Mudahnya Zakat Online Wujudkan #BerbagiBersinergi ke Penjuru Negeri

oleh Ella Fitria
Mudahnya Zakat Online

Dua tahun lalu, sebelum pandemi menghantam penjuru negeri, aku bersama anak-anak kelas 2 Sekolah Dasar masih bebas belajar dan bermain bersama. Ritual kami setiap pagi adalah salat duha, murajaah, dan bernyanyi sebelum pelajaran di mulai. Ya, bernyanyi menjadi salah satu caraku supaya bisa masuk ke dunia mereka, pun supaya mereka nyaman dan antusias ketika pembelajaran dimulai. Aku teringat betul ketika satu kelas selesai menyanyikan lagu “Rukun Islam”, tiba-tiba ada salah satu anak mengangkat tangannya sembari mengajukan pertanyaan dengan nada penasaran.

Bu guru, rukun Islam ada lima, ya? Syahadat, Salat, Zakat, Puasa, dan Haji. Aku sudah tahu semuanya, tapi nggak mudeng dengan rukun Islam ke tiga. Zakat itu apa, bu guru?

Sontak satu kelas riuh dengan jawaban-jawaban, ada yang menjawab dengan tepat, ada juga yang menjawab sekenanya. Ya meskipun zakat merupakan kewajiban setiap muslim, tapi tidak jarang sebagian dari kita lupa untuk menanamkan nilai-nilai dan konsep zakat kepada anak-anak sejak kecil.

Mengenal Zakat

Bersyukurnya saat ini sudah banyak edukasi digital seputar zakat yang bertebaran di media sosial, pun sekarang kita bisa menunaikan zakat dengan mudah karena banyak lembaga pengumpul zakat legal yang membantu menyalurkan dana zakat. Zakat bisa dikatakan sebagai pembersih harta yang kita miliki, karena di dalam harta yang kita miliki ada hak orang lain di dalamnya. Toh membayar zakat tidak setiap minggu kok, masa iya kita melalaikannya?

2 Jenis Zakat

Btw, sudah pada tahu kan kalau zakat dibagi menjadi 2 jenis? Yap! Ada Zakat Fitrah dan ada Zakat Maal (Zakat Penghasilan, Bisnis, Pertanian & Peternakan, Obligasi Syariah, Tabungan, Emas & Perak, dll). Aku yakin sih, teman-teman sudah tidak asing dengan 2 jenis zakat di atas. Tapi tidak ada salahnya aku ulas kembali, ya?

Waktu Membayar Zakat Fitrah

Mengingat dampak pandemi yang mempengaruhi sektor ekonomi, maka waktu pembayaran Zakat Fitrah menurut fatwa MUI Nomor 23 Tahun 2020 boleh ditunaikan sejak awal Ramadan hingga sebelum salat Idulfitri. Sama halnya dengan Zakat Maal, boleh ditunaikan lebih cepat (Ta’jil Alzakah) tanpa harus menunggu satu tahun penuh (Hawalan Alhaul) jika telah mencapai nishab. Lebih baik disegerakan ketika sudah waktunya daripada menunggu nanti-nanti malah terlupa, kan?

Belajar dari Zaman Rasulullah

“Dan laksanakanlah salat, tunaikan lah zakat, dan rukuk lah beserta orang yang rukuk.” QS. Al Baqarah: 43

Dalam Al-Qur’an, kata zakat disebut sebanyak 83 kali loh. Ngomongin zakat jadi teringat kisah di zaman Rasulullah, konon ada seseorang yang lalai menunaikan Zakat Fitrah hingga selesainya waktu zakat. Lantas ia buru-buru menjual seekor untanya untuk memerdekakan budak sebagai ganti Zakat Fitrah. Kemudian Ia menemui Rasulullah dan bertanya:

Wahai Rasulullah, saya lupa menunaikan Zakat Fitrah, namun sebagai gantinya saya sudah memerdekakan seorang budak, apakah Zakat Fitrah saya diterima, ya Rasulullah?

Lalu Rasulullah pun menjawab:

Meskipun engkau memerdekakan 100 budak, tidak akan menyamai pahala ketika engkau menunaikan Zakat Fitrah.

Dari kisah di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa kewajiban menunaikan Zakat Fitrah tidak bisa diganti meskipun dengan memerdekakan 100 budak sekaligus. Padahal nominal Zakat Fitrah sangat kecil, ya?

Nah, jika kita melewati waktu yang ditentukan untuk berzakat fitrah, maka Zakat Fitrah kita hanya bernilai sedekah. Oh iya, bukan hanya Zakat Fitrah saja yang wajib kita tunaikan, tetapi juga Zakat Maal jika harta yang kita miliki sudah mencapai nishab dan haul.

Sucikan Diri Menuju Hari Fitri Bersama Sinergi Foundation

Lalu, yang sering menjadi pertanyaan adalah berapa jumlah uang / bahan makanan pokok yang harus dikeluarkan untuk menunaikan Zakat Fitrah atau Zakat Maal?

Pilihan nominal yang jadikan zakat fitrah jadi lebih mudah

Alhamdulillah kemarin aku tidak merasa kebingungan lagi untuk menentukan berapa nominal yang harus dibayarkan untuk Zakat Fitrah karena aku menunaikan Zakat Fitrah secara online di Sinergi Foundation, tinggal pilih harga beras yang sesuai kemauan kita. Lalu bayar deh!

Kita juga bisa menunaikan Zakat Maal di Sinergi Foundation dengan praktis karena bisa memanfaatkan fitur konsultasi zakat dan juga kalkulator Zakat Maal, tinggal kita isi dan sesuaikan dengan harta yang kita miliki nanti akan muncul besaran Zakat Maal yang harus kita keluarkan.

Kalkulator Zakat Mal yang tersedia di website Sinergi Foundation

Sinergi Foundation merupakan lembaga independen milik publik yang concern mendorong pengembangan kreativitas dan inovasi Sosial-Pemberdayaan berbasis Wakaf Produktif dan ZIS (Zakat, Infaq-Sedekah) dengan tagline #BerbagiBersinergi.

Sinergi Fundation berdiri sejak 14 Oktober 2002 dengan embrio Yayasan Semai Sinergi Umat yang didirikan oleh Prof. Dr. KH. Miftah Faridl.

Namun, pada 17 Februari 2011, Embrio Yayasan Semai Sinergi Umat berubah menjadi Yayasan Semai Sinergi Umat (Sinergi Foundation), perubahan tersebut secara formal disahkan dalam Akta Notaris.

Pemanfaatan Dana Ziswaf untuk Kemaslahatan Umat

Sinergi Foundation memiliki program Zakat, Infaq-Sedekah, Wakaf, dan Kemanusiaan. Untuk pemanfaatan dana Zakat Fitrah disalurkan kepada Mustahik yang masuk dalam 8 golongan ansaf, di antaranya: Fakir, Riqab, Miskin, Ghorimin, Amil, Fisabilillah, Mualaf, dan Ibnu Sabil.

Program Sinergi Foundation

Adapun pemanfaatan dana Zakat Maal, Wakaf, (Infaq-Sedekah) di Sinergi Foundation disalurkan untuk Program Kemanusiaan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial, Pemberdayaan, hingga Infrastruktur Sosial Keagamaan. Di antaranya Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC), Lembaga Pelayanan Masyarakat (LPM), SF Rescue, Sinergi dan Advokasi Bebas Rentenir, Ternakita, Beasiswa Pemimpin Bangsa (BPB), MyTeacher, Sekolah untuk Semua, dan Pesantren Teraphis. Selain itu, ada pula Lembaga Wakaf Produktif (WakafPro 99), Tabloid Alhikmah, Green Akikah, Sinergi Training Center, dan Pembangunan Masjid Daarul Aulia-Lembang.

Laporan Penyaluran Program Sinergi Foundation selama Maret 2021

Mudahnya Zakat Online Melalui Sinergi Foundation

Alasan Mengapa Menunaikan Zakat Bersama Sinergi Foundation

Sungguh, di era digital seperti sekarang kita dimudahkan dalam berbagai hal salah satunya untuk berbuat kebaikan dengan zakat online di Sinergi Foundation. Dimana saja, kapan saja, asal terhubung dengan internet kita bisa melakukan kebaikan di bulan Ramadan. Seperti yang aku sebutkan di atas, adanya website Sinergi Foundation memudahkan aku dan suami dalam menunaikan Zakat Fitrah.

Legalitas Sinergi Foundation sebagai lembaga penyalur zakat dan wakaf

Selain karena praktis, legalitas Sinergi Foundation jelas, amanah, dan juga proses bayar zakatnya mudah sekalipun dilakukan oleh orang awam. Terlebih dana zakat fitrah yang terkumpul akan dimanfaatkan untuk membeli beras dari petani Lumbung Desa dan disalurkan ke masyarakat Dhuafa yang membutuhkan. Itung-itung dengan menunaikan zakat fitrah di Sinergi Foundation bisa membantu perekonomian petani juga, ya.

Nah berikut tata cara bayar Zakat Fitrah online melalui Sinergi Foundation:

  1. Buka website www.sinergifoundation.org
  2. Pilih program Zakat – Tunaikan Zakat
  3. Muncul pilihan zakat (Zakat Profesi, Zakat Fitrah, Zakat Maal, Zakat Perniagaan, Zakat Perusahaan, dan Zakat Peternakan) – Pilih Zakat Fitrah atau sesuaikan dengan kebutuhan kita
  4. Klik Zakat Fitrah, maka akan muncul pilihan harga beras, mulai dari Rp 33 ribu hingga 45 ribu per 3 kilo beras. Isi nominal yang kita mau, lalu klik tunaikan zakat
  5. Muncul metode pembayaran yang beragam, mulai dari bank mandiri, BNI, BSM, BCA dan berbagai dompet digital. (Aku memilih metode pembayaran dengan OVO)
  6. Isi data diri kita. Jika sudah, klik lanjut pembayaran
  7. Muncul instruksi pembayaran disertai dengan code QR. (Scan code QR di e-wallet, selesaikan pembayaran)
  8. Konfirmasi di laman website atau bisa ke nomor whatsapp yang tertera. (Bukti/kuitansi pembayaran zakat dikirim ke email kita)

Gampang banget, kan? Bukan hanya Zakat Fitrah saja, tapi kita juga menunaikan Zakat Maal, Infaq-Sedekah, Wakaf, dan bantuan Kemanusiaan di Sinergi Foundation dengan mudah dan praktis.

Tahun depan mau menunaikan Zakat Fitrah di Sinergi Foundation lagi ah, biar tidak perlu berkerumun di tempat pengumpul zakat. Mau bayar zakat online atau offline sama saja kok, asalkan niat dan nominalnya sesuai dengan ketentuan. Kalian sudah menunaikan Zakat Fitrah belum, nih?

Yuk, segerakan menunaikan kewajiban di bulan Ramadan, karena kebaikan yang kita lakukan di bulan suci ini pahalanya akan dilipatgandakan. Semoga kita bisa meraih kemenangan di bulan penuh keberakahan ini, ya. Aamiin..

Alamat Kantor dan Gedung Wakaf Sinergi Foundation

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Zen
Zen
14 Mei 2021 22:27

Kalau di aplikasi Sinergi Foundation ini bisa untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran kita sehari-hari kah Mbak? Soalnya kan penting banget supaya kita bisa membayar zakat maal secara tepat. Jadi, udah diitungkan gitu berapa besaran zakatnya. Soalnya, agak khawatir juga eh kalau misalnya kita harus bayar zakat maal tapi kita abai. Kita nggak tau kalau kita sudah kena kewajiban bayar zakat maal. Soalnya kan zakat itu wajib. Kalau nggak ditunaikan, tanggungannya berat nanti di akhirat.

LinRaNa Mom
15 Mei 2021 00:46

keren nih aplikasinya…
jadi mudah bayar zakat,
dan tepat sasaran juga ya tujuan zakatnya..
apalagi di masa pandemi, yang mana saya pribadi meminimalisir keluar rumah.
Dengan menggunakan aplikasi zakat online sinergi foundation ini, bisa bayar zakat dari rumah atau darimana aja..

Marfa Umi
15 Mei 2021 06:26

Kalau kayagini memudahkan misal aku lagi nggak di rumah Mbak, jadi bisa berzakat dengan cara online melalui Sinergi Foundation. Kalau di rumah biasanya disarankan ke siapa, jadi secara langsung gitu. Nah misal suatu saat aku merantau lagi ini bisa berguna, apalagi juga saat ini meminimalisir ketemu2 secara offline yak

Cemil
15 Mei 2021 06:26

Zaman sekarang serba online, bayar zakat pun dimudahkan via aplikasi online yaa. Apalagi klo dari lembaga terpercaya, sehingga bisa dipastikan penyaluran zakatnya akan tepat sasaran

M. Norfahrul
15 Mei 2021 06:26

Masya allah,,, sekarang udah dipermudah bnget yah,, tp d kamoung saya blum ada sistilah bayr zakat online karena signal susah dan pengurus zakat jg rata2 orangtua yg gaptek hihi

Han
Han
15 Mei 2021 09:16

Alhamdulillah ikut seneng ada aplikasi bayar zakat yang semakin memudahkan kek gini

blogger parenting
15 Mei 2021 09:16

Alhamdulillah untuk urusan zakat sudah dipermudah oleh sinergi foundation. Jadinya kita tidak akan kesulitan menyalurkan zakat kepada yang berhak. Semua sudah dihandle oleh sinergi foundation yang amanah.

Erin Herlina
15 Mei 2021 13:57

Zaman sekarang mudah banget ya, buat bayar zakat fitrah maupun zakat maal. Bisa lewat Sinergi Foundation kewajiban zakat bisa dibayar tuntas.

Dian Restu Agustina
15 Mei 2021 13:57

Pas benar dengan sikon pandemi kalau begini. Makin dimudahkan untuk beribadah terutama menunaikan zakat. Melalui Sinergi Foundation lagi tidak perlu berkerumun di tempat pengumpul zakat, zakat online saja, asalkan niat dan nominalnya sesuai dengan ketentuan, sudah tunai zakat kita

Bayu Fitri
15 Mei 2021 13:57

Kren ya sekarang bayar zakat sudah bisa online jadi lebih praktis dan simpel ..

Nurhilmiyah
15 Mei 2021 23:38

Sinergi Foundation ya, noted. Selain zakay, infak sedekah dan wakaf juga bisa disalurkan ke Sinergi. Nice info yaa Mba Ella… Tfs, mohon maaf lahir & batin

Ainun
17 Mei 2021 01:52

praktis banget ini, sekarang nggak perlu keluar rumah lagi, semua bisa dikerjakan lewat hape aja
baideweiii, selamat idul fitri mba ella, mohon maaf jika ada kesalahan yang pernah aku perbuat yak

Ririn Wandes Melalak Cantik
17 Mei 2021 11:13

Era digital begini serba mudah sih,mau zakat juga bisa online aja ya. Zakat ini banyak banget jenisnya dan kita harus bisa alokasikan secara tepat nih.

Mei Daema
18 Mei 2021 02:33

adanya fasilitas atau sarana zakat online ini mempermudah kita yang mau berzakat ya kak. semoga para penyedia jasa dan yang melakukan zakat online ini diberikan keberkahan dan rezeki kita lebih bermanfaat lagi, aamiin

momiput.com
19 Mei 2021 01:59

Wah makin mudah berzakat dengan aplikasi digital

Angrumaoshi
25 Mei 2021 22:59

Wah zakat fitrah bisa online juga. Gak perlu ke masjid lagi ya bisa langsung klik klik saja.

Ella Fitria
25 Mei 2021 12:40

adanya fitur kalkulator zakat mas, jadi nnti bisa diisi dengan pendapatan kita dan tanggungan kita, baru deh muncul otomatis berapa nominal yang harus kita zakatkan.. nah iya, tanggungannya nggak main2 yak

Ella Fitria
25 Mei 2021 12:42

iya mbak, ini pakainya website 😀
tp memang mirip aplikasi sih, mudah dan praktis banget untuk mengejar kepentingan dunia akhirat 😀

Ella Fitria
25 Mei 2021 12:43

Iya mbak Marfa, kl di kampungku langsung di setorkan ke amil di mushala dekat rumah, nah berhubung kita suami di tempat yang serba baru jadi zakat via online deh 😀

Ella Fitria
25 Mei 2021 12:44

Iya kak, mesti pilih lembaga zakat yang legal supaya tepat sasaran penyalurannya