Postingan

Berawal dari gelar S.Pd lahirlah ESPEDE Coffee and Dessert

Gambar
Tempat biasa aja ya, kabari temen-temen suruh nyusul.... "Sahut Davin setiap kali kita ketemu di Purbalingga"




Adalah ESPEDE Coffee and Dessert. Kalian yang anak gawl pasti udah gak asing lagi deh sama tempat nongkrong yang ada di Purbalingga dengan tagline Aku, Kamu, dan Kopi Kita. Hmmm, kalo kataku sih Aku, Kamu, Ayo Nikah. Hahaha




Eh kenapa namanya ESPEDE sih? 

Yha karena owner dari kedai kopi ini sarjana pendidikan (S.Pd). Keren banget gak sih? Mereka bertiga merupakan sarjana pendidikan yang justru bisa membuka lahan pekerjaan. Saat ini karyawan yang ada di kedai ini sudah mencapai 6 orang, Salut! Anak muda yang mampu melihat peluang dan berani mengambil resiko. *perlu dicontoh nih perlu banget*

.... Pengin latihan hidup mandiri aja mbak. Makannya kita mendirikan semacam kedai coffee yang kita kasih nama ESPEDE. "tutur Mas Yoga salah satu owner Espede"
Lucu banget yak plesetan namanya. Waktu denger asal usul kenapa dikasih nama ESPEDE, speechless *kayak kamu yang…

Ikhlas : Obat Galau Termujarab

Gambar
Mau dong curhat menye-menye, penginnya sih cuma sekedar berbagi rasa.. Mungkin buat kalian yang lagi galau, ini cocok banget jadi temen galau.. Emmm, tapi buat yang lagi gak galau pasti ini tulisan menye-menye kayak adonan dodol garut "lengket dan benyek"

Aku juga sering dikasih nasehat sih, kalo nulis itu gak ada manfaatnya mending gak usah ditulis.. Kita gak bakal dapet apa-apa, malah yang ada orang lain main judge seenak jidat sama apa yang kita tulis.. Whatever, karena menurutku ini perlu ku tulis sebagai pembelajar dan kenang-kenangan. *Ceileh kenang-kenangan, abis penelitian di sekolah kali ya buuuk pake acara ngasih kenang-kenangan segala* Hhhh

Cepetan ih, jadi mau cerita apa El?

Yaiy, cerita tentang ketulusan, keikhlasan, kepercayaan dan keyakinan. Beuuuh, berat banget yak.. Macam lagi belajar makul filsafat, eh lebih berat dari sekedar filsafat ini mah..

Kali ini ku buka dengan pertanyaan yak.. *ini serius* Emmm siapa yang pernah mengkhianati sebuah kepercayaan? Sia…

Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman Menjadi Kebanggaan Warga Rembang Purbalingga

Gambar
Monumen Tempat Lahir Panglima Besar TNI Pertama : Jenderal Besar Raden Soedirman

Siapa sih yang gak kenal sosok jenderal Soedirman ini? Namanya yang populer hingga dijadikan nama jalan dikota-kota besar. Jenderal Soedirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916, di Dusun Rembang, Desa Bantar Barang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kali ini aku menyempatkan diri mengunjungi Monumen Jenderal Soedirman yang menjadi kebanggaan masyarakat desa Bantar Barang sebelum Soedirman kecil pindah ke Kroya, Cilacap. Beliau wafat di Magelang pada tanggal 29 Januari 1950 saat usia 34 tahun makamnya ada di Taman Makam Pahlawan Kusumanegara Yogyakarta. *kalo dia kapan wafat?etdah*

Sebenarnya monumen tempat lahir Jenderal Soedirman ada dimana sih?


Banyak yang belum tau tempat lahirnya pejuang kemerdekaan ini. Makannya sini, ku kasih tau atau bisa juga langsung ku ajak kesana. *modus-modus*
Ya, monumen tempat lahir (MTL) Jenderal Soedirman ada di dusun Rembang, desa Bantar Barang, Kecama…

Juguran Blogger Indonesia : Jamuan Surganya Banyumas

Gambar
Atusias buanget, ketika liat pamflet juguran blogger di update-an WhatsAppnya buk @idahceris. Ga begitu ngarep bisa keseleksi sih, soalnya tau diri lah ya.. Pasti yang dateng orang-orang kece Se-Indonesia.. Sungguh ini kali pertama aku gabung dengan orang-orang hebat, orang-orang penting dari berbagai kota se Indonesia raya, banyak diantara mereka yang tulisannya sering ku baca.

Ketika ada email masuk untuk konfirmasi kehadiran peserta juguran blogger Indonesia rasanya tuh ya kayak pas mantan minta balikan, gimana ya. Susah diungkapin deh, *toyorkepalasendiri* makannya gak ku ungkapin.
FYI, juguran itu berasal dari bahasa Banyumas yang berarti "kumpul", jadi arti dari juguran Blogger Indonesia yakni kumpulnya blogger dari belahan sudut Indonesia. Wiw keren banget kan. Pokoknya sama persis dengan jargon juguran blogger ke 3 ini yakni “Sedikit Bicara, Banyak Wisata”
Acara #juguranblogger di mulai tanggal 11-13 Juli 2017, kita dikasih kesempatan untuk explore Banyumas. Tsssa…

Dieng kuy, Dieng

Gambar
Walaupun lebaran udah lewat, gak ada salahnya kan ya aku baru ucapin mohon maaf lahir batin, maafin tulisanku yang sering gak mutu, yang gak enak dibaca, yang gak asyik sama sekali tapi kadang ngotot tetep aja di publish dan diiringi dengan harapan semoga kalian membaca dengan sabar lalu mengucap istighfar.. Hahaha

Ceritanya kemarin h+3 lebaran Idul Fitri diajakin mantai sama adekku, kebetulan mau rame-rame nih bareng temen-temennya dia. Aku iyain aja, lumayan kan mantai tanpa ngrengek-ngrengek dulu. Pagi-pagi langsung semangat banget mandi, padahal kalo gak ada acara mah mandi cukup sore hari. Kalo pagi dinginnnnnn, dinginnnnn banget rasanya kaya lagi kepoin pacar yang ternyata lebih mentingin temen-temennya dibanding kita-_-

Jam 8 pagi kita sepakat kumpul di depan rumahku, biasa kan jam endonesiah ngaret. Dari jam 8 janjian, jam 12 baru kumpul semuaaaaaa. Menunggu itu rasanya sama kayak makan oreo yang harus diputar, dijilat, lalu dicelupin. Eh pas oreonya mau diangkat masukin mulut…

Markesot Bertutur #Emha Ainun Nadjib

Gambar
Bulan Al-Quran, Budaya Ramadhan
Ternyata rizki itu lebih banyak yang bukan berupa kekayaan harta benda. Coba, pada dini hari Jumat Kliwon kemarin, tatkala bangun untuk makan sahur, Markesot bergumam-gumam sendiri, "Lho, luar biasa. Tidur saya tidak berlanjut ke kematian. Padahal, saya ndak bisa lho ngontrol tidur untuk tidak menjadi kematian. Ternyata saya bangun kembali, mripat jik iso kethap-khetip, perut masih sanggup merasakan lapar dan kenyang, tanganku iki kiro-kiro jik kuwat digae nguli, alhasil segala sesuatunya masih beres. Onderdil tubuh dan jiwa saya sehat walafiat. Alangkah besar rezeki Allah ...." Maka, Markesot berangkat makan sahur dengan penuh rasa bahagia dan syukur. Cinta betul dia sama Allah! Lha wong Allah itu bisa lho membikin kita pada suatu pagi ndak bisa bangun karena kaki lumpuh sebelah, mata rabun, atau cangkem kita pethot. Tapi, Markesot tetap dianugerahi-Nya rezeki kesehatan, tiap pagi.
Itu semualah yang membuat Markesot merasa dikabyuki rezeki. Ti…

Cake Tira-Misssyuuu

Gambar
Kopi? Hampir setiap orang yang ku temui candu banget sama kopi, mulai dari orang rumah, sahabat, temen nongkrong, dan calon suami. *eh calon suaminya siapa? Suami orang. Ckckck

Tapi yang disayangkan, aku gak boleh minum kopi. Karena kafein bikin perutku kembung dan asam lambung naik, yang jelas bikin macek *sakit perut. Gara-gara terinspirasi dengan kopi, pengin nyoba bikin cake tira-miss-u.. Weheheh

Bahan-bahan:
Bahan A
- 2 butir telur
- 100 gram gula pasir
- 1 sdt SP

Bahan B
- 100gram tepung terigu
- 1 sdt BP
Aduk dan ayak

Bahan C
- 50 ml santan
- 50 ml minyak goreng

Bahan D
- 3 sdm kopi jawa
- 2½ sdm coklat bubuk

Cara membuat tiramissu:
- Panaskan kukusan. Alasi tutup dengan kain bersih. Olesi loyang 15 x 5 dengan margarin.
- Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga kental dan berjejak.
- Masukan bahan B mixer dengan kecepatan rendah hingga rata.
- Masukan bahan C aduk menggunakan spatula jangan terlalu lama.
- Bagi adonan menjadi 3 adonan. Adonan putih, adonan yang dicampur co…

Banana Cake

Gambar
Punya temen yang super baik itu rejeki tak terhingga deh ya. Lagi pengin makan pisang tiba-tiba ada yang kerumah bawa pisang 1 tandan. Kaget campur ngakak liat ekspresi susah payah bawa 1 tandan pisang pake motor *kedengselan. Haha

Yang tadinya pengin banget makan pisang sekarang berubah jadi pengin bikin cake banana chocochip, hihi

Bahan-bahan yang harus disiapkan:
Bahan A
- 2 butir telur
- 100 gram gula pasir
- ½ sdt SP

Bahan B
- 150 gram tepung terigu
- ½ sdt BP
Campurkan dan ayak

Bahan C
- 5 pisang raja (dihaluskan)
- 3 sdm susu kental manis
Campurkan

- 80 gram mentega (dicairkan)
- chochochip secukupnya

Cara membuat cake banana chochocip :
- Mixer bahan A hingga kental dan berjejak.
- Masukkan bahan B lalu aduk menggunakan spatula. Jangan terlalu lama.
- Masukan bahan C dan mentega perlahan.
- Siapkan loyan 16 x 5 olesi menggunakan mentega dan terigu. Lalu oven 5 menit dan masukan chocochip. Oven lagi selama 20 menit.



Yeah, cake banan chocochip siap dipotong-potong, motongnya pak…

1 Miliyar Saraf Rusak Akibat Bentakan dan Kata-kata Kasar

Berawal dari kejadian setahun lalu, ketika kos-an ku kemalingan. Kebayang gak sih, si maling bisa masuk kamar ketika posisiku sedang tidur pules, yakali gimana gak tidur pules banget orang dia maling jam setengah 2 pagi. Waktu itu aku baru aja dikasih jatah bulanan, ku ambil duit di ATM Rp. 800.000 karena niatnya mau beli buku sekalian service motor dan bayar kosan daripada aku bolak balik ke ATM kan mending ambil sekalian. Eh malemnya kosku kemalingan. *mending kemalingan hati ya, apalagi kamu malingnya, wkwk*

Singkat cerita, si maling masuk kamar demi kamar, pas masuk kamar temenku. Temenku kebangun dan teriak kenceng biyangeeet, kenceng sekenceng-kencengnya karena posisi malingnya mau nyium temenku. Gila! Maling gak punya otak! *ya sih mana ada maling yang punya otak ya. Ampun deh, aku bener-bener takut banget. Mikirnya udah jelek banget, jangan-jangan aku di apa-apain tapi aku gak kerasa, banyak jangan-jangan diotakku. Setelah dipastiin alhamdulillah aku gak papa, aman. Padahal ak…