Cara Mudah Mencatat Berbagai Transaksi dengan Bukukas

oleh Ella Fitria
Cara Mudah Mencatat Berbagai Transaksi dengan Bukukas
Cara Mudah Mencatat Berbagai Transaksi dengan Bukukas

Buat teman-teman yang bergelut di dunia bisnis pasti sudah nggak asing lagi dengan berbagai pencatatan transaksi ya. Nah, kali ini aku akan mengenalkan sebuah aplikasi untuk mempermudah pencatatan transaksi dalam sebuah bisnis. Yap! Namanya Bukukas, Bukukas ini merupakan salah satu aplikasi yang dapat membantu pebisnis untuk memonitor dan mengatur keuangannya. Misi utama dari Buku Kas yaitu membantu jutaan bisnis di Asia tenggara salam mengatur arus kas dan memonitori menjadi lebih baik. Dari visi tersebut terciptalah fitur-fitur aplikasi yang mendukung tercapainya visi tersebut.

Apa Saja Fitur Yang Ada Di Bukukas?

Fitur Bukukas
Fitur Bukukas
Berikut ini beberapa fitur yang mendukung tercapainya visi Bukukas yang akan bermanfaat untuk para pelaku bisnis, diantaranya sebagai berikut:

1. Laporan Keuangan

Transaksi keuangan yang nantinya akan menjadi laporan keuangan bisa kita pantau secara penuh. Walaupun sudah ada yang karyawan yang membuatnya sebagai pemimpin kita juga perlu tahu secara detailnya dong. Hal inilah yang nantinya dapat menjadikan kebijakan pada periode berikutnya.

2. Hutang Piutang

Mencatat hutang piutang dengan detail bertujuan supaya pembuatannya lebih terkontrol. Sehingga kita juga yang nantinya akan terhindar dari kredit macet. Kita bisa menggunakan fitur pengingat hutang untuk menagih hutang kepada pelanggan. Penagihan ini nantinya berfungsi agar pihak terutang membayar tepat waktu.

3. Kartu Nama Digital

Kartu nama digital seperti halnya kartu nama pada umumnya hanya saja kartu ini bentuknya softfile. Kartu digital ini bisa dengan mudah dibagikan ke pelanggan sebagai salah satu media promosi bisnis yang kita jalankan. Selain itu kita juga bisa membaginya melalui media sosial. Dengan begitu kita sudah termasuk melakukan promosi secara tidak langsung.

4. Catat Pengeluaran

Bukukas sangat memudahkan kita dalam mencatat pengeluaran dengan detail dan jelas. Nah saat mencatat pengeluaran sebaiknya kita sertakan foto bon, keperluan transaksinya apa dan bagaimana metode pembayaranya. Jika informasi lengkap kita juga yang akan mendapatkan keuntungan.

5. Catat Pemasukan

Mencatat pemasukan dengan detail dan jelas, jadi saat menginput data pemasukan sebaiknya berikan juga informasi seperti keperluan transaksi, modal pembelian jenis barang, foto bon dan metode pembayarannya.

6. Multibook

Dapatkan kemudahan dalam Transaksi keuangan berbagai bisnis yang kita jalankan dengan memanfaatkan fitur multibook. Jika kita memiliki bisnis lebih dari satu, maka kita bisa input data juga di satu aplikasi Bukukas. Nah nantinya hasil laporannya akan terpisah sesuai dengan hasil input.

Menurut kalian, bagaimana fitur yang disediakan oleh Bukukas nih? Lengkap bukan? Fitur-fitur tersebut memang dibuat untuk membantu kita dalam mengelola keuangan mulai dari pencatatan sampai hasil laporannya. Jadi kita akan sangat terbantu dengan adanya aplikasi ini. Kita juga akan terbebas dari hitungan manual yang bisa saja terjadi salah perhitungan.

Dengan begitu, kita bisa memiliki waktu luang untuk keluarga dan waktu untuk diri sendiri sehingga kita akan tetap fresh dan fit dalam mengatur keuangan karena tidak adanya tekanan fisik maupun psikis.

Oya, data Bukukas juga aman dan terjaga kerahasiaannya lho. Terbukti lebih dari 750 pelaku UMKM yang ada di Indonesia sudah menggunakannya. Mulai saat ini, yuk rubahlah bisnis manual dengan bisnis digital agar bisnis yang dijalankan bisa semakin berkembang maksimal.

Ella Fitria

You may also like

0 0 vote
Rating Artikel
Subscribe
Notifikasi
guest
0 Komentar
Feedback Sebaris
Lihat semua komentar
Riza Alhusna
19 Agustus 2020 11:19

Eikeh sampe sekarang masih nulis-nulis pengeluaran. Di buku kecil. Lumayan loh bisa buat ngontrol pengeluaran kita.

Si Bayuu
19 Agustus 2020 14:45

Sama za.. cuma bedanya nggk di buku. Di hape. pake aplikasi sederhana pencatatan pemasukan-pengeluaran yang kadang sering crash kalau dibuka.. Mau nyoba yang ini. Tapi ini kayanya skala industri rumahan… Iyah Nggak sih..

Eksapedia
20 Agustus 2020 00:44

WAh mantul ki mbakk… kadang emang suka jebol sih kalau ndak dicatat gitu, Hehehe..

Agus Warteg
20 Agustus 2020 10:07

Sekarang semua serba praktis ya, untuk pencatatan keuangan bisnis UMKM juga ada aplikasi bukukas yang banyak fiturnya, dari mencatat pemasukan, pengeluaran, kartu nama digital dan lainnya.

Ella Fitria
20 Agustus 2020 12:39

Mas Riza, tumben banget komennya bersahabat nihhhh

Mas Bayu, iya mas Bayu, kalau Bukukas ini lebih cocok digunakan yang punya usaha, ya meskipun nggak punya usaha pun bisa tetap pakai kok

Ella Fitria
20 Agustus 2020 12:39

samaaaa 🙁
kalap, semuanya pengen dibeli apalagi kalau ada diskon uhuhu

Ella Fitria
20 Agustus 2020 12:40

iyap Mas Agus, bener2 teknologi memudahkan kita buat menjalani aktivitas sehari-hari, ihihi

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis
21 Agustus 2020 00:21

simpel….dan bermanfaat

Ainun
21 Agustus 2020 05:49

makin canggih sekarang, pingin gitu kalo punya usaha kecil kecilan dulu aja, bikin pembukuan yang rapi, biar enak dibaca dan track historynya juga enak. apalagi ada bantuan bukukas ini sekarang ya

dear anies
21 Agustus 2020 08:31

bagus ni…bantu belajar mendisiplinkan diri mengurus kewangan…

Ikrom Zain
21 Agustus 2020 09:32

bisa dicoba nih buat reminder temen yang ngutang
jadi oas doi ngutang auto dicatet
aplikasi yang bermanfaat

Reyne Raea / Rey
21 Agustus 2020 22:54

Kerennya di zaan now ini adalah, banyak banget aplikasi-aplikasi yang memudahkan kita dalam berbisnis, terutama aplikasi kayak gini.
Ini manfaat banget ya, saya ingat dulu waktu masih bisnis, saya jadi bingung sendiri mencatat semua pemasukan dan pengeluaran ya gara-gara manual 😀

Arenapublik
22 Agustus 2020 05:42

wah saya punya ini hehe tapi aplikasi yang saya buat sendri sih. mungkin bisa saya publish seperti ini hehe

Aya zahir
23 Agustus 2020 09:48

Ku hanya mengandalkan excel dan buku lecek untuk pencatatan semua transaksi keuangan rumah tangga. Selain bertugas sebagai admin di kantor, di rumah ku juga merangkap bendahara. Jebolll kalo ga ada pencatatan haha, tapi masih belum pernah pake aplikasi ina inu, kurang paham buat nyatet keuangan pake digital.

Ella Fitria
24 Agustus 2020 03:05

sama mbak Astria, tiap hari bikin jurnal dan tetek mbengeknya belum lagi bikin jurnal pembalik dan penutup, ngitung uang ghoib pula, ahahah
tapi seru yaa!

Ella Fitria
24 Agustus 2020 03:05

terima kasih bang

Ella Fitria
24 Agustus 2020 03:07

ku dukung mbak Ainun buat buka usaha. meski kecil lama-lama kalau ditekuni bakal jadi besar kok mbak, hihi
memang zaman digital kaya sekarang semuanya serba mudah

Ella Fitria
24 Agustus 2020 03:08

iya mbak Anies, lengkap banget sampai ada fitur buat piutang segala biar kita nggak lupa, ihihihi

Ella Fitria
24 Agustus 2020 03:09

ahahaha, iya Mas.. bisa buat latihan disiplin pembukuan yak, soalnya kadang duka lupa siapa aja yang ngutang, eh

Ella Fitria
24 Agustus 2020 03:15

iya mbak Rey, makin kesini makin banyak kecanggihan teknologi yang memudahkan kehidupan sehari-hari ya. Bakal terasa banget manfaatnya untuk mencatat pembukuan, soalnya fiturnya sangat lengkap