Mengunjungi Pemandian Permaisuri di Taman Sari Yogyakarta

oleh Ella Fitria

Taman Sari
Area Kolam Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta – Sedari masih di atas kereta api yang melewati jalur Purwokerto – Lempuyangan, kami merencanakan akan mengunjungi Taman Sari (Water Castle) Yogyakarta keesokan harinya. Jika dihitung, mungkin sudah puluhan kali aku menginjakkan kaki di sana. Sambil mendengarkan dia menyusun itinerary selama kami di Yogyakarta, aku terus menikmati hamparan sawah dari balik jendela kereta api. Segelas pop mie yang ku genggam terlihat mengepulkan asap, bumbu pop mie merebak ke segala arah. Dia tersenyum, mengingatkanku untuk makan nasi terlebih dahulu sebelum menyantap makanan kesukaanku. Ah ya, mengingat perjalanan sebelum adanya pandemi memang sungguh mengasyikkan, terlebih dengan orang tersayang. Eh

Taman Sari Yogyakarta menjadi salah satu destinasi wisata yang kami kunjungi sebelum pandemi merebak ke berbagai wilayah, tercatat sudah 6 bulan lamanya kami menahan diri untuk bepergian. Mungkin nggak hanya kami, tapi teman-teman juga demikian. Rela membatalkan berbagai rencana yang sudah disusun matang. Nggak apa ya, semoga bulan depan kondisi sudah memungkinkan untuk kembali melangkahkan kaki, menaiki kereta api, dan juga untuk berbagi informasi destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

Gapura Panggung

Lokasi

Setelah selesai sarapan nasi kuning kesukaanya, kami melanjutkan perjalanan menuju Taman Sari yang berlokasi di jalan Tamanan, Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Zaman sekarang mencari lokasi gampang banget ya, tinggal ketik di gmaps auto diarahkan ke pelaminan. Eh maksudnya diarahkan ke lokasi yang kita tuju. Ekekekek. Begitu kami sampai di parkiran Taman Sari, kami langsung menuju loket tiketnya dong. Sayangnya pintu gerbang loket masih tutup, padahal jam tangan sudah menunjukkan pukul 08.35 WIB. Beberapa pengunjung juga sudah mengantre, namun kami memilih menunggu sembari jajan jasuke di dekat area parkir. 25 menit berlalu, gerbang Taman Sari akhirnya dibuka.

Suasana Taman Sari Yogyakarta

Gapura Agung

Kami bergegas ikut mengantre dan menyiapkan uang tunai untuk membayar tiket. Begitu tiket sudah di tangan, perlahan kami melangkahkan kaki menuju bangunan Taman Sari. Saat pemeriksaan tiket masuk, kami diingatkan untuk nggak mengambil video di dalam bangunan Taman Sari, semua pengunjung hanya diperbolehkan untuk memotretnya. Kami menganggukkan kepala, lantas melanjutkan menuruni anak tangga. Beberapa kali langkah kaki kami terpaksa terhenti karena mendapat tawaran tour guide, tapi kami menolaknya dengan pelan. Ya, Taman Sari memang memiliki segudang cerita sejarah yang melegenda. Konon, Taman Sari dibangun di bekas keraton lama, Pesanggrahan Garjitawati, yang didirikan oleh Susuhunan Paku Buwono II.

Begitu kami menuruni beberapa tangga, di depan sana terlihat dua kolam dengan air yang begitu jernih kebiruan. Mungkin baru saja di kuras kali ya, soalnya dulu pernah ke sana pas kolamnya lagi dikuras. Hihihi. Konon, kolam ini dulunya merupakan tempat pemandian para permaisuri. Bangunan yang masih berdiri kokoh dengan warna cat cokelat muda yang memulai memudar membuat bangunan ini makin eksotis. Kami nggak begitu lama di area kolam ini, karena tujuan awalnya adalah area Sumur Gumilang. Oya, jika kita sudah keluar dari area kolam Taman Sari maka kita nggak diperbolehkan masuk lagi ya.

Sumur Gumilang Salah Satu Spot yang Diburu Wisatawan

Sumur Gumilang

Kami melanjutkan perjalanan menuju Sumur Gumilang dengan mengandalkan peta. Untuk menuju Sumur Gumilang ini kami harus berjalan di area pemukiman warga, banyak juga warga yang menawarkan jasa untuk menunjukkan lokasi Sumur Gumilang. Soalnya di sana memang nggak ada petunjuk jalan yang jelas, tapi tanpa tour guide pun kami berhasil menemukan Sumur Gumilang dong. Meski sudah pernah ke sana, tapi lupa banget rutenya. Wkwkwk

“Capek nggak?” tanyanya sambil menengok ke arahku.

Aku menggeleng, masih antusias berjalan di lorong Sumur Gumilang.

“Eh, foto di sini bagus nih, mau nggak? Mumpung nggak ada orang lewat” sahutnya.

Lorong Menuju Sumur Gumilang

Aku ditawari pephotoan, ya auto pose-pose dong. Ahahaha. Sungguh sekian kali kesini baru kali ini bisa leluasa pephotoan di lorong Sumur Gumilang, meski kadang harus menunggu karena ada orang yang lewat juga. Tapi masih lumayan sepi sih, soalnya masih pagi juga. Tapi sayangnya pas masuk ke area Sumur Gumilang agak kecewa karena ruamai buanget. Dari bagian atas, tengah, bawah, semua orang sedang mengantre untuk bergantian berfoto di spot utama. Dia langsung menarik tanganku, mengajak berjalan ke sudut-sudut Sumur Gumilang sambil berharap spot utama bakal sepi. Tapi makin ditunggu malah makin banyak orang uy. Akhirnya kami memutuskan keluar dari area Sumur Gumilang karena waktu yang makin siang.

Bangunan Belakang Loket Tiket

Harga Tiket

Begitu keluar dari area Sumur Gumilang, kami langsung mencari tempat istirahat dan menikmati segelas es untuk melepas dahaga. Saat menuju area parkir, nggak sengaja kami menemukan spot yang instagenic banget, sungguh ih. Menggemaskan, ternyata belakang bangunan ticketing kece juga lho. Sepi pula, sayangnya panasnya kebangetan. Maklumlah aku cuma anak gunung yang lebih sering kedinginan daripada kepanasan. Ahahaha, untuk harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta cuma Rp. 5 ribu/ orang, lalu ada tiket tambahan tiket Rp. 3 ribu/ kamera jika pengunjung membawa kamera untuk memotret.

Fasilitas Taman Sari Yogyakarta

Kebetulan saat berada di area kolam Taman Sari kami mencari toilet, namun nggak menemukan. Malah saat keluar dari area kolam kami menemukan toilet umum milik warga setempat, hhh. Untuk mushala sepertinya ada di komplek perumahan warga juga deh. Kalau teman-teman haus dan lapar banyak warung jajan yang menyediakan berbagai menu kok. Untuk kebersihan di area kolam dan area sumur gumilang mantap sih, beneran nggak ada sampah berserakan.

Semangkuk Bakso Tulmud di Depan Taman Sari

Sebelum kami melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya, kami menyempatkan jajan lagi. Soalnya nggak tahan dengan aroma bakso yang menggoda. Saat masuk ke warung tenda, tertulis “Bakso Tulmud Pak Imam”. Ternyata Tulmud itu singkatan dari Tulang Muda sapi. Nggak lama menunggu, semangkuk bakso dan segelas es jeruk sudah ada di depan kami. Aku mengambil sendok, menyesap kuah bakso yang terasa segar sekali. “Emm tulmudnya juga enak nih, nggak keras, baksonya juga kenyal, beneran enak” gumamku.

Bakso Talmud Pak Imam

Saat kami sedang mengobrol tetiba pak Imam penjual bakso ikut nimbrung menanggapi kelezatan bakso yang sedang kami nikmati. Kami ngobrol ngalor ngidul, ternyata beliau berasal dari desa yang sama dengan Ayahku. Desa Semanu, Gunungkidul. Bagiku Semanu merupakan rumah kedua yang penuh kehangatan. Meski rasanya lama sekali nggak mudik karena pandemi, nggak apa. Asal semua sehat dan pandemi ini bisa segera berakhir.

Selesai menyantap bakso Tulmud, pak Imam mendoakan keselamatan kami, beliau juga berpesan jika esok lusa main ke Taman Sari lagi jangan lupa untuk mampir lagi. Kami tertawa dan mengiyakan, lalu berpamitan untuk melanjutkan perjalanan.

You may also like

Riza Alhusna
11 September 2020 05:45

Mbak Ella Ulala…

Udah pantes banget mbak poto sambil gendong anak..

Wkwkwkwk

Asep Rohimat
11 September 2020 08:10

Tempatnya keren-keren.
Coba deket dari Bungbulang, mungkin bisa sering main ke sana.

abasozora
11 September 2020 11:08

kok gak ikut mandi mb … kayaknya seger banget tuh kolamnya

Bang Day

kok jadi ngebayangin permaisuri berendam bersama dayang2nya… duh saya benci pikiran saya

Ikrom Zain
11 September 2020 11:24

mba ella lagi sesi photo shoot pejen ya hehehe
tapi emang si ini engga bakal bosen buat didatengin
temenku aja yang ke YK langsung ke sini dan engga ke malioboro dulu
mek ya iku panase subhanallah

dan ke sumurnya itu jadi wajib banget sayang klo kelewatan

Ghina Rahmatika
11 September 2020 22:11

terakhir ke taman sari kayaknya sebelum menikah deh. huhu. Malah abis nikah meski stay di jogja nih ga pernah ke sana lagi. Emang yaaa, paling enak jalan2 itu sama si dia, apalgi pas lagi masa-masa pacaran, hihi

Sumur gumilang nih sebelah mananya sih? Jadi penasaran, kenapa bnyk diburu sama para wisatawan yaa. Jangan2 pernah ke sana tapi nggak tahu namanya.

Rie agustina
11 September 2020 22:11

Kaan…kaan.. Bacain postingan gini jadi pengen ke Jogja. Hiks… rencana tahunan ke Jogjaku jadi batal gegara pandemi:(

Yasir
12 September 2020 14:15

Sama dong kek aku. Ke sana beberapa kali tetep muter-muter nyari sumur gumilang.

gaksukalapar.id
12 September 2020 23:52

Penutupnya yang buat saya tertarik, baksonya bikin seger kayanya, kuah panasnya mantab kayanya nih

13 September 2020 07:06

area sumur gumilangnya beda dengan area kolam mbak, mesti jalan menyusuri perumahan warga. setahuku sudah dibuka lama juga kok, iya nih jadi pengen bakso tulmudnya lagiii

13 September 2020 07:07

omnya Kenan kl berani maju sini

13 September 2020 07:08

iya kang Agus, bener banget areanya terpisah dengan area kolamnya. mesti kuat2in insting dan buka maps, wkwk
lah iya, aku pun heran. tiket masuk keraton, museum kereta, taman sari murah2 ih. hayuk meet up di jogja, kita makan bakso tulmud ramai2 ajak Kang Satria juga. ahaha

13 September 2020 07:10

eh jangan berdua. nanti kamu di cariin kang Agus, kan kalian mau syuting bareng. wkwkwk
posenya gitu2 doang, nggak bisa sambil guling2 karena bukan di pasir pantai, ahaha

13 September 2020 07:11

iya mas Him, udah pernah nyicip bakso tulmud Taman Sari belum nih?

13 September 2020 07:12

iya Mas Asep, kl dekat dari Banjarnegara juga bakal sering ke sana aku tu. hihi

Ella Fitria

tolong ya tolong, aku bukan permaisuriiiii. wkwkwk

13 September 2020 07:13

nah kan Bang Day memang ya. ati2 lho, nanti kl pikirannya nggak dijaga usaha kos-kosan, nasgor, dllnya BANG DAY rusak, wkwk. eh

13 September 2020 07:14

mana ada pejen pose dan pakai kaus panjang begitu mas Ikrom, wkwkwk
bener banget, panase macam lihat mantan menikah dengan orang tersayangnya ya. eh

13 September 2020 07:16

duh mbak Ghina, jadi kangen dia kan. lama banget nggak jalan2 nih gegara korona, huhu
sumur gumilangnya kudu jalan di area perumahan warga mbak, jadi kudu keluar dari area kolamnya dulu. hhh