Wujudkan Mimpi Traveling Ke Australia Bersama Cheria Holiday

oleh Ella Fitria
Wujudkan Mimpi ke Aussie

Orang cenderung merasa bahagia lebih lama saat “membeli” pengalaman ketimbang membeli barang. -Thomas Gilovich, profesor psikologi Cornell University

Semasa kuliah, seringkali aku melakukan perjalanan dengan alih-alih untuk melepas penat dan merefresh otak karena menumpuknya tugas kuliah. Ternyata dari perjalanan aku menemukan banyak hal, termasuk kebahagiaan. Ada rasa puas, senang, dan lebih bersyukur setelah mengajak tubuh, hati serta pikiran menjejaki tempat-tempat baru. Nyatanya hingga lulus kuliah dan bekerja, hobi travelingku masih menggebu. Wishlist tempat-tempat yang ingin ku kunjungi berderet rapih di papan kecil yang sengaja ku tempel di dinding kamar. Meski beberapa tempat sudah berhasil ku coret, namun masih banyak list destinasi yang belum ku kunjungi.
Papan kecil yang berisi harapan-harapan masa depan seolah menghipnotis tiap aku merasa jenuh dan bosan. Mulutku tidak berhenti merapal doa saat harapan-harapan itu terbaca jelas, apalagi ketika membaca tulisan “AUSSIE” diurutan teratas. Duh, aku langsung membayangkan destinasi wisata negeri Kanguru ini sembari stalking seputar Aussie demi menggenapi rasa penasaran dengan Negara Australia.

Fakta Unik Australia

Australia mendapat julukan the land of the down under karena letaknya di bagian paling selatan bumi. Australia merupakan pulau terbesar sekaligus benua terkecil di dunia, lho. Alasanku, kenapa ingin mengunjungi Australia bukan semata karena negara Australia memiliki empat musim yang urutannya berkebalikan dengan belahan bumi utara seperti Eropa dan Amerika Utara, melainkan juga karena penasaran dengan tata letak kota yang bersih dan nyaman. Selain itu fakta unik Australia ini adalah benua dengan gurun terbanyak. Dikutip dari laman Australian Geographic menyebut bahwa ada 10 gurun di Australia, yang secara total menutupi hampir seperlima dari benua tersebut. Di Australia terdapat pula kumpulan koral dan terumbu karang yang terdapat di lepas pantai Queensland di timur Australia. Karang ini membentang sepanjang 2.600 km dan mencakup luas total sekitar 348 ribu km persegi. Aku tuh lemah banget kalau udah bahas pantai dan seisinya. Seandainya memiliki kesempatan untuk keliling Negeri Kanguru ini bersama Cheria Holiday, ku ingin mengunjungi beberapa kota di Negara Australia.

Berikut Wishlist Destinasi Traveling Ke Negara Australia :

1. Berkeliling di Kota Sydney

Kota Sydney (Unsplash CC0)

Ketika mendengar kota Sydney, apa yang kalian pikirkan? Sydney ini merupakan kota terbesar di Negara Australia. Mendapat julukan sebagai “the Harbour City” (Kota Dermaga), makanya nggak heran jika kota Sydney menjadi sasaran wisatawan yang ingin menikmati perpaduan kota modern dengan pemandangan alam yang menyatu. Sydney merupakan salah satu kota paling multikultural di dunia, yang tercermin dari perannya sebagai kota tujuan utama bagi imigran ke Australia. Kalau ke Sydney, kira-kira mau kemana saja?

Opera House

Opera House (Unsplash CC0)

Setiap kali mendengar kota Sydney, yang pertama terlintas dipikiranku adalah Opera House. Yap! Opera House memang icon negara Australia. Gedung Opera Sydney termasuk salah satu bangunan abad ke-20 yang paling unik dan terkenal. Buatku, gedung ini memiliki daya tarik karena bentuknya yang seperti cangkang kerang berlapis. Apalagi terletak di Bennelong Point dekat Sydney Harbour Bridge. Melihat dari foto-foto Opera House dengan perpaduan cahaya pantulan air dan kerap kerlip gedung Opera House bikin mulut ini nggak berhenti merapal doa-doa baik supaya bisa sampai ke sana.

Selain karena bentuk gedung yang unik dan letaknya yang menyita perhatian wisatawan, Opera House juga digunakan sebagai tempat berbagai pertunjukkan teater, balet, dan seni lainnya. Fyi, gedung ini juga masuk kedalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2007, lho.

Mrs Macquarie Chair â€Œ

Opera House dan Jembatan Sydney Harbour dari Mrs Macquarie (Unsplash CC0)

Menikmati pemandangan Opera House dari Mrs Macquaries Chair memang pilihan yang tepat karena Mrs Macquaries Chair menghadap ke timur laut ke arah Fort Denison dan Laut Tasman. Mrs Macqaries Chair bentuknya seperti batu yang dipotong sedemikian rupa agar menjadi seperti kursi panjang. Konon, Mrs Macquarie adalah istri dari gubernur New South Wales pada tahun 1810-1821. Sang istri yang bernama Elizabeth suka duduk memandangi kapal yang lalu lalang di Pelabuhan Sydney. Ia juga suka berlama-lama duduk di sana karena senang dengan pemandangan di sekitarnya. Maka muncullah jalan Mrs Macquarie.

Mrs Macquarie Chair © Wikipedia

Semenanjung Mrs Macquarie berada di antara semenanjung timur Garden Island dan bagian barat Bennelong Point. Aku membayangakan, duduk di Mrs Macquaries Chair sembari menikmati landscape Opera House dan Sydney Harbour Bridge ditemani tiupan angin spoi. Duh, syahdu banget nggak sih?

The Rocks 

The Rocks (Unsplash CC0)

The Rocks merupakan peninggalan jaman kolonial Australia di tahun 1800 yang termasuk kawasan tertua di Sydney. Di kawasan ini wisatawan bisa menyaksikan sejarah kota Sydney. Bangunan-bangunannya pun sangat kuno dan berbanding terbalik dengan Kota Sydney. The Rock berada di sepanjang jalan bersejarah di bawah bayangan Jembatan Sydney Harbour. Ada pula Rocks Market yang bisa dikunjungi wisatawan untuk sekedar membeli makanan dan cendramata handmade. Selain itu, kawasan ini juga memiliki beberapa restoran kelas atas yang menawarkan pemandangan pelabuhan.

2. Menikmati Moreton Island

Sunset dari Moreton Island (500px)

Aku selalu takjub dengan semburat cahaya matahari yang perlahan memudar, menikmati senja di sepanjang pulau berpasir terbesar di Australia merupakan salah satu alasan kenapa ingin mengunjungi Australia. Pulau Moreton adalah salah satu pulau berpasir terbesar di Australia. Pulau ini memiliki beberapa pantai terbaik dan paling tersembunyi di Queensland. Terletak 60 km di timur laut Brisbane, Queensland, pulau ini hampir 100% berupa taman nasional.

Tangalooma Ship Wreck (500px)

Di Moreton Island ada salah satu pantai unik bernama Tangalooma Island Resort. Merupakan sebuah resor di sisi barat Pulau Moreton di Queensland, Australia. Terletak di pantai timur Teluk Moreton dan terkenal dengan akomodasi resort. Di sana kita bisa melakukan aktivitas out door seperti memberi makan lumba-lumba, berselancar di bukit pasir, bermain pasir putih, dan diving. Tangalooma adalah kata pertama yang berarti “tempat ikan berkumpul”.

Tangalooma Ship Wreck (500px)
Hal yang tak kalah menarik di Tangalooma Island Resort yaitu Tangalooma Wrecks. Tangalooma Wrecks adalah sekelompok kapal yang sengaja ditenggelamkan oleh Pemerintah Queensland antara tahun 1963 dan 1984. Total ada 15 kapal yang ditenggelamkan yang sekarang menjadi habitat lebih dari 100 spesies ikan yang berlindung di bangkai kapal yang ditumbuhi terumbu karang.

3. Nostalgia di Movie World

Movie World Warner Brothers (500px)

Mengunjungi Negara Australia kurang afdol kalau nggak ke Movie World. Yap! Movie World adalah taman hiburan studio film di Gold Coast, Queensland, Australia. Saat ini Movie World merupakan satu-satunya taman terkait film di Australia, dan yang tertua dari tiga taman tema film Warner Brothers di seluruh dunia.

Roller Coaster di Movie World (500px)

Movie World menawarkan berbagai wahana bertema film dan atraksi mulai dari simulator gerak hingga roller coaster dengan kecepatan mencapai 100 km/jam. Selain itu, di Movie World wisatawan akan diajak nostalgia dengan menyaksikan karakter terkenal seperti Scooby-Doo, Batman, Superman, Green Lantern, Wonder Woman, Austin Powers, Marilyn Monroe, Shaggy, dan Looney Tunes.

4. Menyusuri Kota Melbourne dengan Keindahan Arsitektur Modern

Kota Melbourne (Unsplash CC0)

Melbourne, sebuah kota yang dikenal memiliki percampuran arsitektur modern dengan bangunan-bangunan abad ke-19 dan awal abad ke-20. Terdapat bangunan dengan asritektur Royal Exhibition Building (terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia) yang dibangun selama dua tahun menjelang Melbourne International Exhibition. Di kota ini juga terdapat Shrine of Remembrance, tugu untuk mengenang warga Victoria yang bertempur pada Perang Dunia I dan sekarang dipersembahkan untuk seluruh warga Australia yang terlibat dalam perang tersebut. Selama tujuh tahun berturut-turut (2011 sampai 2017), kota ini memuncaki survei kota ternyaman di dunia versi The Economist Intelligence Unit berkat kekayaan budayanya. Gimana nggak pengin ke Melbourne coba?

National Gallery of Victoria (500px)

Nah, di sana juga terdapat National Gallery of Victoria merupakan museum seni umum tertua dan terbesar di Australia dan museum yang paling sering dikunjungi di belahan bumi selatan. Di kota ini juga terdapat Australian Centre for Contemporary Art. Melbourne diakui sebagai salah satu pusat seni jalanan terbesar di dunia.

5. Wisata Pantai di Gold Coast

Gold Coast Sunrise (Unsplash CC0)

Gold Coast merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal di Australia. Gold Coast adalah wisata pantai dengan berbagai keelokannya. Terdapat pantai indah di Gold Coast yakni Surfer Paradise, ada juga hutan pencakar langit di sepanjang pantai hingga pedalaman zamrud. Selain wisata pantai, di Gold Coast juga terdapat restoran dan pedalaman yang rimbun sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. Untuk kamu yang suka dengan wisata adrenaline bisa mencoba menaiki puncak Q1 Resort Bulding, skydive di atas pantai, atau belajar selancar. Atau jika kamu menyukai wisata yang lebih santai, kamu bisa mencoba sensasi bersantai di tepi kolam. Udahlah, makin ngiler pengin segera terwujud jalan-jalan ke Australia.

Gold Coast dan Gedung Pencakar Langit Sepanjang Pantai (Unsplash CC0)

Bersama Cheria Holiday Wujudkan Traveling Lebih Menyenangkan

Cheria Halal Holiday

Cheria Holiday merupakan agen travel yang memenuhi kebutuhan umat muslim saat melakukan perjalanan, baik wisata dalam negeri maupun luar negeri. Dengan tagline Wisata Halal, Cheria Holiday menjadi trobosan baru yang memudahkan umat muslim khususnya untuk wisata tanpa meninggalkan kewajibannya. Halal bukan berarti wisata khusus untuk temen-teman muslim saja, namun halal disini artinya makanan dan jadwal salat (ibadah) kita akan terjamin. Destinasi wisata yang ditawarkan pun beragam, bukan hanya yang bersifat religius seperti masjid atau ziarah makam, tetapi destinasi tujuan wisatanya mencakup seluruh dunia termasuk Wisata ke Australia.

Cheria Holiday berdiri sejak tahun 2012, menyediakan tiket, hotel, visa dan kebutuhan perjalanan lainnya baik untuk kebutuhan personal, corporate maupun grup. Dalam paket tur wisata muslim Cheria Holiday menyediakan Paket FIT (Free Independent Travelers) yang memungkinkan pelanggan dapat bepergian dengan minimum 2 peserta saja dan pelanggan dapat tentukan waktunya sendiri.

Berikut adalah beberapa paket tur internasional yang ditawarkan oleh Cheria Holiday, diantaranya :
  1. Wisata China (By Request)
  2. Wisata Korea (FIT : Available)
  3. Wisata Jepang (By Request)
  4. Wisata Thailand (FIT : Available)
  5. Wisata Australia (FIT : Available)
  6. Wisata Vietnam (FIT : Available)
  7. Wisata Turki (FIT : Available)
  8. Wisata Eropa (FIT : Available)
  9. Wisata Palestina (By Request)
  10. Wisata Malaysia / Singapore (FIT : Available)
  11. Wisata Amerika (FIT : Available)
  12. Wisata Timur Tengah Wisata Cruise Eropa (FIT : Available)

Kenapa Cheria Holiday?

Memilih agen travel memang nggak mudah, meski banyak agen travel yang menawarkan berbagai paket dengan harga murah tetapi nggak sedikit agen tur travel yang nggak amanah. Makanya untuk menentukan agen travel kita harus benar-benar jeli supaya nggak mudah tergiur dan tertipu. Sebelum memutuskan memilih agen travel ada baiknya mengumpulkan informasi terkait dengan agen travel tersebut, mulai dari testimoni pelanggan hingga kredibilitasnya dalam melayani pelanggan. Nggak mau kan niat liburan biar bahagia malah berujung kecewa karena memilih agen tur travel abal-abal?
Cheria Holiday menjadi solusi untuk teman-teman yang ingin traveling tanpa ribet dan praktis, karena Cheria Holiday bisa melayani traveling dengan menyesuaikan itenerary dan akomodasi perjalanan sesuai dengan budget kita. Selain itu, traveling bersama Cheria Holiday terjamin halal (makanan dan minuman), pun nggak akan lupa waktu salat (beribadah) sehingga membuat perjalanan makin menyenangkan, aman, dan nyaman.

Itinerary Traveling Ke Australia Bersama Cheria Holiday

Cheria Holiday menawarkan beberapa paket itinerary Wisata Ke Australia, diantaranya ada paket 8D7N. Berikut rinciannya :

Itinerary Traveling ke Aussie bersama Cheria Holiday
Hari pertama, peserta tur berkumpul di titik yang sudah ditentukan untuk berangkat ke Sydney dan bermalam di pesawat.
Hari kedua, peserta akan diajak berkeliling kota Sydney untuk melihat pemandangan Kota Sdyney dengan naik Captain Cook Cruise kemudian makan malam di kapal di Ferry.
Hari ketiga, peserta akan menuju Brisbane dan melanjutkan perjalanan ke pulau Moreton dengan menggunakan kapal ferry kurang lebih 75 menit dari pelabuhan Holf St Wharf, lalu melanjutkan tour Dessert Safari Tour With Sand Tobogganing. Aktivitas yang bisa dilakukan disini adalah bermain seluncur di atas pasir dan juga Wild Dolphin Feeding Program.
Hari keempat, menuju Tangalooma. Peserta akan mengunjungi Dreamworld Theme Park yang bertemakan Dreamworks Entertainment, lengkap dengan kebun binatang yang terletak di dalamnya. Kerennya di Queensland peserta bisa berfoto berpelukan dengan koala, binatang khas Australia. Kemudian akan makan malam di Hard Rock Cafe Gold Coast.
Hari kelima, destinasi selanjutnya menuju Movie World By Fire4hire One Way Theme Park Transfer. Setibanya di Movie World peserta bisa menikmati berbagai wahana permainan dan pertunjukan yang menarik bertemakan film seperti Hollywood Stunt Driver, Street stars parade. Peserta bisa melihat tokoh-tokoh/action figure dalam film berjalan seperti Loneey Tunes, Batman, Superman, The Flazz 4D dll.
Hari keenam, terbang menuju Melbourne. Di sana peserta akan diajak untuk berkeliling kota Melbourne dan mengunjungi Fitzroy Garden atau Taman Fitzroy yaitu taman lanskap era victoria yang terdapat sebuah danau hias dan pohon bekas luka, Shrine Of Remembrance, St Patrick’s Cathedral. Lalu berkunjung ke Queen Victoria Market yaitu pasar tradisional yang paling terkenal di Melbourne.
Hari ketujuh, Melbourne – Free Time. Nah, dihari ke tujuh ini peserta memiliki waktu bebas untuk menikmati kota Melbourne dengan menggunakan fasilitas trem gratis. Selain itu, peserta juga akan diajak ke Philip Island, untuk menyaksikan parade pinguin. Peserta akan melihat sisi lain Melbourne dengan naik kereta uap Puffing Billy. Kereta uap yang sudah berusia lebih dari satu abad ini akan membawa peserta berkeliling sejauh 25 kilometer.
Hari kedelapan, sayonara mari pulang. Ughh, seru banget kan itinerary ke Australia bersama Cheria Holiday? Makin semangat nabung buat menggenapi keinginan ke sana.

Keunggulan Agen Travel Cheria Holiday

Menurutku, ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Cheria Holiday dibanding dengan agen travel lainnya, apa saja keuntungannya? Simak, yuk!

Keunggulan Cheria Holiday

Fasilitas Lengkap

Nggak jarang hampir semua agen travel berlomba-lomba memberi fasilitas selengkap mungkin, namun terkadang fasilitas yang dijanjikan nggak sesuai harapan. Makanya sangat penting berhati-hati untuk memilih agen travel. Nah, Cheria Holiday menawarkan fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari akomodasi hotel 3*/4*, makan pagi, siang dan malam sesuai dengan acara perjalanan (Muslim Frendly Meals), Tour Leader, Domestik Flight, International Flight. Untuk yang nggak mau ribet juga tersedia pelayanan tambahan seperti mengurus dokumen perjalanan (passport, visa) dan travel insurance. Kerennya, Cheria Holiday memiliki aplikasi berbasis android yang bisa teman-teman download melalui playstore. Aplikasi ini memudahkan kita untuk melihat paket-paket yang ditawarkan oleh Cheria Holiday. Nih ku kasih sedikit tutorial menggunakan aplikasi Cheria Holiday, ya.

Memiliki Legalitas

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat memilih agen travel adalah legalitas yang jelas. Cheria Holiday sudah memiliki memiliki lisensi TDP 36/2014 Tanggal 7 Januari 2013 Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Member International Air Transport Association (IATA) dengan Nomor 15314132, dan Agen Barokah Madinah Tour & Travel izin resmi dari Kementerian Agama Republik Indonesia pada tanggal 20 Juli 2016 dengan nomor 368 tahun 2016.

Komitmen Dengan Menu Halal

Makanan dan minuman ketika traveling memang wajib diperhatikan, apalagi jika kita traveling ke negara minoritas muslim. Untuk mencari menu halal tentunya agak susah, tapi Cheria Holiday berkomitmen untuk memberikan pelayanan dengan menu makanan yang terjamin kehalalannya sekalipun traveling ke Australia. Kita nggak perlu lagi ribet dan pusing untuk mencari makanan halal. Dan yang paling penting, ibadah kita nggak ditinggalkan meski sedang traveling di Australia.

Pilihan Destinasi Lengkap

Seperti yang aku bilang di atas, meskipun tagline Wisata Halal melekat di Cheria Holiday namun destinasi pilihannya nggak sebatas hanya mengunjungi destinasi religus. Cheria Holiday menyediakan paket tur yang sangat lengkap, baik lokal maupun internasional seperti paket wisata ke Australia.

Itinerary Dapat Diatur Sesuai Keinginan

Kamu pengin traveling tapi budget pas-pasan? Atau pengin traveling ke suatu tempat namun itinerary yang ditawarkan nggak sesuai keinginan? Oh tenang saja, Cheria Holiday bisa menyesuaikan budget kita lho. Pun menyesuaikan akomodasi selama perjalanan dan itinerary sesuai keinginan kita.

Beberapa Testimoni Pelanggan Tentang Cheria Holiday

Seperti yang aku bilang tadi, untuk memilih agen travel terpercaya bisa dengan mengumpulkan informasi mengenai testimoni pelanggan yang memakai jasa agen travel tersebut. Nah pas aku iseng buka chanel youtube Cheria Holiday ternyata banyak sekali testimoni positif dari pelanggan, mulai dari pelayanan yang diberikan, harga paket yang ditawarkan, hingga fasilitas yang didapatkan. Duh kalau kaya gini makin pengin nyobain ke Australia bareng Cheria Holiday kan ya. Huhu

Traveling Aman, Nyaman, dan Terjamin Kehalalannya

Kalau teman-teman ingin konsultasi seputar paket wisata Cheria Holiday, bisa langsung menghubungi Travel Consultant Cheria Holiday via Whatsapp 0878-8521-7393. Kemarin kujuga sempat menghubungi untuk menanyakan paket yang ada di aplikasi Cheria Holiday, customer servicenya ramah banget, sabar menjawab semua pertanyaanku. So, nggak usah ragu untuk menggunakan agen travel Cheria Holiday. Kalian juga bisa kepoin di akun Instagram Cheria Holiday, Twitter Cheria Holiday,  Youtube  Cheria Holiday, dan Facebook Page Cheria Holiday.

Meski aku terlahir di sebuah desa yang jauh dari kabupaten, nggak ada salahnya kan memimpikan traveling ke Australia ini. Aku yakin, walaupun tempat tinggalku jauh dari kota tetapi Tuhan selalu membuka lebar pintu rejeki melalui huruf demi huruf yang ku ketik ini. Jadi, buat teman-teman yang minder atau iri dengan orang yang bisa mudah kemana-mana karena jarak tempat tinggal dan pusat kota berdekatan, buang semua rasa minder dan iri. Ayo buktikan walaupun tinggal di tempat yang jauh dari pusat kota nggak akan menjadikan rejeki kita tertukar. Doakan yaa, semoga aku bisa mencoret Negara Australia di papan kecilku, semoga juga bisa segera ke Australia bersama Cheria Holiday untuk menggenapi mimpi-mimpi. Aamiin-in yang kencangggg.. Aamiin

Alamat Cheria Holiday

Gedung Twink Lt. 2, Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790.
Telepon : 021 – 7900 201 / 021-700 216 (Hunting)
Fax : 021-7918 2408
Email : [email protected]
Web: www.cheria-travel.com

Referensi bacaan :

  1. https://www.cheria-travel.com/2019/09/wisata-halal-australia.html?m=1
  2. https://www.cheria-travel.com/p/company-profile-pt-cheria.html?m=1
  3. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Australia
  4. https://www.idntimes.com/travel/destination/peter-eduard/fakta-menakjubkan-australia-c1c2/full
  5. https://www.australia.com/id-id/places/gold-coast-and-surrounds.html

Infografis : Ella Fitria
Foto : 500px & Unsplash
Video : Ella Fitria & Cheria Holiday

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Devina mutia azzahra
28 November 2019 22:05

Jadi kepingin juga ya mbak jalan2 apalagi sampai australia, semoga keinginannya bisa terwujud aamiin

Kang Nata
29 November 2019 04:44

Mau dong traveling ke Australia. Biar bisa foto – foto dengan sahabat saya " Kang Guru " . hahahay…

Riza Alhusna
29 November 2019 08:47

Saya pernah apply visa australia di reject. Katanya gw berpotensi jadi imigran gelap. Mungkin muka gw kaya TKI ilegal kali, wkwkwkwk

Evi Erlinda
30 November 2019 00:04

Waddoh, jauh banget. Saya nyampe Indonesia aja deh. Tanah tumpah darah 🙂

Btw, it's a nice review. I appreciate it.

Nurul Mutiara R.A
30 November 2019 06:27

Kalau ngomongin itinerary dengan Cheria Holiday, lumayan bagus ya. Hal utama bagiku tuh soal makanan halal kak. Well, kalau udah ada jaminannya gini kan asyik tuh. Gak khawatir lagi 😀

Heri Heryanto
30 November 2019 06:59

Sidney, kota wajib pelancong kalo pergi ke australi.
Enak nih kalo mampinya sampai keturutan.
Semoga bisa sampai australi dan aussie ya kak..

Ikrom Zain
30 November 2019 08:49

temanku ada yg kerja di Melbourne
pantainya bagus bagus emang mbak

semoga kesampaian ya mbak…

afrizal ramadhan
30 November 2019 15:20

Insyallah bulan july saya berangkat kesana mbak. Doa saya di malam hari. bismillah

Bang Day
30 November 2019 21:36

Coba daftar short course Australia Awards Indonesia (AAI) mba. Banyak tema kursus ke Australia. Lumayan tuh bisa jalan2 gratis 2 minggu ke ausie

Bang Day
30 November 2019 21:36

Keren mas Afrizal

Lantana Magenta Hermosa
30 November 2019 21:36

Jadi pengen ikutan ni, biar juga bisa bareng foto ama sahabatnya Kang Nata..

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:34

Aamiin, terima kasih doa baiknya mbak

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:35

Yah ku kira mau foto sama aku, malah sama kang guru. Wkwkwk

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:35

Coba omnya Kennan ngaca dulu, coba. Wkwkwk

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:36

Indonesia juga dong, luar negeri maunya juga iya. Eheheh
Terima kasi mbak Evi

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:37

Bagus bangeeet, lengkaaaap wlpun cm 8 hari.. Yap bener, kl traveling ke negara minoritas muslim agak susah cari maknan halal ya kan? Tp kl traveling kemanapun sam cheria holiday nggak usah khawatir soal makanan dan waktu salat. eheeh

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:46

Aamiin mas, terima kasih doa baiknya yaaa

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:46

Nggakpapa berandai2 mas, siapa tahu besok lusa tuhan ngasih jalannya.. Sok bijak bgt ini, wqwq

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:48

Aamiin mas Ikrom, terima kasih doa baiknyaa

Ella Fitria
1 Desember 2019 03:49

Mas Afrizal lg nglawak atau serius nih? Apapun itu semoga beneran ya, wkwkwk

Bang day, keren kaya bang Day