdonasi di webiste Ucare Indonesia:

  1. Buka website LAZ Ucare Indonesia
  2. Pilih menu Ziswaf (ada zakat, infaq, sedekah, dan wakaf)
  3. Masuk ke menu sedekah, isikan kolom nilai sedekah (minimal Rp. 10.000)
  4. Lalu ‘klik untuk bersedekah’
  5. Isikan data diri seperti nama lengkap, email, dan tujuan donasi/jenis donasi)
  6. Lalu, selesaikan proses transfer ke nomor rekening Ucare Indonesia dan kirim bukti transfer ke kontak wahtsapp Ucare Indonesia (0813 9555 5868).

Bukti Setoran Sedekah UCare Indonesia

Nah gampang banget kan berbagi melalui Ucare Indonesia? Memang ya berbagi nggak harus dengan nominal uang yang banyak, kita bisa berbagi semampu kita, pun jangan sampai salah pilih lembaga untuk menyalurkan donasi kita. Yuk, sama-sama lakukan gerakan Cinta Berbagi Tanpa Henti untuk membantu saudara-saudara kita di luar sana. Semoga Semangat Berbagi di Era Baru makin menggebu, ya! Aamiin..

Sumber: 

Pengalaman Pribadi

https://www.ucareindonesia.org/profil-laz-ucare/

Grafis dan Foto: Ella Fitria dan IG Ucare Indonesia

Youtube: Ucare Indonesia

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 24 Oktober 2020 - 02:54

iya kak Fenni, dengan sedekah malah bertambah berkali lipat ya. Semoga makin banyak teman2 yang peduli dengan sesama, pun semoga semangat berbagi di era baru makin tinggi 🙂

Balas
Ella Fitria 24 Oktober 2020 - 02:52

sama-sama mbak Enny, silakan bisa diaplikasikan ya. itung2 untuk saling bantu untuk keluarga yang sedang membutuhkan 🙂

Balas
Kangg Mas Joe 23 Oktober 2020 - 23:27

LAZ Ucare ini nampaknya baru ada di Jawa yaa mbak? Sebab di Palmbang aku belum pernah dengar sih. Hehhe..
Semoga segera buka cabang di Palembang ya

Balas
Fenni Bungsu 22 Oktober 2020 - 08:02

Kekuatan sedekah memang sangat luar biasa. Bukan menjadi habis harta kita, malah semakin bertambah dengan bersedekah. Menginspirasi kak hal positif ini

Balas
Enny Ratnawati 22 Oktober 2020 - 03:25

Terima kasih sharingnya kak Ella. Aku amazing banget baca kekuatan sedekah ini

btw, konsep tabungan keluarga buat ngebantu sesama kereeen bgt.pengen nyontek juga..

Balas
Rezky Pratama 21 Oktober 2020 - 14:24

cek apakah kita merupakan penerima bantuan,,,,

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:21

ya Tuhan, merinding banget kak Anies. semoga berkah selalu ya, segala urusan dimudahkan, pun semoga semangat untuk saling berbagi tanpa henti selalu berkobar 🙂

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:20

iya mbak Rey, beneran deh. aku pun selalu speechless kalau abis bersedekah pasti ada aja jalan yang dimudahkan. semoga makin banyak orang-orang yang dilembutkan hatinya untuk selalu bersedekah ya mbak, saling bantu di era baru ini 🙂

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:18

amminn kak Lia, sudah lebih membaik kondisinya 🙂
semoga makin banyak yang saling berbagi di tengah ketidakpastian ini yaaa, makasih juga untuk doa baiknya kak Lia

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:17

aamiin kang Agus, sudah sehatan alhmadulillah. tapi masih masa pemulihan 🙂
bener banget, karena kenikmatan bukan melulu soal harta tapi kesehatan dan keluarga yang harmonis juga merupakan kenikmatan yang duh nggak bisa diukur dengan materi 😀
iya kang, silakan kalau ingin bersedekah di Ucare, bisa langsung buka websitenya ya

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:16

aamiin aamiin, thank you mbaak. peluk jauh ah, eheheh
blognya doang nih yang kece? orangnya enggak? dasar malah nglunjak ya mbak, wkwkwk

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:15

sama2 Mas Ikrom, kekuatan sedekah memang ampuh banget ya.. semoga di masa sulit kaya sekarang ini semangat bersedekah makin kuat ya 🙂

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:14

iya mang Asep, sepakat banget. kekuatan sedekah tuh nyata banget, kadang nggak terasa tiba2 ada aja jalan yang dimudahkan oleh gusti ya. yuk, semoga makin banyak orang yang dilembutkan hatinya untuk selalu bersedeekah yaa

Balas
Ella Fitria 21 Oktober 2020 - 10:13

iya, Mas Rudi. bener2 the power of sedekah ya.. makasih ya doanya, semoga doa baik kembali ke Mas Rudi dan keluarga 🙂

Balas
dear anies 21 Oktober 2020 - 09:43

"kerana itulah, orang yang sudah meninggal dunia, jika di beri peluang untuk kembali ke dunia, antara perkara pertama yang mereka mahu lakukan adalah bersedekah."

semoga usaha ini akan jadi ikutan dan ia tidak terhenti setakat ini sahaja…

Balas
Reyne Raea / Rey 20 Oktober 2020 - 22:15

Masha Allah, saya selalu nggak bisa berkata-kata setiap kali membaca kekuatan sedekah itu, rasanya selalu ada hal yang bikin speechless banget.
Sungguh Allah akan selalu menggantikan hal-hal yang kita keluarkan dengan ikhlas, dengan berlipat jumlahnya 🙂

Balas
Agus Warteg 20 Oktober 2020 - 03:24

Semoga sekarang mbah kung nya sudah sehat ya mbak Ella.

Memang betul jika kita bersedekah maka akan diberikan balasan oleh Allah SWT, balasan bukan selalu berbentuk materi atau uang tapi bisa juga tubuh kita selalu sehat terus atau keluarga yang harmonis.

Makasih sudah berbagi tentang Ucare mbak. Kalo mau bersedekah disana tidak was-was karena jelas legalitas nya ya

Balas
Ikrom Zain 20 Oktober 2020 - 00:52

sedekah memang bikin rezeki makin lancar cepat atau lambat
makash mbak ella sudah berbagi
ucare ini bisa jadi pilihan untuk bersedekah
biar rezeki makin berkah

Balas
Rudi Chandra 19 Oktober 2020 - 17:27

Subhanalla, sedekah itu emang amazing, kadang balasannya datang tak terduga.

Semoga Mbah Kung nya cepat sembuh ya Mbak. Aamiin..

Balas
Asep Rohimat 19 Oktober 2020 - 17:26

Sedekah memang benar-benar kekuatan yang nyata dan dari pengalaman pribadi berkahnya itu terasa bahkan dimasa sulit pun ada saja kebaikan yang menghampiri. Mungkin ini semua adalah kekuatan dari pada sedekah.

Balas
1 2 3

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: