Perusahaan Fintech: Pengertian dan Manfaatnya untuk Perekonomian

oleh Ella Fitria

Perusahaan fintech adalah salah satu perusahaan yang pertumbuhannya sangat pesat di Indonesia. Penyebabnya yaitu platform keuangan berbasis teknologi sehingga memudahkan pengguna. User dapat mengakses perusahaan fintech melalui smartphone tanpa terbatas waktu. Artinya selama 24 jam dapat mengakses platform untuk melakukan pendanaan atau mengajukan pinjaman.

Pengertian Perusahaan Fintech

Fintech sebetulnya akronim dari financial technology yang merupakan inovasi dalam bidang keuangan berbasis teknologi. Tujuan dari fintech untuk memberikan transaksi atau akses keuangan dengan mudah, cepat, dan efisien.

Sedangkan perusahaan fintech adalah penyelenggara layanan keuangan yang menawarkan berbagai produk untuk transaksi investasi, pinjaman dana, dan lainnya. Di Indonesia perusahaan harus terdaftar di OJK dan bergabung dengan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Hal tersebut karena fintech memiliki payung hukum yang kuat, walau terus mengalami perubahan dalam perbaikan regulasi. Terlepas dari itu, ada banyak manfaat dengan hadirnya keuangan berbasis teknologi.

Manfaat Fintech

Fintech pada dasarnya untuk memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi dengan cepat dan tetap aman. Dengan begitu akan ada banyak manfaat yang diperoleh, yaitu:

1. Akses Pendanaan yang Mudah

Tidak hanya untuk perusahaan, fintech membuka akses kepada individu untuk memberikan pendanaan kepada yang membutuhkan dengan mudah. Begitu juga bagi yang ingin mendapatkan pendanaan. Melalui platform aplikasi siapa saja dapat akses pendanaan dengan mudah dan cepat. Apalagi syarat yang ditentukan sangat mudah, sehingga dapat membantu ekonomi masyarakat.

2. Transaksi Keuangan Menjadi Mudah

Sebelum teknologi berkembang pesat masyarakat harus ke bank untuk mengajukan pendanaan. Masyarakat tidak dapat leluasa karena terbatas jam operasional. Berbeda, setelah hadirnya fintech di Indonesia karena akses ke layanan keuangan jadi lebih mudah. Kapan saja dan di mana saja dapat mengajukan pendanaan.

3. Mempercepat Perputaran Keuangan

Kemudahan akses memiliki manfaat dalam mendorong perputaran keuangan yang tidak hanya cepat, tetapi praktis. Ini adanya dukungan platform teknologi yang memberikan kemudahan dalam transaksi keuangan digital.

4. Mendukung Usaha Kecil Menengah

Fintech pendanaan mendorong pertumbuhan usaha kecil menengah agar berkembang dengan baik. Adanya pendanaan modal usaha UMKM Indonesia dapat tumbuh dan berdampak positif terhadap laju ekonomi di Indonesia.

5. Meningkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

Hadirnya fintech memberikan manfaat besar dalam meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia. Fintech menjadi akselerator terhadap layanan keuangan di Indonesia yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat menjadi lebih baik.

Perusahaan Fintech Amartha dan Produk yang Ditawarkan

Amartha adalah perusahaan fintech Indonesia yang hadir dalam memberikan dukungan pendanaan bagi UMKM. Awalnya untuk mendorong usaha yang digawangi perempuan tangguh di desa.

Seiring waktu, Amartha berhasil tumbuh sebagai perusahaan penyedia layanan keuangan digital yang berhasil membantu banyak pelaku usaha UMKM. Timbal baliknya dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan membangun ekonomi inklusif. Amartha memiliki beberapa produk keuangan yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu individu dan bisnis.

1. Individu

Akses layanan keuangan yang memiliki berbagai produk untuk Individu, seperti:

  • Pinjaman kelompok
  • Paylater
  • Pinjaman modal kerja
  • Pinjaman multiguna
  • Microfinance Marketplace
  • Earn pendanaan untuk UKM

2. Bisnis

Instansi atau perusahaan dapat melakukan transaksi di Amartha untuk produk-produk berikut:

  • Loan Channeling
  • Embedded Lending
  • Embedded Investment
  • Credit Decision Engine

Produk Amartha di atas, baik untuk Individu atau bisnis merupakan layanan keuangan berdampak dalam mendukung laju ekonomi di Indonesia. Terutama membantu bisnis UKM tumbuh dan berkembang dengan baik.

Melakukan pendanaan di Amartha terjamin aman karena penyelenggara keuangan mikro fintech ini sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Oleh sebab itu, setiap transaksi berdasarkan regulasi yang pemerintah terapkan.

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar