Cara Percantik Konten Blog atau Media Sosial agar Lebih Menarik

oleh Ella Fitria

Jujur, rasanya baru kemarin aku menjadi seorang blogger yang awalnya nggak disengaja. Aku masih ingat betul, tahun 2016, saat aku masih menyelesaikan tugas kuliah, semua mahasiswa di kelasku diwajibkan memiliki blog. Fungsinya, untuk meng-upload tugas-tugas seperti makalah dan jurnal. Begitu selesai menjalani semester itu, blogku pun nganggur alias mati.

Lambat laun, ternyata aku menikmati proses menulis puisi yang aku publish di blogku yang gratisan. Sampai akhirnya, aku memutuskan menekuni dunia blogging untuk berbagi apa pun yang aku sukai. Aku memutuskan membeli domain dan belajar membuat konten yang lebih menarik.

Bikin Konten Blog Jadi Menarik? Susah Nggak, Sih?

Sungguh, awalnya membuat konten yang bisa menarik minat pembaca rasanya susah banget! Bingung mau dimulai dari mana karena saking banyaknya ide yang nggak terealisasikan. Malah, ngeblog tuh berasa jadi beban! Sampai akhirnya, aku merasa nyaman begitu menemukan polanya. Nah, teman-teman penasaran bagaimana polanya? Yuk, simak poin-poin berikut ini:

Cara bikin konten blog jadi menarik

1. Menulislah dengan Hati atau Based on Experience

Sering banget aku memiliki segudang ide, tetapi bingung bagaimana menuangkannya melalui tulisan. Namun, begitu berhasil menuliskan satu kalimat pembuka, tiba-tiba auto lancar menulis hingga akhir. Hal yang paling penting dalam menulis sebuah konten adalah tulisan yang kita buat memiliki jiwa. Seolah-olah, tulisan tersebut mampu hidup karena berasal dari hati.

Pokoknya menulislah apa pun yang ingin dituliskan, tetapi pastikan tulisan kita mengandung informasi, ya. Dengan begitu, ketika pembaca mengunjungi blog kita, mereka akan menemukan informasi yang mereka cari. Seenggaknya ada esensi yang membuat pembaca menemukan benang merah dari tulisan kita.

Selain itu, konten kita akan lebih unik dan menarik ketika kita menuangkannya based on experience. Kenapa? Karena nggak semua orang memiliki atau merasakan pengalaman yang kita miliki. Biasanya, tulisan based on experience ini sering banget dilirik oleh juri jika kita mengikuti blog competition.

2. Belajar Copywriting dan Storytelling

Dulu, boro-boro tahu apa itu copywriting. Alhamdulillah, meski dulu aku nggak tahu seluk beluk copywriting, sekarang aku bisa mendapat pekerjaan di posisi writer di salah satu perusahaan asing. Tentunya, berkat andil blog ini juga!

Belajar copywriting dan storytelling memang nggak gampang. Namun, the power of copywriting bisa membuat konten kita makin enak dibaca. Pembaca nggak akan bosan dengan informasi yang kita sampaikan. Selain itu, dengan kita belajar copywriting dan storytelling juga akan meningkatkan kualitas konten yang kita buat.

3. Buat Tampilan Blog yang User Friendly

Teman-teman pernah nggak sih berkunjung ke salah satu blog atau website yang navigasinya nggak lengkap? Misalnya, nggak ada kolom search atau menu label yang tertera. Hal ini tentu akan membuat pembaca nggak betah berlama-lama di blog kita kan, bukan? Karena nggak mungkin pembaca akan scroll laman per laman hanya untuk menemukan tulisan atau tema yang mereka mau.

Selain itu, template yang dipasang di blog juga nggak kalah penting, lho. Usahakan yang eye catching dan clean supaya enak dilihat dan nggak membuat pembaca pusing dengan template kita. Ya meskipun, template sebuah blog tergantung selera tiap orang, sih. Hehehe.

4. Percantik Konten dengan Infografis yang Ciamik

Percantik konten dengan infografis yang ciamik

Banyak tulisan di blogku ini dilengkapi dengan infografis. Nggak heran banyak DM masuk bertanya aku membuat infografis menggunakan aplikasi atau software apa. Nggak lain, tentu saja dengan aku membuat infografis menggunakan Canva. Selain mudah digunakan oleh orang awam sepertiku, Canva juga praktis banget.

Canva juga tersedia di semua platform, seperti iOS, Android, Windows dan Web. Semuanya terkoneksi ke akun kita di cloud. Jadi, pekerjaan desain kita akan selalu tersimpan kapan pun kita akan mengaksesnya.

#CanvaBanyakBisanya cocok digunakan oleh semua kalangan. Mulai dari kalangan pelajar, pekerja kantor, content creator, hingga profesional bisa memanfaatkan Canva sebagai alat komunikasi visual yang efektif. Bayangkan saja kalau sebuah konten blog nggak disertai infografis, tentu konten kita terasa hambar, bukan?

Langkah-langkah Membuat Infografis untuk Blog atau Media Sosial

Karena #CanvaSayangKamu, makanya banyak kemudahan yang akan kita dapatkan. Terlebih, kalau membuat infografis menggunakan Canva Pro. Banyak template yang bisa kita pilih, plus banyak fitur Canva yang memudahkan kita membuat infografis yang menarik. Nah, berikut langkah-langkah membuat infografis dengan Canva.

Langkah membuat infografis di Canva
  1. Buat akun di Canva

Teman-teman bisa mencoba Canva Pro secara gratis selama 30 hari, lho! Kita bisa mendesain dengan ribuan template gratis, fitur dan pustaka konten superlengkap. Untuk mencoba Canva Pro gratis, silakan klik di link berikut https://partner.canva.com/ellafitria

  1. Pada laman beranda Canva, kita cari “Infografis” untuk mulai membuat infografis
  2. Pilih template

Tentukan konten/tema apa yang akan kita buat infografis. Kita bisa memulai membuat infografis dari template baru alias template kosong yang akan kita desain dari 0. Selain itu, kita juga bisa menggunakan ratusan template Canva Pro yang sudah ada. Kerennya, kita bisa memilih template berdasarkan tema, warna, dan gaya, lho. Jadi, kita tinggal edit-edit sesuai dengan kreativitas kita.

  1. Sempurnakan infografis dengan berbagai elemen

Kita bisa menelusuri jutaan gambar, ilustrasi, dan grafis di Canva. Selain itu, kita juga bisa menemukan ribuan desain panah untuk diagram, plus kita bisa mengatur ulang untuk kebutuhan infografis kita.

  1. Simpan dan bagikan infografis

Setelah selesai membuat infografis, selanjutnya adalah kita bisa mengunduh dan menyimpan infografis dalam format PNG, JPG, atau PDF. Bahkan, kita juga bisa membagikannya di semua akun media sosial kita, lho. Praktis banget, kan?

Keunggulan Membuat Infografis di Canva Pro

Selain untuk menarik minat pembaca, infografis juga menjadi sarana untuk menyampaikan poin-poin penting dengan lebih singkat dan jelas. Infografis umumnya bisa digunakan untuk melengkapi sebuah konten tulisan di blog atau untuk konten di media sosial. Dengan menggunakan Canva Pro, kita bisa membuat infografis dalam hitungan menit tanpa perlu keahlian desain. Menarik, bukan?

Lalu, apa sih keunggulan lain membuat infografis di Canva Pro?

Keunggulan membuat infografis di Canva Pro
  • Membuat Grafis Profesional dengan Pilihan Template

Seperti yang aku sebutkan di atas, di Canva Pro kita bisa membuat infografis dengan template yang sudah di desain dengan profesional oleh pihak Canva. Selain itu, kita juga bisa mendesain infografis from scratch atau halaman kosong. Kamu bisa kunjungi link berikut untuk melihat contoh infografis yang tersedia di Canva https://www.canva.com/id_id/infografis/contoh/.

  • Membuat Grafis Lebih Mudah dengan Berbagai Fitur

Menurutku, fitur Canva Pro ini sangat memudahkan pengguna untuk mendesain dengan mudah. Ada fitur background remover, magic resize, brand kit, latar belakang transparan, template premium, animasi premium, font premium, konten tak terbatas, content planner, dan lainnya.

  • Mudah Share Karya ke Berbagai Media Sosial

Fyi, kita bisa membagikan hasil desain infografis secara langsung ke media sosial, lho. Kita juga bisa meng-unduh infografis dengan resolusi tinggi. Selain itu, kita juga bisa menambahkan desain ke presentasi, dan lainnya. Pokoknya #CanvaBanyakBisanya deh!

Yuk, coba Canva Pro gratis 30 hari

Jadi, bagaimana? Sudah tahu rahasiaku membuat infografis, kan? Silakan teman-teman bisa mencoba Canva Pro gratis 30 hari untuk mendesain dengan ribuan template gratis dan segudang fiturnya. Fyi, untuk mengklaim Canva Pro gratis 30 hari, kita harus melalui proses verifikasi. Selain itu, kita juga harus menyiapkan Kartu Kredit atau Debit online (Bank Jago atau BTPN Jenius) yang sudah diverifikasi untuk melakukan pembayaran.

Tenang saja! Setelah saldo kita terpotong, nantinya akan langsung dikembalikan oleh pihak Canva, kok! Nah untuk mengklaim Canva Pro gratis 30 hari ini, kita harus mendaftarnya melalui web browser, ya! Yuk, buat desain mengagumkan dengan Canva Pro yang memiliki fitur superlengkap! Dengan begitu, membuat infografis untuk blog dan media sosial tak lagi kesulitan.

Kalau teman-teman ingin mendapatkan informasi seputar penggunaan Canva, meningkatkan skill dan berdiskusi bisa kunjungi Grup Facebook Canvalove Indonesia.

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
39 Komentar
Terbaru
Terlama Paling Banyak Vote
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Asronet
27 Agustus 2022 02:36

Artikel yang bermanfaat

Diyanika
26 Agustus 2022 01:21

Aku pakai Canva for education, Mbak, yang khusus untuk pendidik. Ya, lumayanlah, meski nggak selengkap yang Pro, ini masih bisa dipakai untuk yang free.

Wiwid nurwidayati
16 Agustus 2022 08:06

Pengin juga punya canva pro. Cantik elemennya, banyak pilihan. Btw saya pengin belajar copy writing sama storytelling nih mb

Marita Ningtyas
2 Agustus 2022 17:36

Aku juga selalu pakai Canva nih buat segala macam kebutuhan desain. Dari bikin infografis blog sampai materi presentasi, Canva punya pokoke. Berkat Canva, orang yang nggak bisa desain juga bisa bikin desain kece wkwk.

Dan tentunya harus beli yang legal seperti apa yang dibagikan mbak Ella di artikel ya.

Maria tanjung Sari
Maria tanjung Sari
31 Juli 2022 18:58

Apa jadinya saya tanpa Canva. Apalagi buat konten utk kantor, saya selalu mengandalkan Canva. Rasanya udah seperti belahan jiwa

Maria G
20 Juli 2022 21:04

nulis di blog sejak 2010, eh dulu di kompasiana deng

dan hingga kini makin asyik nulis karena dibantu Canva

mulai header, gambar sampai infografis, jadi cantik berkat CanvaPro

J i n g g a
19 Juli 2022 06:12

Aku juga merasakan betapa mati gayanya aku kalau gak ada canva pro gituu, soalnya selama ini untuk gambar2 di blog juga pakai canva, selaluuuu!

Ursula Meta Rosarini
14 Juli 2022 11:47

Jadi ini ya rahasianya Ella kalau ngedesain gambar, keren banget, kayaknya penggunaannya juga ga rumit ya La, pengen coba juga lah

Happy Dyah
11 Juli 2022 20:23

Canva mmg asyik dan memudahkan. UtK blog,IG dan konten lainnya

Maria Tanjung Sari
7 Juli 2022 10:30

Alhamdulillah banget ya mbak, blogger punya tool Canva ini. Jadi mau buat infografis apapun gak bingung. Saya aja barusan buat kartu nama dari canva lho.

ellafitria
Balas ke  Maria Tanjung Sari
8 Juli 2022 13:59

iya, mbak. memang Canva memudahkan banget ya. Banyak bisanya, mau bikin infografis atau desain apa pun bisa 🙂

nurhilmiyah
nurhilmiyah
7 Juli 2022 06:29

Canva emang ngerti banget yang kita butuhkan ya, terutama para content creator, btw gak cm infografis, kolase foto, bikin logo juga ciamik dengan bantuan aplikasi desain di Canva ini yaa Mbak Ella.

ellafitria
Balas ke  nurhilmiyah
8 Juli 2022 14:04

bener mbak, kita bisa desain apapun dii camnva,, memudahkan bangett ya. apalagi kita sebagai blogger

Fadmala
6 Juli 2022 20:36

Pakai canva memang andalan banget unruk masalah desain.. Blog jadi lebih menarik ya mba.. Bikin infografis pun cukup mudah pakai canva

sandraartsense
sandraartsense
6 Juli 2022 18:44

Jadi ini rahasia mba Ella sering menang lomba blog hehhe btw aku bikin infografis dan konten di sosmed pake Canva juga loh

Lithaetr
6 Juli 2022 06:48

Mbak Ella, keren banget langsung melejit dengan jadi langganan juara blog. Wah, ternyata desain-desainnya juga memakai canva. Kayaknya diriku harus ngulik canva lebih dalam, nih.

ellafitria
Balas ke  Lithaetr
8 Juli 2022 14:07

wahh, makasih mbak,cobain deh canva pro secara gratis. banyak elemen yang bisa di utak atik biar jadi infografis yang menarik

Mutia Ramadhani
5 Juli 2022 23:31

Mbak Ella salah satu bloger yang kerap menghadirkan ilustrasi2 cantik. Saya pun terbantu sekali berkat Canva mbak. Makanya selalu langganan yang premium setiap tahun. Hehehe. Bikin infografis jauh lebih mudah. Kita bisa optimalkan tulisan, sebab waktu untuk bikin infografis jauh lebih singkat. Ya gak sih?

ellafitria
Balas ke  Mutia Ramadhani
8 Juli 2022 14:10

iya dong bener bangett. aku juga masih belajar bikin infografis nih mbak. emang canva pro membantu bangett untuk mendukung konten di blog dan medsos

Mei Daema
5 Juli 2022 22:12

saya jarang sekali menggunakan infografis kak, padahal itu bisa bikin blog kita menarik ya, wajib dicobain niy

ellafitria
Balas ke  Mei Daema
8 Juli 2022 14:13

iya kak, kalau ada info yang penting apalagi penjelasanya panjang lebih baik di buatkan infografis agar pembaca gak bosenn. cobain canva pro deh kak, biar bikin infografis lebih mudah

Allamandawi
5 Juli 2022 13:48

Keren sih emang pake canva. Btw tampilan blog.y keren mba, suka saya liatnya

ellafitria
Balas ke  Allamandawi
8 Juli 2022 14:15

hehehe, makasih mbak. iya nih kalau pake canva pro banyak bisanya, bisa bikin konten makin menarik.

Mugniar
3 Juli 2022 11:14

Saya tuh suka berkunjung ke sini karena gambar-gambar dan foto-fotonya keren, pastinya karena bikinnya pakai Canva ya. 🙂

ellafitria
Balas ke  Mugniar
8 Juli 2022 14:17

betul kak, aku seringnya bikin infografis dan desain grafis pake canva pro. jadi menarik ya hehehe

Atiqoh
3 Juli 2022 08:40

tos! Canva andalanku bangeeet deh hihi.. jadi lebih praktis ya bikin infografis yang menarik 🙂

Ririn Wandes Melalak Cantik
3 Juli 2022 07:40

Jaman sekarang memang mau berkarya makin mudah dengan beragam kemudahan yang ada di internet ya. Saya juga suka desain pakai canva sih, hasilnya makin menarik dan nambah artikel ramai dibaca juga.

ellafitria
Balas ke  Ririn Wandes Melalak Cantik
8 Juli 2022 14:24

iya mbak, emang sekarang ini kalau bisa memanfaatkan teknologi. pasti kita bisa berkembang. bener banget, kalau pake desain grafis blog kita makin banyak pembacanya yaa. soalnya jadi menarik kan?