Pengertian Topologi Bus Beserta Kelebihannya

oleh Ella Fitria
Pengertian Topologi Bus Beserta Kelebihannya

Sering kali beberapa pihak mempertahankan situs terpercaya untuk beli hosting murah diskon seumur hidup. Hal tersebut terjadi karena kebutuhan akan hosting sebagai layanan untuk memastikan jika website kita bisa ditampilkan melalui internet semakin meningkat seiring berjalannya waktu.

Hosting merupakan layanan online yang bisa kita gunakan untuk mengelola data situs ataupun aplikasi web. Dengan begitu, situs atau aplikasi web yang dibuat oleh pengguna untuk ditampilkan melalui via internet. 

Layanan online seperti hosting biasanya dapat dilakukan dengan mudah melibatkan jaringan internet yang kemudian terhubung pada komputer klien lain. Salah satu jaringan internet yang menghubungkan beberapa komputer adalah topologi. Namun, pada ulasan kali ini informasi yang akan kita dapatkan yaitu mengenai pengertian serta kelebihan dari topologi bus.

Apa Itu Topologi Bus

Setelah memahami manfaat utama atau mengetahui pentingnya beli hosting murah diskon seumur hidup, kita juga perlu mengetahui pengertian singkat dari jaringan internet topologi. Pada ulasan kali ini, akan mendapatkan informasi singkat berhubungan dengan topologi bus yang biasanya digunakan pada instansi atau perusahaan dengan skala kecil.

Pertanyaan mengenai apa itu topologi bus sering kali muncul dan ditanyakan oleh sebagian besar masyarakat dan pihak tertentu. Oleh karena itu, tidak mengherankan lagi jika pertanyaan tersebut sering kali muncul di kolom pencarian internet.

Topologi bus adalah metode atau suatu cara yang digunakan untuk menghubungkan dua atau banyak komputer. Penggabungan tersebut dilakukan secara serial menggunakan kabel utama. Kabel utama itulah yang kemudian menjadi center atau pusat lalu lintas data. Selain itu, topologi biasanya digunakan oleh jaringan dalam skala kecil yang kemudian terhubung melalui kabel tunggal.

Sedangkan pada topologi bus, konektor serta terminator yang digunakan sebagai media transmisi data disebut BNC. Sesuai dengan nama dari jenis topologi, rangkaian tipe jaringan yang dimiliki oleh hosting yang satu ini menyerupai bentuk ruangan yang ada dalam bus.

Kelebihan Topologi Bus

Setelah mengetahui apa itu topologi bus, hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah kelebihan dari topologi bus. Yuk, simak ulasan berikut untuk mengetahui 6 kelebihan yang dimiliki oleh hosting jenis topologi bus.

1. Jaringan yang Mudah dan Sederhana

Kelebihan pertama saat kita menggunakan hosting topologi bus yaitu mendapatkan jaringan yang mudah dan sederhana. Jenis topologi yang satu memiliki kelebihan ini karena tampilannya sederhana, sehingga proses instalasi yang dibutuhkan juga lebih mudah.

2. Bisa Didapatkan dengan Biaya yang Terjangkau

Kedua, kita juga bisa mendapatkan topologi bus dengan harga atau biaya yang terjangkau. Hal ini cukup berbeda dengan topologi jenis Hybrid yang membutuhkan biaya cukup banyak untuk proses instalasinya.

Topologi bus bisa kita dapatkan dengan harga yang terjangkau karena dalam proses pembuatannya tidak membutuhkan kabel atau komponen lainnya dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, kita tidak perlu mengeluarkan bujet atau buaya yang banyak untuk penggunaan topologi bus.

3. Dilengkapi dengan Desain yang Unik

Kelebihan topologi bus yang selanjutnya terletak pada desain jaringan yang unik. Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, jaringan pada topologi jenis ini menyerupai bentuk ruangan dalam bus. Oleh karena itu, desain serta interior topologi bus tergolong unik dan dilengkapi dengan bagian layout yang sederhana.

4. Dapat Dikembangkan dengan Mudah

Selanjutnya, kita juga bisa merasakan kelebihan topologi bus dari segi pengembangannya. Kita bisa dengan mudah mengembalikan hosting topologi bus mengingat jaringan serta instalasinya yang juga cukup mudah.

5. Tidak Memberikan Pengaruh Kepada Komputer Lainnya

Selain itu, penggunaan topologi bus juga tidak memberikan pengaruh kepada komputer lainnya. Kita tidak perlu khawatir lagi saat terjadi permasalahan pada komputer klien karena permasalahan tersebut tidak akan berpengaruh pada komputer klien yang lainnya.

6. Penggunaannya Praktis dan Tidak Perlu Hardware

Terakhir, penggunaan topologi bus tergolong lebih praktis dan tidak perlu hardware. Selain proses instalasinya yang mudah, topologi bus juga tidak memerlukan hardware untuk digunakan. Sementara itu topologi lain seperti topologi star masih membutuhkan switch atau hub.

Kita bisa mengakses dan beli hosting murah diskon seumur hidup di website resmi yang tertera. Selain itu, kita juga bisa menemukan informasi lebih lanjut mengenai apa itu topologi bus dengan satu kali klik link yang tersedia. Demikian ulasan singkat mengenai pengertian topologi bus beserta kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat.

Referensi:

1. https://qwords.com/blog/pengertian-topologi-bus-serta-kelebihan-dan-kekurangannya/

2. https://jokowarinoblog.com/pengertian-cloud-hosting/

3. https://citraweb.com/artikel_lihat.php?id=67

You may also like

Beri Komentar