Pelayanan USG Di RSIA Ummu Hani Purbalingga

oleh Ella Fitria

Butuh tenaga untuk mengumpulkan niat kembali USG. Ada rasa khawatir ketika hasil USG nggak sesuai harapan, ada rasa takut kalau kista kembali tumbuh. Tapi berkat dukungan orang-orang tersayang akhirnya kembali memberanikan diri datang ke dokter spesialis obgyn. Ada banyak Rumah Sakit di Banjarnegara, Purbalingga, maupun Purwokerto yang memiliki dokter spesialis obgyn berkompeten.

Aku memillih RSIA Ummu Hani Purbalingga, kenapa? Karena dulu saat kistaku tumbuh ditangani oleh dr. Adrian Rahmansyah, Sp. OG, nah salah satu tempat praktik dokter tersebut di RSIA Ummu Hani Purbalingga. Beliau dokter super ramah, yang selalu sabar menjelaskan hasil USG, selalu sumringah ketika kutanya banyak hal seputar kista. Selain itu, di RSIA Ummu Hani Purbalingga, pendaftaran pasien rawat jalan bisa melalui aplikasi SIMPONI UMMUHANI yang tersedia di playstore.

Tata Cara Pendaftaran Pasien Melalui Aplikasi RSIA Ummu Hani

Bahagia banget sih saat tahu RSIA Ummu Hani punya aplikasi untuk pendaftaran pasien rawat jalan, apalagi yang rumahnya jauh kaya aku, biasanya ngerepotin Mas sepupu untuk ngantri di pendaftaran dulu, soalnya memang pendaftaran pasien rawat jalan dibuka pukul 06.00-12.00 WIB, sedangkan mulai periksa dokter sekitar pukul 14.00 WIB tergantung jadwal praktik dokternya, ya kan nggak lucu mau USG harus stay dari pagi sampai sore bahkan malam. Ya kalau rumahnya dekat dengan rumah sakitnya sih nggak masalah, tapi kalau jauh kaya aku, apalagi beda kabupaten. Boyok pegal dong, ya!

Tapi sekarang Alhamdulillah udah lebih praktis, tinggal instal aplikasi SIMPONI UMMUHANI di playstore, kita nggak perlu menunggu berjam-jam di sana, tinggal isikan data diri diaplikasi, pilih mau periksa ke spesialis apa, mau ketemu dokter siapa, bisa langsung atur lewat aplikasi. Setelah mendaftar online, pasien akan mendapatkan bukti registrasi yang harus ditujukan kepada petugas saat datang ke RSIA.

Untuk pasien BPJS juga bisa mendaftar online lho, tapi khusus pasien yang sudah memiliki rujukan yang diinput secara online oleh Faskes Tingkat 1/pasien yang memiliki surat kontrol. Fitur aplikasi SIMPONI UMMUHANI ini cukup lengkap, mulai dari pendaftaran pasien baru, pasien lama, cek bukti pendaftaran, pembatalan pendaftaran, dan informasi layanan berisi jadwal dokter, informasi antrian, serta informasi ketersediaan kamar rawat inap. Nah, untuk ketentuan pendaftaran online dilakukan H-1 sebelum berobat sampai hari H pukul 05.00 WIB.

Baca juga : Pengalaman Menghadapi Kista Ovarium

Pelayanan USG di RSIA Ummu Hani Purbalingga

Pernah nggak sih kalian dijudesin sama mbak-mbak perawat? Aku pernah, aku pernah. Ya mungkin mbaknya lagi PMS atau habis diputusin pacarnya, wkwkwk. Belum lagi kalau ke Rumah Sakit kadang ada perawat atau pasien yang ngeliatin sinis karena masih single kok ke dokter kadungan. Plis ya, dokter kandungan bukan cuma untuk orang yang udah nikah atau orang hamil. Dan kebanyakan yang datang ke dokter kandungan adalah ibu-ibu hamil dengan muka sumringah yang ditemani suaminya. Lha aku apakabar? Huhuhu.. Eh kata Tuhan nggak papa. Janji Dia pasti kok.

Tapi alhamdulillah selama bolak balik ke RSIA Ummu Hani belum pernah dijudesin, mbak-mbak resepsionisnya malah ramah banget. Jadi setelah daftar online, kita tinggal konfirmasi ke respesionisnya, nanti barulah dikasih kertas nomor urut. Sebelum masuk ke ruang dokter, aku kudu menimbang berat badan dulu, ditensi dulu, ditanya-tanya keluhannya apa. Terus pesan mbaknya yang selalu kudengar “seperti biasa ya, Mbak. Sebelum USG banyakin minum air putih ya, kalau pengin pipis ditahan dulu sampai selesai USG”.

Pernah waktu itu udah pengin pipis banget, sedangkan 2 nomor lagi giliranku masuk ruang periksa dokter, ya ampun udah kaya sinetron aja, jalan mondar mandir nahan pipis. Ternyata diperhatiin sama mbak resepsionisnya, dikasih semangat malah, katanya mbak semangat mbak, tahan pipisnya, tahan! *Sambil mengepalkan tangan. Gimana nggak ngakak, kampret kan. Woiii tau nggak sih rasanya nahan pipis sambil ketawa? Duh ampun!

Akhirnya waktu yang ditunggu tiba, giliran nomor urutku dipanggil. Dengan merapal mantra aku melangkah menuju ruang dokter, meski bukan USG yang pertama, tapi deg-degannya sama sekali nggak berkurang. FYI, ini aku USG eksternal, jenis USG ini menggunakan alat bantu bernama probe yang ujungnya dilengkapi dengan sensor untuk menangkap gelombang suara dari permukaan kulit. USG eksternal dapat digunakan untuk memeriksa kelainan pada organ tubuh tertentu, seperti ginjal, hati, payudara, atau rahim, serta melihat bagian dalam leher dan sendi. Selain itu, USG eksternal juga biasanya digunakan untuk memantau kondisi janin saat kehamilan.

Setelah selesai USG, lotion dibersihkan menggunakan tisu. Ruang dokter makin terasa dingin saat menunggu penjelasan dari dokter. Senangnya kalau dr. Adrian menjelaskan hasil USG didukung dengan alat peraga uterus, ya aku mana paham kalau cuma dijelaskan dengan bahasa medis dan cuma diliatin kertas hasil USG, tapi kalau dijelaskan dengan alat peraga dan dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti kan bikin lega meski hasilnya nggak sesuai harapan, yakan? yakan? Beberapa kali aku sempat melirik selembar kertas hasil USGku yang terletak di meja, cuma bisa senyum-senyum. Takjub banget sama organ ciptaan Tuhan.

Padahal mah USG nggak sakit, nggak diapa-apain, tinggal rebahan, diolesin lotion dibagian perut, terus ditempelin alat doang, udah! Tapi nggak sedikit orang yang takut melakukan USG. Ya mungkin takutnya sama hasil yang nggak diharapkan. *ngomong sama diri sendiri
Yuk buat kalian, jangan takut kalau mau ke dokter kandungan, jangan pedulin orang lain ngomong apa. Yang penting sehat, yang penting tetap semangat. Kalian banyak temennya, kalian nggak sendirian. Sini lah aku kirim sun sayang :*
btw, kalau kamu udah pernah USG, share pengalamanmu dong…

RSIA Ummu Hani Purbalingga
Jl. Panjaitan No 40 A Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia 53311
Phone: (0281) 891373

Ella Fitria

You may also like

1 1 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Evi Erlinda
15 Mei 2019 07:43

Pelayanannya semakin praktis ya.
Rasanya kita yang emak-emak gak bisa jauh deh dari USG, buat deteksi dini.

Agus rusdi
15 Mei 2019 07:43

aku pernah usg mbak ella ya nggak ketemu ppenyakitnya semua organ dalam aku normal dokter bilang anda ini sehat sekali ternyata penyakitku di otak penyumbatan trombosit di sinus sagitalis alias stroke iskemik he he ngeri juga ingat waktu itu

Asnaji
15 Mei 2019 10:25

ya biasanya kalau emak emak kontrol USG nya untuk kandungan, baik untuk kesehatan janin atau untuk mengetahui jenis kelamin

kotanopan.com
15 Mei 2019 13:21

wuih,, bisa daftar pake aplikasi, praktis banget ya mbak

Uyo Yahya
15 Mei 2019 18:11

senang dengan kemajuan teknologi yang semakin merata ke semua bidang, termasuk kesehatan. semua jadi lebih praktis dan hemat waktu.

Djangkaru Bumi
15 Mei 2019 18:11

Nama aplikasinya agak unik ya.
Coba kalau seluruh rumah sakit punya aplikasi semisal itu, enak sekali ya. tidak perlu antri daftar yang menghabiskan tenaga dan waktu.

iidyanie
16 Mei 2019 00:51

Usg eksternal rasanya nyaman2 aja mba, nah usg transvaginal yg rasanya maknyus wkwk

ratutips.com
16 Mei 2019 04:15

wah keren banget ya udah adaaplikasi jadi memudahkan bagi para pasien untuk melakukan pendaftaran ya gaperlu antri2 lagi

Ikrom Zain
16 Mei 2019 04:15

wah enak banget mbak ada aplikasinya
aku pas USG buat GERD nunggu lama
ternyata malah harus endoskopi hiks
kalau gini jadi tinggal menyiapkan mental hehe

semoga tetap sehat ya mbak

Muhammad Candra Wijaya
16 Mei 2019 12:23

Tetap sehat dan selalu semangat hidup mba.

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:04

Evi Erlinda : yaps mbak, jd lebih praktis nggak perlu antre terlalu lama..

Asnaji : bener, Mas. Nggak yg bukan emak2 juga butuh banget untuk cek kesehatan

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:04

what? udah sembuh sekarang, Mas? sehat2 yaaa

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:05

iyaw, dokter tersabar kl aku nanya banyak hal.. ya ngesuk nek q kontrol tak sampaikan salamnya, Lik..

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:07

yap, aku pribadi merasa dimudahkan banget dengan adanya aplikasi pendaftaran online gini

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:08

aku juga, seneeeeng. nggak perlu antre kelamaan lagi, semua jadi mudah dan hemat waktu

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:09

iya mas, Simponi Ummuhani.. hehehe
aku juga bayangin semua RS punya aplikasi pendaftaran online. eh tapi beberapa RS di kabupaten Purbalingga dan Purwokerto udah mulai pada punya aplikasi semacam ini

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:11

selama ini kl aku USG selalu USG eksternal mbak, semoga nggak perlu USG transvaginal aku bayangin doang udah ngilu. wkwkwk

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:13

huumb mbak, udah lebih praktis kl mau check up

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:15

iya nih mas, lumayan menghemat waktu nggak perlu antre seharian.. aamiin, semoga masnya juga sehat selalu yaa

Ella Fitria
17 Mei 2019 01:15

Aamiin, selalu mas.. terima kasih yaa