Search
Close this search box.

Apa Itu SMTP? Pengertian, Fungsi, dan Cara Mengaktifkannya di Gmail

Table of Contents

Di era digital seperti saat ini, banyak orang yang memanfaatkan media digital untuk berbagai kegiatan. Contohnya adalah penggunaan website dengan VPS di DomaiNesia, media sosial, hingga email yang sering digunakan dalam berbagai aktivitas, termasuk dalam hal komunikasi. Keunggulan dari penggunaan teknologi tersebut terletak pada efisiensi waktu, tenaga, dan biaya yang lebih terjangkau.

Dalam konteks pemanfaatan teknologi sebagai media komunikasi, terdapat aturan dan instruksi diperlukan yang disebut protokol. Protokol berfungsi sebagai penghubung antar komputer dan memiliki peran dalam pengiriman serta penerimaan email bisnis. Salah satunya adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang merupakan protokol standar untuk mengirimkan email dari sumber lokal ke server atau alamat penerima email.

Sebagai teknologi yang banyak diandalkan dalam pengiriman email, apa saja fungsi dari SMTP dan bagaimana cara mengaktifkannya apabila Anda menggunakan Gmail? Sebelum masuk ke pembahasan tersebut, mari kenali lebih dalam apa itu SMTP.

Mengenal Apa Itu SMTP

Protokol bisa diibaratkan sebagai media penghubung yang penting pada suatu teknologi komunikasi. Misalnya, agar komunikasi antar komputer bisa terjalin, diperlukan aturan dan petunjuk standar yang bisa diikuti oleh semua komputer. Inilah yang dimaksud dengan protokol.

SMTP sebagai salah satu protokol standar di internet yang dipakai untuk mengirim email dari pengirim lokal ke server email, lalu sampai ke penerima. Dalam SMTP, terdapat 3 port yang memiliki perbedaan dalam enkripsi. Port 25 tanpa SSL, port 587 dengan TLS, dan port 465 dengan SSL. Sayangnya, port 25 sering ditutup oleh beberapa ISP karena dianggap kurang aman tanpa enkripsi.

Bicara tentang SMTP, kita tak bisa lepas dari POP3 dan IMAP. Keduanya adalah protokol untuk mengambil email dari server ke perangkat lokal. Lebih rinci mengenai POP3 dan IMAP dapat dibaca dalam artikel: Perbedaan IMAP dan POP3 Pada Email.

Fungsi dari SMTP

Sebagai salah satu protokol standar dalam pengiriman email, terdapat beberapa fungsi dari SMTP. Fungsi-fungsi tersebut di antaranya adalah:

1. Mempermudah Proses Pengiriman Email

SMTP menyederhanakan proses pengiriman email melalui penggunaan protokol standar. Dengan prinsip ini, SMTP memberikan pedoman yang terstruktur untuk mengirim email. Setiap server email yang mengaplikasikan SMTP diharuskan mengikuti pedoman yang seragam.

Proses tersebut memastikan interaksi yang mulus antara server email, sehingga pengiriman email dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, SMTP menyajikan mekanisme untuk memastikan bahwa email yang terkirim telah diterima oleh server email penerima dan dapat dibaca dengan baik. Ini membawa pengiriman email menjadi lebih dapat diandalkan dan efektif.

2. Mempertahankan Privasi Pengguna

Sementara SMTP tidak menjamin kerahasiaan pribadi secara langsung, protokol ini menyediakan fitur enkripsi yang memungkinkan pengiriman email dengan tingkat privasi lebih tinggi. Fitur ini memastikan bahwa isi pesan hanya bisa dibaca oleh penerima yang memiliki kunci enkripsi yang sesuai.

Teknologi seperti SSL/TLS sering digunakan untuk menjaga privasi pesan yang dikirim melalui SMTP. Lebih jauh, sejumlah server email menyediakan fitur autentikasi yang memastikan hanya pengguna terverifikasi dengan akses yang relevan yang dapat mengirim atau menerima pesan melalui server tersebut.

3. Memfasilitasi Proses Komunikasi

Fungsi lain dari SMTP adalah kemudahan dalam berkomunikasi, dimana pengguna dapat mengirimkan pesan kepada penerima yang memiliki alamat email yang sah, tanpa memedulikan kesesuaian teknis atau masalah kompatibilitas. Hal ini menjadikan komunikasi lebih efisien dan praktis dari sisi pengguna.

Cara Mengaktifkan SMTP di Gmail

Setelah mengenal apa itu SMTP serta berbagai fungsinya, waktunya untuk mencoba mengaktifkan SMTP pada Gmail Anda dengan langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan Anda sudah memiliki akun Google dan akses cPanel pada hosting Anda.
  2. Aktifkan fitur “Less secure apps”. Google secara otomatis memblokir perangkat yang tidak memenuhi standar keamanan tertentu. Untuk menghindari hal ini, aktifkan terlebih dahulu fitur “Less secure apps”.
  3. Masuk ke akun Gmail dan buka menu “Pengaturan” dan pilih opsi “Pengiriman IMAP/POP” yang tersedia.
  4. Aktifkan opsi “Aktifkan IMAP” dan lanjutkan dengan mengakses PHPMailer untuk melihat dan mendapatkan skrip PHP mail yang akan digunakan.
  5. Setelah langkah-langkah di atas terpenuhi, akses “Repository PHPMailer” di GitHub, unduh skrip yang tersedia melalui opsi “Unduh zip atau clone”.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, simpan pesan langsung ke perangkat komputer. Dengan begitu, Anda akan dapat mengaktifkan dan memanfaatkan SMTP di Gmail dengan efisien.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) memainkan peran penting dalam untuk meringankan tugas pengiriman email, menjadikannya lebih efisien dan praktis untuk diselesaikan. Dengan mengaktifkan SMTP, Anda akan mendapati kemudahan dalam mengirim surat elektronik atau email langsung ke alamat penerima. Ini menghemat waktu dan anggaran, serta mempercepat proses pengiriman email.

Yuk Baca Lainnya!

Yuk Bantu Bagikan Tulisan Ini!

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar