Cara Mudah Mencatat Berbagai Transaksi dengan Bukukas

oleh - Agustus 19, 2020

Cara Mudah Mencatat Berbagai Transaksi dengan Bukukas
Cara Mudah Mencatat Berbagai Transaksi dengan Bukukas

Buat teman-teman yang bergelut di dunia bisnis pasti sudah nggak asing lagi dengan berbagai pencatatan transaksi ya. Nah, kali ini aku akan mengenalkan sebuah aplikasi untuk mempermudah pencatatan transaksi dalam sebuah bisnis. Yap! Namanya Bukukas, Bukukas ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu pebisnis untuk memonitor dan mengatur keuangannya. Misi utama dari Buku Kas yaitu membantu jutaan bisnis di Asia tenggara salam mengatur arus kas dan memonitori menjadi lebih baik. Dari visi tersebut terciptalah fitur-fitur aplikasi yang mendukung tercapainya visi tersebut.

Apa Saja Fitur Yang Ada Di Bukukas?

Fitur Bukukas
Fitur Bukukas
Berikut ini beberapa fitur yang mendukung tercapainya visi Bukukas yang akan bermanfaat untuk para pelaku bisnis, diantaranya sebagai berikut:

1. Laporan Keuangan

Transaksi keuangan yang nantinya akan menjadi laporan keuangan bisa kita pantau secara penuh. Walaupun sudah ada yang karyawan yang membuatnya sebagai pemimpin kita juga perlu tahu secara detailnya dong. Hal inilah yang nantinya dapat menjadikan kebijakan pada periode berikutnya.

2. Hutang Piutang

Mencatat hutang piutang dengan detail bertujuan supaya pembuatannya lebih terkontrol. Sehingga kita juga yang nantinya akan terhindar dari kredit macet. Kita bisa menggunakan fitur pengingat hutang untuk menagih hutang kepada pelanggan. Penagihan ini nantinya berfungsi agar pihak terutang membayar tepat waktu.

3. Kartu Nama Digital

Kartu nama digital seperti halnya kartu nama pada umumnya hanya saja kartu ini bentuknya softfile. Kartu digital ini bisa dengan mudah dibagikan ke pelanggan sebagai salah satu media promosi bisnis yang kita jalankan. Selain itu kita juga bisa membaginya melalui media sosial. Dengan begitu kita sudah termasuk melakukan promosi secara tidak langsung.

4. Catat Pengeluaran

Bukukas sangat memudahkan kita dalam mencatat pengeluaran dengan detail dan jelas. Nah saat mencatat pengeluaran sebaiknya kita sertakan foto bon, keperluan transaksinya apa dan bagaimana metode pembayaranya. Jika informasi lengkap kita juga yang akan mendapatkan keuntungan.

5. Catat Pemasukan

Mencatat pemasukan dengan detail dan jelas, jadi saat menginput data pemasukan sebaiknya berikan juga informasi seperti keperluan transaksi, modal pembelian jenis barang, foto bon dan metode pembayarannya.

6. Multibook

Dapatkan kemudahan dalam Transaksi keuangan berbagai bisnis yang kita jalankan dengan memanfaatkan fitur multibook. Jika kita memiliki bisnis lebih dari satu, maka kita bisa input data juga di satu aplikasi Bukukas. Nah nantinya hasil laporannya akan terpisah sesuai dengan hasil input.

Menurut kalian, bagaimana fitur yang disediakan oleh Bukukas nih? Lengkap bukan? Fitur-fitur tersebut memang dibuat untuk membantu kita dalam mengelola keuangan mulai dari pencatatan sampai hasil laporannya. Jadi kita akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Kita juga akan terbebas dari hitungan manual yang bisa saja terjadi salah perhitungan.

Dengan begitu, kita bisa memiliki waktu luang untuk keluarga dan waktu untuk diri sendiri sehingga kita akan tetap fresh dan fit dalam mengatur keuangan karena tidak adanya tekanan fisik maupun psikis.

Oya, data Bukukas juga aman dan terjaga kerahasiaannya lho. Terbukti lebih dari 750 pelaku UMKM yang ada di Indonesia sudah menggunakannya. Mulai saat ini, yuk rubahlah bisnis manual dengan bisnis digital agar bisnis yang dijalankan bisa semakin berkembang maksimal.


Mungkin Kamu Suka

24komentar

  1. Eikeh sampe sekarang masih nulis-nulis pengeluaran. Di buku kecil. Lumayan loh bisa buat ngontrol pengeluaran kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama za.. cuma bedanya nggk di buku. Di hape. pake aplikasi sederhana pencatatan pemasukan-pengeluaran yang kadang sering crash kalau dibuka.. Mau nyoba yang ini. Tapi ini kayanya skala industri rumahan... Iyah Nggak sih..

      Hapus
    2. Mas Riza, tumben banget komennya bersahabat nihhhh

      Mas Bayu, iya mas Bayu, kalau Bukukas ini lebih cocok digunakan yang punya usaha, ya meskipun nggak punya usaha pun bisa tetap pakai kok

      Hapus
  2. WAh mantul ki mbakk... kadang emang suka jebol sih kalau ndak dicatat gitu, Hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. samaaaa :(
      kalap, semuanya pengen dibeli apalagi kalau ada diskon uhuhu

      Hapus
  3. Sekarang semua serba praktis ya, untuk pencatatan keuangan bisnis UMKM juga ada aplikasi bukukas yang banyak fiturnya, dari mencatat pemasukan, pengeluaran, kartu nama digital dan lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyap Mas Agus, bener2 teknologi memudahkan kita buat menjalani aktivitas sehari-hari, ihihi

      Hapus
  4. Wah.. Saya jadi inget zamannya sekolah, pelajaran akuntansi. Tiap hari yang dibahas utang, kas, piutang😁
    Sampai bosen banget. Eh, sekarang malah udah lupa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak Astria, tiap hari bikin jurnal dan tetek mbengeknya belum lagi bikin jurnal pembalik dan penutup, ngitung uang ghoib pula, ahahah
      tapi seru yaa!

      Hapus
  5. makin canggih sekarang, pingin gitu kalo punya usaha kecil kecilan dulu aja, bikin pembukuan yang rapi, biar enak dibaca dan track historynya juga enak. apalagi ada bantuan bukukas ini sekarang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ku dukung mbak Ainun buat buka usaha. meski kecil lama-lama kalau ditekuni bakal jadi besar kok mbak, hihi
      memang zaman digital kaya sekarang semuanya serba mudah

      Hapus
  6. bagus ni...bantu belajar mendisiplinkan diri mengurus kewangan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Anies, lengkap banget sampai ada fitur buat piutang segala biar kita nggak lupa, ihihihi

      Hapus
    2. pinjam hutang orang tak pernah lupa tapi hutang selalu orang akan buat-buat lupa hehehehe

      Hapus
  7. bisa dicoba nih buat reminder temen yang ngutang
    jadi oas doi ngutang auto dicatet
    aplikasi yang bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahahaha, iya Mas.. bisa buat latihan disiplin pembukuan yak, soalnya kadang duka lupa siapa aja yang ngutang, eh

      Hapus
  8. Kerennya di zaan now ini adalah, banyak banget aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita dalam berbisnis, terutama aplikasi kayak gini.
    Ini manfaat banget ya, saya ingat dulu waktu masih bisnis, saya jadi bingung sendiri mencatat semua pemasukan dan pengeluaran ya gara-gara manual :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak Rey, makin kesini makin banyak kecanggihan teknologi yang memudahkan kehidupan sehari-hari ya. Bakal terasa banget manfaatnya untuk mencatat pembukuan, soalnya fiturnya sangat lengkap

      Hapus
  9. wah saya punya ini hehe tapi aplikasi yang saya buat sendri sih. mungkin bisa saya publish seperti ini hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaaaw keren nih, udh punya aplikasi sendiri. boleh boleh silakan ditulis mas, siapa tahu ada yang minat, hihih

      Hapus
  10. Ku hanya mengandalkan excel dan buku lecek untuk pencatatan semua transaksi keuangan rumah tangga. Selain bertugas sebagai admin di kantor, di rumah ku juga merangkap bendahara. Jebolll kalo ga ada pencatatan haha, tapi masih belum pernah pake aplikasi ina inu, kurang paham buat nyatet keuangan pake digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak Aya, cebooolllll kalau nggak dicatat, soalnya kadang nggak kerasa makai uang tiba2 abis, repot sudah kalau tanggal muda masih lama. wkkwk

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti