Ternyata Ini Pencegahan Ruam Popok yang Benar, Moms Yuk Merapat!

oleh Ella Fitria
Ternyata Ini Pencegahan Ruam Popok yang Benar, Moms Yuk Merapat!

Halo Moms, apakah ruam popok membuat bayi menjadi lebih rewel belakangan ini? Terutama saat sedang mengganti popok, biasanya saat ia merasa tidak nyaman, si Kecil akan menunjukkan ekspresinya dengan cara menangis. Moms mungkin belum menyadari penyebabnya kenapa bayi menjadi lebih rewel, tetapi secara tidak sadar, Moms mulai berhati-hati  saat menyentuh bayi terutama saat mengganti popoknya untuk mengurangi rasa sakit dan menghindari stres pada si Kecil.

Penyebab Bayi Rewel saat Mengganti Popok

Biasanya ruam popok disebabkan oleh iritasi, infeksi atau reaksi alergi pada bahan tertentu. Terutama ketika popok dibiarkan terlalu lama atau kotoran seperti urin dan tinja tetap bersentuhan dengan kulit pantat bayi dalam waktu lama, ruam bisa saja terjadi karena iritasi. Terkadang, bayi yang sedang mengalami diare mungkin juga mengalami ruam popok yang cukup parah karena adanya zat pereduksi dalam kotorannya. Bukan hanya itu, mengenalkan jenis makanan baru pada si Kecil juga terkadang dapat menyebabkan diare, yang bisa saja mengakibatkan ruam. Selain itu, bayi dengan bawaan kulit sensitif juga dapat mengalami ruam popok parah.

Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Jangan khawatir Moms, ruam popok pada bayi bukan akhir dari segalanya. Ada beberapa langkah pencegahan ruam popok yang bisa dilakukan sendiri di rumah, yaitu:

  • Ganti popok bayi segera setelah kotor. Popok yang sudah berat atau kotor harus segera diganti. Jika tidak segera menggantinya, 
  • Gunakan popok yang memiliki daya serap tinggi. Baik popok sekali pakai atau popok kain, pastikan Moms memilih popok yang dapat menyerap urin dengan baik.
  • Pilih produk yang aman untuk bayi. Bersihkan pantat bayi dengan tisu atau sabun yang dirancang khusus untuk kulit bayi sensitif. Salah memilih produk dapat membuat iritasi kulit bayi bertambah parah.
  • Jangan menggosok kulit bayi. Saat sedang membersihkan, cukup usap dengan lembut dan tepuk-tepuk saat membersihkan area kulit di sekitar pantat bayi—jangan pernah menggosoknya karena tindakan ini bisa membuat ruam popok semakin menjadi.
  • Oleskan krim ruam popok. Jika terdapat gejala seperti kemerahan pada pantat ataupun selangkangan bayi, Moms sebaiknya menggunakan salep pelindung seperti Salep Bepanthen setiap kali mengganti popok atau aplikasikan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk tetap membersihkan sisa residu salep sebelumnya saat penggantian popok setiap sebelum Moms akan mengoleskan krim yang lebih bersih.
  • Jangan pakai bedak untuk mengatasi ruam popok. Hindari talc powder atau bedak jenis apa pun ya, Moms! Pasalnya, penggunaan bedak tidak direkomendasikan oleh dokter, karena bedak mengandung partikel kecil yang dapat mengganggu pernapasan bayi.

Kesimpulannya

Ruam popok adalah masalah yang cukup mengganggu dan sering terjadi pada bayi, namun untungnya, ada langkah-langkah pencegahan yang telah diuji coba yang dapat Moms ikuti untuk mengurangi gejala ruam popok semakin bertambah parah. Moms bisa mencoba langkah di atas sekaligus merawat kulit dengan salep khusus untuk bayi yang mengandung vitamin B5.

Penggunaan salep ruam popok seperti salep Bepanthen dapat membantu pemulihan jaringan kulit yang rusak, menjaga kelembaban kulit, dan mempercepat pembentukan jaringan kulit yang baru. Jika rutin mengoleska, maka penggunaan salep ruam popok sebagai pencegahan secara signifikan dapat mengurangi risiko ruam popok. Jika ruam popok parah disebabkan oleh jamur, biasanya Dokter akan merekomendasikan penggunaan krim popok dan juga penggunaan krim anti-jamur. 

You may also like

17 komentar

Zen 12 April 2022 - 06:50

Kalau kita memang sering sih mengganti popoknya Aira walaupun Aira nggak pup. Ya salah satunya untuk ini, supaya nggak ruam.

Balas
anies 25 Maret 2022 - 10:40

produk wajib ada bayi ibu2 yang ada anak kecil

Balas
atiqoh 22 Maret 2022 - 17:04

sama nih, dulu selalu sedia ini juga buat si kecil, secara ruam popok tuh bikin bayi jadi gak tenang sama sekali ya

Balas
JIhan 17 Maret 2022 - 06:32

Kak Ella aku jg pernah lho pakai bepantene ini untuk anakku yg ruam popok, tahun lalu sihh pas doi masih 2 tahun. alhamdulillah 2x oles aja udah baikan kulitnya

Balas
ursula meta rosarini 16 Maret 2022 - 10:24

Anakku baru sekali ruam pokok, karna ganti merk popok hihi, ada popok mahal trs diskon, aku beli deh, eh malah iritasi wkwk, untung belinya yg kecil

Balas
Alfimanzila 24 Maret 2022 - 15:06

Aku pernah denger kalau bayi yang terkena ruma ternyata nggak boleh di kasih bedak, justru lebih nggak pakai bedak…ternyata ini ada solusinya…jadi udah nggak kata katnya.lagi

Balas
vivi sylvia 14 Maret 2022 - 12:28

Memang kasian dan sedih sekali kalo baby kita kena ruam popok gitu.
Kalo dah gitu pasti cepat-cepat oles oles salap untuk mengobatinya.
Bephanten adalah salah satu solusinya ya

Balas
Nurhilmiyah 13 Maret 2022 - 05:52

Kadang suka salah ya para mom ini demi anak tercium harum suka memakaikan bedak, banyak2 pula. Seolah-olah kl ga pake bedak kurang afdhol ya, hihi. Untuk pencegahan ruam popok, sebaiknya menuruti kata dokter deh, ga usah dibedakin ya. Btw udah tenang juga kl ruam popok, ada Bepanthen.

Balas
Mei Daema 12 Maret 2022 - 11:28

tipsnya useful banget buat saya yang calon mama, ilmunya saya simpan dulu, izin save artiklenya ya kak

Balas
iidYanie 12 Maret 2022 - 11:07

Memang gak tega kalau udah liat anak tuh kena ruam popok, bisa nangis kejer karena merah2 bikin gatal dan perih, alhasil semingguan gak pake popok bayi deh. Bepanthen ini cocok banget ya buat kulit bayi kandungan di dalamnya juga bagus

Balas
Inova Melisa 11 Maret 2022 - 21:27

Aku baru tau salep Bepanthen mom, ternyata kece ya khasiatnya.. Kebetulan keponakan mengalami ruam popok, aku belikan salep Bepanthen saja nanti. Terima kasih informasinya ya 🙂

Balas
Okti 11 Maret 2022 - 17:01

Salep popok bayi tidak pernah lupa saya bawa kemanapun saat anak saya masih menggunakan popok. Selain untuk ruam popok juga bisa buat menghilangkan bentol beruntus biang keringat di sekitar badan lainnya lho…

Balas
Chriesty 11 Maret 2022 - 13:24

Ini kalau dipakai dalam keadaan bener-bener ruam bisa ya mbak? Gak ada efek perihkah untuk si baby?

Balas
Dian Restu Agustina 10 Maret 2022 - 13:22

Iya nih kalau bayi rewel mesti di cek di antaranya bisa ruam popok parah. Ku juga pakai ini saat anak bayi dulu, salep Bepanthen yang bantu pemulihan jaringan kulit yang rusak, jaga kelembaban kulit, dan mempercepat pembentukan jaringan kulit yang baru. No rewel-rewel karena ruam popok lagi deh jadinya

Balas
Icha marina Elliza 10 Maret 2022 - 01:12

Udah pernah nyobain BEPANTHEN baby. Lumayan Bangett ini jadi pertolongan pertama untuk ruam popok. Bahkan akun pernah pake untuk mengatasi puting lecet saat menyusui. Nanti pas baby mau nyusui kembali aku tinggal basuh aja putiingnya. Aman kok

Balas
www.jejakbunda.com 9 Maret 2022 - 23:34

Nah iya betul mba Ella.

Bersihkan kulit bayi tidak boleh ditekan. Tapi ditepuk-tepuk perlahan karena memang kulitnya masih lembut dan sensitif.

Penggunaan pospak pun harus diperhatikan.

Atuhlah kalo sudah berjam-jam, berat dan lembab lalu dibersihkan pake tisu sambil ditarik dan tergesek pastinya bikin perih dan ruam

Balas
ww.anti 9 Maret 2022 - 22:20

Iya.. ruam di bayi itu bikin kasian yaa.. pasti nggak enak, bisa perih dan gatal dan jadi rewel aja bawaannya

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: