Berani Jadi Diri Sendiri dengan ASUS VivoBook S14 S433

oleh Ella Fitria

“Nduk, mbok cari kampus yang ada jurusan pendidikan saja. Bapak ingin kamu jadi guru.”

Ucapnya ketika aku sedang melihat beberapa kampus di layar laptop.

Kalimat itu terus terngiang di pikiranku. Berprofesi sebagai seorang guru adalah hal yang nggak pernah aku pikirkan, sama sekali. Aku sempat memberontak, nekat mengambil jurusan Ekonomi di salah satu kampus swasta di Bekasi, namun sayangnya hanya bertahan selama dua semester karena kondisi kesehatanku yang terus menurun. Selang beberapa bulan setelah memutuskan keluar dari kampus, Bapak kembali mengutarakan keinginannya dan memberikan rekomendasi kampus-kampus di Purwokerto. Aku nggak punya pilihan selain menuruti kemauan Bapak, apalagi saat beliau berkata:

“Sekarang giliran kamu nurut Bapak ya, Nduk…”

Jujur, di satu sisi sebagai anak, aku ingin menuruti kemauan Bapak. Tapi di sisi lain aku juga ingin menjadi diri sendiri, berkarya dengan passion yang ku miliki, bekerja dengan sepenuh hati. Namun, apa yang bisa kuperbuat selain menuruti permintaan Bapak? Bismillah, meski berat tapi mungkin sudah saatnya giliranku mengikuti kemauannya. Ikhlas? Susah lah! Bahagia? Nggak! Nyaman? Apalagi nyaman? Saat itu aku hanya meyakini ada janji Tuhan di masa depan.

Masuk semester 5, perlahan aku mulai bisa menaklukkan diri untuk menjadi diri sendiri. Mencoba belajar sekuat dan semampuku untuk menerima dengan penerimaan terbaik, memahami kemauan Bapak dengan pemahaman sebaik mungkin, hingga akhirnya pelan-pelan aku mampu mengikhlaskan mimpi-mimpiku, mencoba berdamai dengan keadaan, memeluk erat keputusan yang kubuat. Berat? Iya! Tapi nyatanya aku bisa!

Kamu, Sudah Siapkah Menjadi Diri Sendiri?

Menjadi diri sendiri bukanlah hal sulit, menjadi diri sendiri bisa dimulai dengan melakukan hal sederhana. Meski dimulai dari hal kecil, percayalah… Suatu saat akan membuahkan hasil jika kita terus berusaha menjadi lebih baik. Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendorong kita supaya berani dan percaya menjadi diri sendiri;

Hal yang Mendorong untuk Berani Jadi Diri Sendiri

Menerima Diri Sendiri Apa Adanya

Yap! Buatku hal pertama yang harus dilakukan supaya berani menjadi diri sendiri adalah dengan menerima diri kita se-apa adanya mungkin. Terima, ikhlas, peluk erat apapun yang Tuhan titipkan. Memang awalnya susah, aku pun merasakan demikian. Apalagi mau nggak mau, harus menerima keinginan Bapak untuk menjadi guru, padahal sama sekali aku nggak menginginkannya, tapi dengan belajar pelan-pelan untuk menerima keadaan, kondisi, situasi, serta diri sendiri semua terasa ringan.

Menerima diri sendiri berarti kita nggak perlu susah payah untuk ‘menjadi’ orang lain, apalagi membandingkan dengan orang lain yang lebih sukses, kaya, cantik, ganteng, beruntung, dll. Nggak perlu! Yang kita perlukan adalah berdamai dan mensyukuri titipan Tuhan dengan melakukan hal terbaik, karena sejatinya menerima diri sendiri bukan berarti menyerah, tetapi lebih mengenali diri dan membangkitkan potensi.

Lakukan Mindfulness Meditation 

Mungkin terdengar aneh ya? Apa hubungannya Mindfulness Meditation dengan berani menjadi diri sendiri? Buatku hal ini sangat berkaitan, karena pada 2017 silam aku mengalami kecelakaan hebat dengan luka benturan di kepala yang mengakibatkan gegar otak ringan. Meski gegar otak ringan, aku sempat depresi, stres, sampai frustasi. Jika kondisi batin kita kurang sehat, apakah kita mampu menjadi diri sendiri? Jawabannya tentu tidak, kan? Nah, Mindfulness atau kesadaran penuh adalah keadaan pikiran yang berfokus pada pengenalan tentang penerimaan tanpa melalui penilaian. Dengan melakukan Mindfulness kita dapat belajar untuk menerima dan mengenali pikiran, emosi, dan perasaan kita.

Lakukan Hal yang Disukai dan Asah Skill 

Selain harus belajar menerima diri sendiri, hal lain yang dibutuhkan untuk berani menjadi diri sendiri adalah terus mengasah skill yang kita miliki. Gali potensi dan passion yang ada dalam diri kita, lalu jangan takut mencoba hal baru untuk menemukan potensi. Sama halnya saat aku mencoba membuat blog ini, dulu boro-boro paham tools blogger apalagi teknik copywriting, sama sekali aku nggak ngerti. Tapi lambat laun, karena tertarik dan merasa nyaman ketika menulis, aku berusaha untuk belajar apapun yang berkaitan dengan dunia blogging.

Menjadi Blogger adalah Caraku Menyeimbangkan Hidup

Bukan tanpa sebab aku mampu mendobrak diriku, selain karena perhatian keluarga dan teman-teman, saat itu rupanya Tuhan menepati janji-Nya dengan membawaku masuk ke dunia blogging. Melalui blog ini, langkahku dimudahkan untuk keliling kota, dipertemukan dengan berbagai brand untuk me-review produk-produknya, dan mendapat beberapa penghargaan melalui blog competition. Di titik ini aku merasakan pelukan Tuhan yang begitu dahsyat saat aku berani menjadi diri sendiri. Tuhan memberiku jalan untuk meraih satu persatu mimpi-mimpi yang pernah ku kubur dalam-dalam. Bahkan bisa dikatakan, saat ini Tuhan mengucurkan rezeki untukku melalui blog ini.

Nggak terasa tahun ini merupakan tahun ke empat menjadi seorang guru honorer di sekolah swasta, bersyukur sekali bisa mewujudkan mimpi Bapak untuk mengabdi kepada sesama sekaligus bisa menjadi diri sendiri dengan menjalani profesi sebagai blogger. Dua hal yang sangat berbeda, nyatanya bisa kujalani dengan segenap rasa. Mengajar menjadi tanggung jawabku, sementara menjadi blogger adalah caraku untuk menyeimbangkan hidup.

Caraku Menyeimbangkan Hidup dengan Menjadi Seorang Blogger

Aku menyadari, untuk menjadi seorang blogger yang memiliki segudang pencapaian nggak bisa ditempuh dengan cara yang instan. Ada berbagai hal yang harus dimiliki oleh seorang blogger termasuk skill copywriting serta perangkat yang mendukung untuk menghasilkan sebuah karya. Aku sangat merasakan pentingnya teknologi dan laptop yang mumpuni untuk mencoba hal baru. Buatku teknologi dan laptop yang mumpuni sangat menunjangku dalam berproses menjadi diri sendiri. Tanpa laptop, aku nggak akan bisa mengejar mimpi-mimpiku. Meski sebagian orang bisa mengandalkan smartphone untuk ngeblog, jujur aku kurang nyaman jika hanya mengandalkan smartphone saja karena selain harus menulis, aku pun harus mengolah foto, video, dan desain grafis. Nggak heran jika aku membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang mumpuni supaya bisa mewujudkan mimpi-mimpi menjadi diri sendiri yang makin hari makin produktif dalam menjalani aktivitas sebagai guru honorer dan blogger.

Kriteria Laptop untuk Menunjang Profesi Seorang Blogger

Tentunya kebutuhan dan kriteria laptop untuk setiap orang berbeda karena tiap orang mempunyai ciri khas dan karakteristik masing-masing. Maka nggak bisa dipungkiri, jika sebuah laptop memang dituntut untuk menunjang kebutuhan seseorang dan dapat mewakili karakteristik pemiliknya. Nah, berikut ini kriteria laptop yang kubutuhkan untuk mewujudkan “Dare to be You”.

Kriteria Laptop untuk Menunjang Profesi Blogger

Multitasking Tinggi adalah Sebuah Kebutuhan

Blogger doang ngapain mencari laptop dengan RAM besar? Buatku, punya laptop dengan RAM 8GB sangat cocok dengan kebutuhanku saat ini. Apalagi aku sering me-render video, membuka berbagai program dalam waktu bersamaan seperti membuka Adobe Illustrator, Photoshop, Chrome, Spotify, After Effect, dll. Memang kalau sekadar untuk menulis di Microsoft Word doang nggak akan terasa perbedaan antara RAM 4 GB atau 8 GB. Tetapi untuk membuka banyak program di waktu bersamaan (multitasking) RAM 8 GB tentunya akan lebih nyaman.

Laptop dengan SSD (Solid State Drive)

Sungguh, laptop yang memiliki SSD terasa makin powerfull dibandingkan dengan laptop tanpa SSD. Rasanya mau marah kalau sedang dikejar deadline tapi laptop malah nggak bisa diajak kerja cepat. Dulu sebelum aku menambah SSD di caddy bay, aku mengandalkan hard disk eksternal untuk menyimpan file-file foto dan video. Kebayang betapa ribetnya kan? Apalagi aku sering bepergian, mau nggak membawa laptop tapi butuh, giliran membawa laptop tapi sama saja bohong karena kapasitas penyimpanannya kecil. Semenjak laptopku ditambah SSD dan dijadikan drive utama, lumayan banget membantu mobilitasku. Rasanya makin praktis kalau bepergian tanpa harus membawa hard disk eksternal lagi dan tentunya kinerja laptop semakin meningkat.

Layar IPS (In-Plane Switching) & GPU (Graphic Processing Unit)

Btw, aku punya laptop yang masih menggunakan layar TN, makin kesini rasanya makin merasakan kekurangan layar TN karena kalau lagi asyik men-design atau menonton film, mau nggak mau harus menghadap layar laptop tepat di depannya, kalau kursiku geser sedikit saja layar laptopku terlihat kurang jelas. Berbeda ketika menggunakan layar laptop IPS, mau dilihat dari sisi kanan-kiri-atas-bawah tetap terlihat jelas, pun ketajaman warna dan pilihan kontrasnya sangat mendukung untuk mendesain infografis demi menunjang konten-konten di blog supaya makin eye catching.

Berbicara soal desian, selain membutuhkan layar IPS, aku juga membutuhkan laptop yang terpasang GPU (Graphic Processing Unit). GPU ini sangat membantu kinerja CPU untuk mempercepat proses render infografis, foto atau video yang kubuat. Memiliki laptop dengan GPU (Graphic Processing Unit) adalah sebuah keharusan supaya makin produktif dalam berkarya.

Baterai Tahan Lama

Siapa sih yang nggak mendambakan laptop dengan baterai yang tahan lama? Apalagi untuk seorang blogger yang kerjanya dari satu tempat ke tempat lain, butuh banget laptop yang baterainya awet dong. Rasanya aneh saja ya, kalau sedang menghadiri event, kita malah ribut sendiri dengan balutan rol kabel yang panjang demi bisa charging laptop kesayangan. Tapi kalau punya laptop dengan baterai yang tahan lama nggak bakal ada drama-drama rebutan stop kontak lagi. Hihihi

Keyboard Nyaman

Aku yakin nggak cuma blogger yang membutuhkan laptop dengan keyboard yang nyaman untuk mengetik. Dari dulu ingin banget punya laptop yang keyboard-nya backlite, jadi meskipun di dalam ruangan gelap kita masih bisa produktif dalam menulis artikel karena keyboard-nya bisa menyala. Pun ingin banget punya laptop yang keyboard-nya nggak berisik saat digunakan untuk mengetik, kadang nggak enak kalau sedang rapat sambil menulis hasil rapat tapi keyboard bunyi cetak-cetuk.

Desain Stylish

Dari semua poin di atas, point ke enam juga nggak boleh ketinggalan dong. Apalagi sebagai blogger yang sering bertemu dengan banyak orang, maka nggak heran aku pun membutuhkan laptop yang stylish, slim, ringan, dan yang ‘aku’ banget supaya mendukung penampilan dan meningkatkan mood ketika sedang menghasilkan karya.

***

Laptop ASUS X455L yang biasa kugunakan bisa dibilang sudah cukup tua mengingat laptop ini keluaran tahun 2005 dengan spesifikasi yang lumayan lah saat itu. Maklumlah saat memutuskan membeli laptop ini hanya mempertimbangkan harga dan kebutuhan untuk mengerjakan data-data. Makin ke sini makin sadar bahwa kebutuhan laptopku sudah semestinya di upgrade dengan spesifikasi yang lebih tinggi biar makin produktif dalam berkarya. Saking cintanya dengan laptop ASUS, ku upgrade dengan menambah SSD tambahan supaya laptop ini bisa mengimbangiku. Bersyukur banget selama menggunakan laptop ASUS nggak pernah rewel, benar-benar awetnya jempolan banget deh.

Mendobrak Diri Sendiri demi Sebuah Mimpi dengan Asus VivoBook S14 S433

Begitu tahu ASUS mengeluarkan produk barunya tipe VivoBook yang trendy, aku makin speechless dong. Ternyata jatuh cinta pada pandangan pertama benar adanya, bukan hanya ada di sinetron ataupun dongeng belaka. Melihat desain ASUS VivoBook S14 S433 yang terlihat menonjol, trendy dan elegan rasanya dadaku berdebar, mengingatkan perjalananku menuruti kemauan Bapak sekaligus berani belajar menjadi diri sendiri adalah sebuah pencapaian luar biasa dalam hidupku. Fyi, ASUS VivoBook S14 S433 hadir dengan prosesor terbaru Intel Core Generasi 10. Makin ngiler nggak tuh?

Mendobrak Diri Sendiri Demi Sebuah Mimpi

Desain laptop ini mengusung tema “Dare to be You” yang seolah membuat jiwa muda makin semangat untuk berani menjadi diri sendiri. Memang ya, laptop ini dihadirkan khusus untuk generasi Z demi mendukung produktivitas dalam berkarya. Duh, jadi nggak sabar banget untuk menaklukkan diri sendiri supaya makin produktif dengan ASUS VivoBook S14 S433, apalagi saat scroll akun instagram ASUS Indonesia dan lihat beberapa review produknya.

Selain itu, ASUS VivoBook S14 S433 memiliki kriteria yang sangat aku butuhkan untuk mendukung aktivitasku sebagai blogger dan seorang guru. Yakali dengan berat hanya 1,4kg dan ketebalan yang super tipis yakni 15,9mm membuat laptop ini makin ku impikan, ultraslim banget pokoknya ya. Selain itu ada beberapa alasan kenapa aku menginginkan ASUS VivoBook S14 S433, berikut alasan-alasannya:

Performa Kelas Juara

Sebenarnya ASUS VivoBook S14 S433 bukan hanya untuk kalangan blogger ataupun content creator. Menurutku laptop ini pun cocok digunakan untuk pelajar, mahasiswa, dan juga pekerja kantoran. Kenapa? Ya karena harganya yang worth it dengan prosesor Intel® Core i5 Generasi 10 / Intel® Core i7 Generasi 10 serta kartu grafis NVIDIA® MX250, menjadikan laptop ini jadi pilihan terbaik di kelasnya.

Dengan kombinasi prosesor intel dan kartu grafis diskrit (GPU) dari NVIDIA bakal mempercepat proses pekerjaan kita seperti render video. Sebagai contoh pengujian render video menggunakan Adobe Premiere CC hanya membutuhkan waktu 7 menit 46 detik untuk video berdurasi 2 menit 7 detik serta beresolusi 4K 60fps (render CUDA aktif). Sedangkan video beresolusi Full HD berdurasi sama hanya membutuhkan waktu render 4 menit 7 detik (renderer CUDA aktif).

Performa Render Video di Adobe Premiere Pro CC

Fyi, kartu grafis di laptop ini bisa diswitching, lho. Jadi misal untuk penggunaan normal atau santai, kita bisa switch ke internal GPU Intel UHD Graphic yang hemat daya. Sedangkan untuk pemakaian powerful kita bisa switch atau pindah ke NVIDIA MX250 untuk performa yang lebih ngebut. Fitur ini berguna banget ketika kita lagi onfire dalam berkarya seperti render video atau membuat infografis.

Sedangkan di bagian storage, laptop ini dibekali kapasitas penyimpanan Intel® Optane™Memory H10 (32GB + 512GB PCIe® SSD) dan slot tambahan M.2 NVMe yang membuat penyimpanan makin lega dan kita juga bisa mengakses apapun dengan kecepatan yang super kencang. Kecepatan SSD bawaan laptop ini pun terbilang ngebut dengan kecepatan baca hingga 1564 MB/s dan kecepatan tulis hingga 973 MB/s.

Performa SSD Intel® Optane™Memory H10

ASUS VivoBook S14 S433 juga dilengkapi dengan kapasitas RAM 8GB / 16GB onboard dual channel dengan kecepatan 2400MHz / 2666MH. Penggunaan memory dual channel ini mampu meningkatkan performa laptop terutama untuk aplikasi render grafis, encoding, atau render video. Makanya sangat cocok untuk semua kalangan apalagi yang suka melakukan pekerjaan multitasking. Seperti render 3D, desain infografis, foto, dan video nggak akan merasa berat lagi dong. Pokoknya kalau sudah punya ASUS VivoBook S14 S433, mau buka aplikasi apa aja bebarengan tetap oke. Nulis blog dan desain infografis sambil dengerin musik tetap lancar.

Pre-Install Windows 10 Home

Tahu nggak? Kalau kita membeli ASUS VivoBook S14 S433 sudah langsung terinstal Windows 10 Home, lho. Gratis! Original dari Microsoft dan sudah teraktivasi pula, kita nggak perlu lagi membeli Windows, apalagi pasang software bajakan yang kadang malah membahayakan laptop.

Tampilan Lebih Luas dengan NanoEdge Display

ASUS memang selalu memberi pengalaman baru untuk para penggunanya, ya. Ada saja hal baru yang bisa kita nikmati dengan memiliki ASUS VivoBook S14 S433, salah satunya adalah layar 14” beresolusi 1920x1080px dengan bezel NanoEdge yang super tipis sehingga memberikan kepuasan saat kita menggunakannya baik untuk menonton film ataupun untuk aktivitas lainnya. Layar laptop ini memiliki bezel kanan dan kiri hanya 5.5mm. Sedangkan bagian atas hanya10.8mm.

Tampilan Layar NanoEdge Display

Selain itu, layar IPS Full HD-nya juga menawarkan sudut pandang lebar 178° dan ketajaman warna yang sangat baik. Screen-to-body ratio-nya hingga 85% dengan 100% sRGB. Mantap banget nggak sih? Bagiku layar IPS ini sangat penting untuk kegiatan desain grafis, warna yang ditampilkan akan selalu konsisten ketika dilihat dari sudut mana pun.


Fitur menarik lain, yaitu hadirnya Splendid Technology yang memungkinkan untuk mengatur tampilan layar menjadi lebih hidup, kontras yang lebih baik, kecerahan, warna kulit dan saturasi warna. Ada beberapa mode preset yang disediakan yaitu normal, eyecare, vivid, dan manual. Nah gimana, makin mupeng nggak nih? Rasanya nonton film juga jadi asyik karena layar yang mantap ini. Apalagi aku demen banget menonton film untuk sekadar me-refresh kejenuhan di tengah pandemi.

Produktivitas Sepanjang Hari dengan Fitur Fast Charging

Seperti yang kubahas di atas, siapa sih yang ingin direpotkan dengan selalu meng-charge laptop saat menghadiri event? Atau baterai yang tadinya 90% tiba-tiba menjadi 40%? Cepat habis tapi nge-chargenya lama? Nggak ada yang mau kan? Apalagi aku yang suka mencicil pekerjaan ketika sedang dalam perjalanan, otomatis sangat membutuhkan laptop dengan daya tahan baterai yang lama dong.

Produktivitas Sepanjang Hari dengan Fitur Fast Charging

Nah ASUS VivoBook S14 S433 ini memiliki fitur unggulan yakni Fast-Charging yang bisa membantu mengisi ulang baterai rendah hingga 60% hanya dalam 49 menit. Wohohoho cepat banget nggak sih? Dengan kapasitas baterai 50 Wh memungkinkan laptop ini digunakan untuk video playback dalam waktu 11 jam 45 menit, dan untuk pemakaian web browsing mampu bertahan hingga 9 jam 40 menit. Kalau punya laptop ASUS VivoBook S14 S433 sudah pasti tetap produktif sepanjang hari deh.

Oh iya ada yang menarik juga nih di bagian fitur baterainya, yaitu fitur Battery Health Charging. Fitur ini berfungsi untuk memperpanjang umur pemakaian baterai. Ada tiga mode Battery Health Chargingantara lain: Full capacity mode, baterai diisi sampai 100%. Mode ini sangat berguna jika ingin menggunakan laptop dengan durasi yang lama sepanjang hari atau dibawa bepergian. Kedua, Balanced Mode, yakni baterai diisi hanya sampai 80% yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Terakhir Maximum Lifespan Mode yang memungkinkan baterai diisi hanya sampai 60% saja agar umur baterai bisa lebih panjang atau baterai tetap awet tanpa ngedrop hingga bertahun-tahun.

Tetap Produktif dan Nyaman dengan Fitur Backlit Keyboard 

Selain mempertimbangkan performance, ketika memutuskan membeli laptop juga harus mempertimbangkan keyboard yang nyaman saat digunakan, apalagi sebagai blogger yang pekerjaannya adalah berkarya melalui artikel.

Nah, keyboard ASUS VivoBook S14 S433 tentunya sangat cocok karena ukuran keyboard yang penuh serta tombol Enter dengan tepian color-blocking kuning yang membuat laptop ini makin terlihat esklusif. Keyboard ini didesain secara ergonomis, kokoh, dan konstruksi satu bagian yang memiliki fitur spill resistant (tahan tumpahan atau percikan air).

Fitur Backlit dan Color-blocking

Keyboard di laptop ini memiliki travel distance 1.4mm yang sangat cocok bagi pagi penulis atau pun blogger. Dengan travel distance kecil, artinya kita nggak perlu menekan tuts (tombol) terlalu dalam agar input dapat dibaca dan ditampilkan di layar. Travel distance kecil memungkinkan untuk menghemat tenaga ketika harus mengetik banyak. Apalagi dengan adanya cekungan sebesar 0.15mm di setiap tuts, akan menambah keakuratan mengetik tanpa khawatir meleset ke tombol lain saat mengetik.

Selain itu, terdapat fitur backlit keyboard yang bisa membuat kita tetap produktif meskipun dalam kondisi gelap dan bisa diatur hingga 3 tingkat kecerahan. Jadi, meskipun ruang kerja kita gelap nggak masalah lagi karena keyboard-nya bisa menyala. Berasa makin mendukung untuk menakhlukkan diri sendiri nggak sih?

Keamanan Terjaga dan Login Lebih Mudah dengan Fingerprint Sensor

ASUS VivoBook S14 S433 juga menghadirkan fitur yang nggak kalah keren yakni Fingerprint Sensor yang terletak di touchpad sangat membantu kita dalam menjaga privacy serta keamanan laptop. Nggak mau kan kalau laptop kesayangan kita diakses orang lain tanpa izin, atau bahkan diakses orang yang nggak dikenal? Apalagi sebagai blogger sekaligus pekerja kantoran yang memegang data-data penting, maka wajib banget memiliki laptop dengan fitur keamanan yang bisa diandalkan.

Aman dan Login Mudah dengan Windows Hello

Cukup dengan sekali sentuhan, sensor sidik jari yang diintegrasikan dengan Windows Hello ini akan memudahkan proses login karena nggak perlu mengetikkan kata sandi setiap kali login. Sudah macam kecanggihan smartphone saja ya? Hehehe

Makin Produktif karena Port I/O yang Lengkap

Port I/O ASUS VivoBook S14 S433

Kebayang banget kemudahan yang bakal dirasakan dengan memiliki ASUS VivoBook S14 S433 karena dilengkapi dengan port USB 3.2 Gen 1 Type-C™ yang dapat ditancapkan bolak-balik, fitur ini makin memudahkan kita untuk menghubungkan ke berbagai perangkat. Selain itu, terdapat port USB 3.2 Gen 1 dan 2 buah USB 2.0output HDMI, combo audio jack, dan pembaca kartu microSD. Nah lho, microSD bisa banget langsung colok ke laptop ini, tanpa konektor tambahan.

Selalu Terkoneksi karena Fitur Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.1

Adakah yang bisa sehari saja tanpa jaringan internet? Mungkin ada ya, tetapi nggak berlaku untuk blogger ataupun content creator. Buatku laptop, smartphone, dan jaringan internet layaknya napas dalam menjalani kehidupan. Makanya seringkali ketika diajak meeting untuk membahas suatu procjet, aku lebih memilih cafe atau tempat makan yang menyediakan jaringan internet.

Fyi, ASUS VivoBook S14 S433 dilengkapi dengan Intel Wi-Fi 6 (802.11ax) sehingga menjadikan koneksi 3x lebih cepat dari Wi-Fi 5, 4X network capacity, dan 75% lower latency. Dengan latency atau jeda waktu antara pengiriman-penerima data yang lebih kecil, membuat kecepatan jaringan super cepat untuk transfer file besar, bermain game online makin responsif (anti lag), streaming film dan video call jadi super lancar.

Nah bagi kalian yang suka menggunakan mouse bluetooth saat mendesain grafis seperti aku, laptop ini juga tersedia bluetooth 5.1, lho. Entah mengapa aku juga lebih memilih menggunakan koneksi bluetooth untuk koneksi perangkat mouse, mungkin selain simpel dan nggak ribet, juga menambah estetika meja kerjaku karena nggak ada kabel yang berserakan. Dengan semua fitur konektivitas di atas, tentunya makin berani untuk mewujudkan mimpi-mimpi dong karena dukungan ASUS VivoBook S14 S433 yang nggak tanggung-tanggung.

Mendengarkan Musik Makin Asyik dengan Harman/Kardon

Mendengarkan Musik Asyik dengan Harman/Kardon

Buatku mendengarkan musik saat bekerja di depan layar laptop adalah kenikmatan duniawi. Dengan mendengarkan musik seringkali ide-ide bermunculan, pun jika mood sedang turun biasanya aku menggunakan waktu untuk menonton film. Matikan lampu kamar, naikkan volume laptop, play film. Duh ya ampun. Makanya pas tahu ASUS VivoBook S14 S433 dilengkapi dengan speaker bersertifikasi Harman/Kardon wow banget, karena setahuku selama ini ASUS hanya menghadirkan stereo speaker SonicMaster. Yakali pakai speaker ASUS SonicMaster dengan surround-sound saja suara yang dihasilkan jernih dan enak di dengarkan, apalagi kalau pakai speaker yang juga bersertifikasi dari Harman/Kardon.

Oh iya selain speaker yang oke, ada juga fitur Smart Amplifier Technology yang berfungsi untuk memaksimalkan volume 3.5x lebih keras dari biasanya tanpa merusak kualitas suaranya, lho. Untuk sisi input suara, dilengkapi dengan array microphone yang support pengenalan suara aplikasi Cortana di Windows 10. Keren kan? Hayo siapa yang belum pernah pakai asisten pintar Cortana di Windows? Hihihi

Desain Laptop yang Mencerminkan Jati Diri

Selain pertimbangan performa yang powerfull, hal lain yang nggak kalah penting untuk dipertimbangkan dalam memilih laptop adalah desain yang stylish. ASUS VivoBook S14 S433 memiliki desain ultraslim dengan sasis berbahan logam yang presisi, finishing bertekstur, serta memiliki tepian diamond cut yang mempermudah ketika membuka layar.

Sentuhan logo metalik di bagian punggung layar bertuliskan “ASUS VivoBook” menurutku semakin terlihat elegan karena tata letaknya di bagian samping. Apalagi laptop ini memiliki empat warna berbeda yang mencerminkan kepribadian si pemiliknya. Berikut warna warni unik ASUS VivoBook S14 S433:

1 / 4

2 / 4

3 / 4

4 / 4


Indie Black (Hitam)
Warna hitam ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki jiwa kepemimpinan, bertanggungjawab, dan nggak takut untuk mengutarakan pendapat kepada orang lain. Menurutku, balutan warna hitam di laptop ini akan memberikan kesan simpel elegan dan modern.

Dreamy Silver (Silver)
Warna Dreamy Silver menunjukkan bahwa kamu orang yang berani bermimpi, memiliki pendirian teguh, dan selalu bangga dengan apa yang kamu perjuangkan. Warna silver-white yang memantulkan gradasi pelangi juga memberi kesan glamour, mewah, dan stylish. Cocok banget untuk kamu yang stylish.

Resolute Red (Merah)
Nah, kalau yang ini warna kesukaanku banget. Aku banget deh pokoknya, karena warna merah ini menunjukkan jiwa yang berapi-api dan mencolok, berani menempatkan diri di luar arus dan nggak takut dengan apa yang dipikirkan orang lain. Warna merah selain mencerminkan jiwa pemiliknya, tentu akan menambah semangat karena warna merah memiliki arti simbol keberanian, kekuatan dan energi.

Gaia Green (Hijau)
Kalau warna Gaia Green terinspirasi dari alam yang menunjukkan arti kalau kamu sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru dan juga terbuka terhadap apapun. Warna hijau akan memberikan kesan kalem, santai, dan damai. Warna ini juga menjadi salah satu warna favoritku, karena terlihat adem. Uuuwwww.

Kebayang nggak sih? Nenteng-nenteng laptop ultraslim dengan pilihan warna warni di atas? Mendukung penampilan kita untuk Dare to be You, kan?

Tipis dan Ringan Dibawa Bepergian

ASUS VivoBook S14 S433 Tampak dari Samping

Bagaimana nggak tipis dan ringan coba? Wong bobot keseluruhan ASUS VivoBook S14 S433 hanya 1.4kg dengan ketebalan 1.59cm. Dimensi laptop ini pun mirip dengan ukuran kertas F4, yaitu 32.49cm x 21.35cm. Duuhhh, kalau dimasukkan ke dalam tas ringkas banget kan? Apalagi buatku yang sering melakukan perjalanan, nggak ada lagi pundak pegal-pegal dan isi tas penuh gara-gara laptop.

Perbandingan Ukuran Laptop dengan Kertas F4

Selain itu, charge ASUS VivoBook S14 S433 juga sangat mungil. Memang ya ASUS VivoBook S14 S433 ini mendukung kita tetap produktif di perjalanan sekalipun.

Makin Unik dengan Tambahan Stickers

Sticker Unik by Muklay

Design stylish yang ultraslim saja sudah bikin geleng-geleng kepala, rupanya ASUS VivoBook S14 S433 memang ingin tampil beda dengan menghadirkan sticker karya Muchlis Fachri (Muklay) yang makin mendukung penampilan kita. Dengan tambahan stiker ini menjadikan ASUS VivoBook S14 S433 terasa eksklusif karena bisa menyesuaikan dengan tampilan kita. Nggak akan lagi ada cerita laptop tertukar dengan teman, karena dari tampilannya saja sudah terlihat kamu banget. Xixixi

***

Bagaimana? Setelah menyimak beberapa keunggulan ASUS VivoBook S14 S433 di atas, kamu berani menjadi diri sendiri nggak nih? Berani kan? Berani dong!

Untuk harga (Windows 10 Home/Intel® Core™ i5-10210U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG)) Rp 13.999.000.
Sementara untuk (Windows 10 Home/Intel® Core™ i7-10510U/NVIDIA® GeForce® MX250/8G/512G PCIe+32GB M.2 SSD(Intel TG)) seharga Rp 15.999.000.

Teman-teman bisa mendapatkannya dari website ASUS Indonesia, jaringan retail offline ataupun melalui official store ASUS Indonesia di berbagai Marketplace.

Tabel Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook S14 S433

Layar 14” LED-backlit IPS Panel HD (1920 x 1080) 16:9
Frameless NanoEdge display with 85% screen-to-body ratio
178° wide-view technology
Processor Intel® Core™ i7-10510U processor
1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.9GHz) and 8MB cache
Intel® Core™ i5-10210U processor
1.6GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.2GHz) and 6MB cache
Grafis NVIDIA® GeForce® MX250
Video memory size: 2GB GDDR5 VRAM
RAM 8GB 2666MHz DDR4 (Dual Channel)
Storage Intel® Optane™ Memory H10 with Solid State Storage
(32GB Optane™ + 512GB SSD)
Konektivitas Wi-Fi
Intel Wi-Fi 6 with Gig+ performance (802.11ax)
Bluetooth®
Bluetooth V5.0
Webcam HD Camera
I/O 1 x USB 3.2 Gen 1 Type-C™
1 x USB 3.2 Gen 1 Type-A
2 x USB 2.0
1 x HDMI
1 x Audio combo jack
1 x MicroSD card reader
1 x DC-in
Baterai Fast charging: 60% in 49 minutes
50Wh 3-cells lithium-polymer battery
65W power adapter
Plug Type: ø4 (mm)
(Output: 19V DC, 3.42A, 65W)
(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
OS Windows 10 Home (Preinstall)
Keyboard dan Touchpad Keyboard
Full-size backlit, with 1.4mm key travel
Touchpad
Intelligent palm-rejection;
Precision touchpad (PTP) technology supports up to four-finger smart gestures; fingerprint sensor
Audio ASUS SonicMaster stereo audio system with surround-sound; smart amplifier for maximum audio performance
Array microphone with Cortana voice-recognition support
3.5mm headphone jack
Certified by Harman Kardon
Included Sticker
Sticker from Muklay
Software
ASUS Splendid
ASUS Tru2life Video
ASUS AudioWizard
Dimensi dan Berat Height:
1.59cm (0.62 inches)
Width:
32.49cm (12.79 inches)
Depth:
21.35cm (8.40 inches)
Weight:
1.4kg (3.08 pounds)

Kenapa Harus Brand ASUS?

Ngomongin Brand ASUS memang nggak ada selesainya ya, tiap waktu ASUS selalu menghadirkan inovasi baru mengikuti perkembangan teknologi terkini. Brand ini didirikan pada tahun 1989 dan dikenal dengan motherboard terbaik di dunia. Berbagai award yang didapatkan mampu membuat brand ini makin profesional dan terpercaya. Tercatat pada 2019, ASUS memperoleh lebih dari sebelas penghargaan setiap hari dari berbagai organisasi dan kelompok media paling bergengsi di dunia. Selain itu, kenapa memilih brand ASUS adalah sebagai berikut:

Rating

Memang ya, saat ini banyak konsumen cerdas dalam berbelanja. Salah satu pertimbangan untuk memutuskan membeli suatu produk adalah melihat ulasan/rating brand produk tersebut. Seperti rating dari laptopmag bahwa produk laptop dari ASUS memiliki rating 83 dari 100. Nilai tersebut terbagi dari nilai review 31/40, nilai desain 14/15, inovasi 9/10, value 14/15 dan support-garansi 14/20. Nah worth it banget kan produk laptop dari brand ASUS.

Desain Stylish dari Waktu ke Waktu

ASUS selalu menghadirkan desian baru dari waktu ke waktu. Coba deh kalau kita ingat seri Zenbook, seperti ZenBook S UX391UA, ZenBook Pro, dan ZenBook 13 UX33FA yang menggunakan desian klasik. Berbeda dengan design seri VivoBook yang hadir dengan warna warni mencolok yang disesuaikan dengan kepribadian penggunanya.

ASUS memang sangat mengedepankan desain yang sangat menyesuaikan penggunanya. Misal laptop segmen bisnis dibuat desain simpel elegan, sedangkan laptop untuk anak muda yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari dibuat menarik dan nggak membosankan. Terbukti ASUS memiliki nilai rating tinggi untuk desain yaitu 14/15.

Garansi Lama

Tahun ini ASUS menghadirkan program ASUS Perfect Warranty, yakni layanan garansi ekslusif dari ASUS di tahun pertama masa garansi notebook ASUS. Layanan ini merupakan layanan premium dimana ASUS akan menanggung 80 persen biaya jasa perbaikan dan spare part untuk kerusakan-kerusakan yang disebabkan kelalaian pengguna. Program ASUS Perfect Warranty bisa diperoleh tanpa ada biaya tambahan.

Menurutku dengan adanya program ASUS Perfect Warranty sebagai bukti bahwa ASUS memberikan layanan terbaik bagi pengguna. Jadi setiap pembelian laptop resmi ASUS otomatis akan mendapatkan garansi perbaikan selama 2 tahun. Selain itu, ASUS Service Center juga terdapat di berbagai kota besar di Indonesia.

Selalu Berinovasi

Kadang kalau lagi scroll timeline di akun Instagram suka geleng-geleng takjub melihat postingan dari akun ASUS Indonesia yang hampir tiap bulan mengeluarkan produk barunya. Segala jenis laptop ada semua, mulai yang suka nge-game, edit video, hingga yang suka menulis pokoknya ada semua, lengkap! ASUS menawarkan berbagai spesifikasi laptop yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

***

Dobrak Diri Sendiri dengan Karya dan Teknologi

Menjadi diri sendiri merupakan hak setiap manusia, sedangkan mendobrak diri sendiri merupakan sebuah pilihan. Percayalah nggak ada yang nggak mungkin di dunia ini, asalkan kita tetap berusaha dan mengupayakan hal-hal baik untuk menjemput janji Tuhan di masa depan. “Dare to be You” seakan melekat di pikiranku untuk terus melangkah mewujudkan mimpi-mimpi yang telah lama terpendam. Btw, dari ke empat warna di atas, kamu ingin memiliki ASUS VivoBook S14 S433 warna apa nih? Kalau aku ingin banget warna Resolute Red dan Gaia Green, ya gimana, selain warna favoritku, ke dua warna tersebut juga mencerminkan aku banget.

Yuk sama-sama berdoa, biar bisa memiliki ASUS VivoBook S14 S433 segera. Aamiin.. Aamminin yang kenceng dong. Lagi ya, aamiin!!!

Referensi Bacaan:
https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-VivoBook-S14-S433FL/
http://www.jagatreview.com/2020/05/review-lengkap-asus-vivobook-s14-s433-tipis-berperforma-tinggi/
https://www.asus.com/id/ASUS-Perfect-Warranty/
https://www.laptopmag.com/articles/asus-brand-rating
https://www.asus.com/id/support/FAQ/1034262/
https://www.laptopmag.com/articles/laptop-brand-ratings

Grafis : Ella Fitria
Video : Youtube Asus

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 3 Agustus 2020 - 02:27

hihi iya mbak Ainun, gemas bangetttt ya amoun. desainnya ugh banget, apalagi performanya nggak kalah kece, yang penting tuh slim jadi kl dibawa kemana2 pundak nggak pegal2 lagi, haha

Balas
Ainun 2 Agustus 2020 - 01:22

speknya mantap asus seri yang ini, aku suka, sementara ngebayangin dulu aja
buat kerja, desain, game, dibawa kemana mana gemesss pokoknya
warna juga bagus-bagus,cerah ceria bawaannya kalo kerja pake laptop ini harus hepi dan kudu semangat, ya masa laptop udah canggih tapi yang punya masih loyo aja
pengen pengen

Balas
Ella Fitria 1 Agustus 2020 - 01:11

hiihi, besok beli yang ini yuk, aamiin ah aamiin.
ehe makasih Mas, masih belajar 😀

Balas
AuL Howler 30 Juli 2020 - 12:33

Laptop yg aku beli juga kemarin ASUS
Tapi bukan seri ini sih heehehehe

Btw bagus-bagus banegt ini design photoshop nyaaaaa

Balas
1 2 3

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: