Cara HR Software dalam Meningkatkan Employee Engagement

oleh - November 10, 2020

Cara HR Software dalam Meningkatkan Employee Engagement
 Cara HR Software dalam Meningkatkan Employee Engagement


Employee engagement? Tentunya sudah nggak asing lagi ditelinga HRD ya? Karena employee engagement adalah kunci penting bagi produktivitas karyawan. Istilah keterlibatan karyawan berkaitan dengan tingkat komitmen dan hubungan karyawan dengan organisasi. Tingkat keterlibatan yang tinggi mendorong kualitas kinerja yang jauh lebih baik. Berangkat dari hal ini, HR Software dapat menjadi salah satu media untuk mewujudkan employee engagement yang berkualitas. 

Alasan Penting Employee Engagement dalam Perusahaan

Karyawan adalah aset berharga perusahaan. Apa pun jenis dan skala perusahaan, karyawanlah yang menjadi penentu produksi dan operasional perusahaan. Salah satu yang menjadi faktor yang memotivasi karyawan untuk bekerja dengan baik adalah  keterlibatan karyawan atau employee engagement. Kualitas karyawan yang merasa terlibat dengan perusahaan dan memiliki sense of belonging tentu berbeda dengan karyawan yang nggak merasa bagian dari perusahaan. 

Kinerja karyawan yang merasa bukan dari bagian perusahaan cenderung “asal jadi” dan nggak ada usaha nyata untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas pekerjaannya. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan dan HRD untuk mengelola karyawan seoptimal mungkin agar suasana kerja yang harmonis akan tercipta. Ibaratnya, HRD bagaikan customer service bagi karyawan yang siap mendengarkan segala kebutuhan dan kepentingan karyawan.

Cara HRD Mewujudkan Employee Engagement Melalui HR Software Indonesia

HRD adalah pihak yang secara langsung mengelola karyawan. Untuk mengetahui seberapa besar karyawan merasa terlibat dengan perusahaan, HRD dapat menyelenggarakan employee engagement survey. Tujuan utama dari survei ini adalah menggali informasi sebanyak mungkin mengenai keterlibatan karyawan. Lalu kemudian informasi yang ada digunakan untuk strategi peningkatan employee engagement. 

Mewujudkan Employee Engagement Melalui HR Software Indonesia

Mengadakan survei membutuhkan banyak ketelitian, terutama dalam bagian pembobotan nilai parameter dan memilih pertanyaan yang tepat. HRD pun harus mengolah hasil survei dengan akurat dan rahasia. Karena informasi mengenai karyawan bila jatuh ke tangan yang salah akan berpotensi dimanipulasi untuk kepentingan tertentu. HRD pun direpotkan dengan lembaran dokumen survei yang nggak praktis dan efisien. Akibatnya, tugas HRD yang lain menjadi terhambat. 

Untuk itulah HRD dapat memanfaatkan HR Software Indonesia dari LinovHR membantu HRD menyusun pertanyaan, menentukan bobot nilai, dan menyimpan hasil survei dengan aman dan rahasia. Semakin mudah survei dilaksanakan dan sering diadakan, maka semakin banyak informasi yang didapatkan HRD guna kemajuan perusahaan. HR Software Indonesia dapat mempermudah pelaksanaan employee engagement survey yang awalnya ribet menjadi lebih sederhana. 

Karena pelaksanaannya yang menjadi mudah dan sederhana, HRD akhirnya memiliki waktu lebih banyak untuk menganalisis hasil survei dan merancang perencanaan berdasarkan hasil yang telah dianalisis. Karena perencanaan yang matang, hasil dari implementasi pun akan maksimum dan tepat sasaran. Inilah wujud dari manfaat utama dari HR Software Indonesia dalam meningkatkan employee engagement.


Mungkin Kamu Suka

8komentar

  1. Aplikasi HRIS emang sangat dibutuhkan, mesikpun hanya untuk sebatas absensi, seenggaknya udah mengurangi beban kerja HRD untuk bisa fokus di lain hal. Nice artikel mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yap mas Erwin. bener banget sih, bisa membantu memudahkan pekerjaan HRD :D

      Hapus
  2. aplikasi sejenis ini memang sangat dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, khususnya HR. Tujuannya agar kinerja karyawan bisa meningkat, dan perusahaan bisa semakin maju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuy mas Rivai, zaman sekarang memang dibutuhkan inovasi biar perusahaan makin maju dan gampang untuk mengevaluasi kinerja karyawan :D

      Hapus
  3. Manfaatnya sungguh luar biasa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan kepoin HR Software Indonesia dari LinovHR ini Bang :)

      Hapus
  4. ini membantu sekali buat divisi HRD di kantorku harusnya ya ehehe, karena aku bukan bagian HRD jadi nggak bisa ikut campur tangan di dalamnya.
    kalau aku punya perusahaan sendiri, semuanya aku bikin secanggih mungkin, mimpi dulu aja ya bisanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku aminkan biar segera punya perusahaan sendiri yak mbak, Aamiin kenceng banget nih.. trs nanti pke software dr LinovHR ini, hihi

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti