Tips Mengembangkan Bisnis UMKM di Era Digital

oleh Ella Fitria
Tips Mengembangkan Bisnis UMKM di Era Digital

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat aktivitas jadi lebih mudah dan memberikan peluang besar bagi para pebisnis, termasuk bisnis UMKM. Kita harus mengetahui tips mengembangkan bisnis UMKM di era digital agar penjualan meningkat dan memberikan keuntungan optimal. Kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan produk kita ke jangkauan yang lebih luas dengan modal terjangkau.

Bagi para pemilik bisnis pemula atau tergolong UMKM harus merencanakan strategi usaha yang matang untuk memajukan bisnis. Terlebih, saat ini persaingan bisnis semakin ketat, sehingga kita harus lebih cermat dalam memasarkan dan mengelola bisnis. Banyak para pebisnis yang sudah mulai praktikkan berbagai tips mengembangkan bisnis UMKM di era digital untuk meningkatkan penjualan.

Tips Mengembangkan Bisnis UMKM di Era Digital

Sudah sepatutnya bagi para pebisnis untuk terus berinovasi dan update dengan perkembangan zaman. Tujuannya, agar bisnisnya bisa berkembang dengan pesat dan dikenal banyak orang. Cobalah keluar dari zona nyaman, dari bisnis konvensional ke yang lebih modern dengan digitalisasi. Berikut beberapa tips mengembangkan bisnis UMKM di era digital yang bisa kita lakukan, yaitu:

1. Manfaatkan Media Sosial

Hampir setiap orang pasti memiliki media sosial, bukan? Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, TikTok hingga Youtube. Bahkan, jumlah pengguna media sosial di Indonesia juga sangat banyak mulai dari usia anak-anak hingga orang tua. Bagi para pebisnis tentu ini menjadi peluang besar yang sayang dilewatkan. Dengan memanfaatkan media sosial, kita bisa mengenalkan produk atau jasa dengan lebih luas.

Media sosial menjadi tempat untuk melakukan promosi usaha dengan mudah dan gratis. Pasalnya, sudah banyak orang yang menjadikan media sosial sebagai tempat promosi, kita hanya perlu menyiapkan konten yang unik, kreatif, dan mampu menarik perhatian konsumen. Saat ini juga tersedia akun khusus bisnis di Facebook dan Instagram untuk memudahkan kita dalam mengembangkan bisnis.

2. Memaksimalkan Teknologi

Di era digitalisasi ini bukan hanya sosial media saja yang canggih, tetapi juga ada banyak platform lainnya yang bisa kita manfaatkan. Dengan adanya teknologi, mengembangkan bisnis menjadi lebih mudah dan cepat dibandingkan secara konvensional. Kita bisa melakukan pemasaran produk dengan website atau media internet lainnya.

Selain itu, kita juga bisa merancang desain atau membuat pembukuan menggunakan komputer atau smartphone. Tentunya kita juga harus belajar untuk bisa memanfaatkannya dengan benar.

3. Menerapkan Digital Marketing

Tips mengembangkan bisnis UMKM di era digital selanjutnya yaitu dengan menerapkan digital marketing. Kini pemasaran bisnis bisa berbasis digital yang disebut dengan digital marketing, artinya kita menggunakan media digital atau elektronik untuk mempromosikan produk atau jasa usaha kita. 

Ada banyak teknik digital marketing yang bisa kita terapkan mulai dari penggunaan media sosial, email marketing, iklan radio serta televisi, search engine optimization (SEO), Billboard elektronik dan lainnya. Bagi bisnis UMKM minimal bisa memanfaatkan media sosial untuk pemasaran dengan menggunakan teknik copywriting yang baik, pembuatan konten menarik dan lainnya. Atau, kita juga bisa melakukan pemasaran dengan memanfaatkan e-commerce.

4. Inovatif

Tips mengembangkan bisnis UMKM di era digital yang penting diperhatikan selanjutnya yaitu selalu berinovasi. Inovasi di sini berarti berinovasi dalam hal produk, strategi dan pelayanan. Dengan begitu, bisnis kita akan semakin berkembang dengan pesat.

5. Tambah Modal untuk Pengembangan UMKM

Selain tips yang telah dijelaskan di atas, untuk mengembangkan UMKM perlu adanya pengembangan modal atau pendanaan. Dalam bisnis seperti UMKM, modal dapat membantu pelaku bisnis UMKM untuk menambah aset, meningkatkan produksi, dan menambah karyawan supaya bisnis dapat tumbuh dengan cepat.

Nah, salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan modal bagi UMKM yaitu melalui pendanaan online Modalku. Modalku merupakan platform pendanaan digital bagi UMKM berbasis teknologi finansial di Indonesia. Oh iya, Modalku ini sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, kita nggak perlu khawatir jika kita mengajukan peminjaman dana untuk UMKM.

Kalau teman-teman tertarik untuk mengajukan pinjaman modal di Modalku, yuk simak alur cara kerja Modalku di bawah ini!

  1. Mendaftarkan UMKM di website Modalku untuk pengajuan pinjaman modal usaha.
  2. Tim Modalku akan memproses aplikasi pinjaman modal dari UMKM yang terdaftar.
  3. Pendana (Investor) memberikan pinjaman ke UMKM dengan model urun dana (Crowdfunding).
  4. UMKM menerima pinjaman setelah proses crowdfunding selesai.

Keunggulan Platform Pendanaan UMKM di Modalku:

Selain pengajuan pinjaman yang mudah, keunggulan platform Pendanaan UMKM di Modalku juga meliputi hal-hal berikut ini:

  • Tanpa agunan
  • Pendaftaran mudah secara online
  • Berizin dan diawasi oleh OJK
  • Bunga rendah mulai dari 2% per bulan
  • Pinjaman hingga Rp 250 juta
  • Tenor pinjaman 3 hingga 12 bulan

Nah, bagaimana? Sudah tahu tips mengembangkan bisnis UMKM di era digital, kan? Doaku, semoga para UMKM Indonesia makin maju dan makin berkembang di tengah gempuran pandemi ini. Yuk, semangat, yuk!

You may also like

1 komentar

Nia Tanaya 12 Maret 2022 - 13:37

aku butuh tambahan modal dong mb el.. yuhuuuu 😀

Balas

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: