Pantai Menganti Tak Pernah Ingkar Janji

by - Januari 29, 2018

Pantai Menganti Pasir Putih @put.put_
Sinar matahari sudah mulai masuk celah ventilasi kamar, sedang aku masih betah di atas kasur. Jam delapan pagi, aku masih belum memiliki energi untuk beraktivitas. Tiba-tiba sepupuku mengirim pesan melalui watsap:
👦: "la, piknik yuk"
👧: (buru-buru semangatku menggebu. Hahaha
Ku balas singakat) "ayok, kemana? Kamu yang mikir tempat ya!"
👦: (Beberapa detik dia langsung membalas) "ke pantai mau? Tapi jangan yang trakking jauh ya, males!"
👧: Aku nggak perlu ngiyain kan. Karena kamu udah tau jawabanku. (pasti mau, mau banget)

Yeah, mantai woi mantai.. Yakali bisa piknik ke pantai itu bahagianya kaya liat updatean mantan di Instagram. Bhahaha, eh ora ding ora! Gara-gara rumahku di antara bukit dan lembah aja, jadi kalau main ke pantai tuh wah banget rasanya.

Pagi itu, kami sepakat menuju pantai Menganti, Kebumen. Motor melaju dengan kecepatan tinggi, membelah jalanan Sokaraja. Awan biru terlihat mengikuti kemana kami melaju. Kami melewati rute Banyumas-Yogyakarta, ya sekalian nostalgia bareng si dia. Padahal dari rumahku (Banjarnegara) menuju Kebumen kalau lewat waduk sempor lebih dekat loh. Lah ini sengaja banget pakai muter-muter segala. Hahaha

Sebenarnya bukan kali pertama kami ke pantai Menganti, tapi konyolnya beberapa kali kami nyasar karena lupa jalan. Hahaha
Nyasar? Buka maps dong! Yakali sepanjang jalan kecamatan Ayah ke Menganti signalnya susyah bro. Sempet putus asa juga, soalnya jalan yang kami lewati sepi banget, udah gitu rusak berat lagi. Hmm, kamu bisa bayangin nggak? Nahan pipis trus lewat jalan rusak nanjak-turun, pie perasaanmu jal? :( dengan penuh kesabaran dan keikhlasan untuk melewati halangan rintangan akhirnya kami sampai di TPR Pantai Menganti, kami membayar tiket masuk 10 ribu/orang. Hamdallah. Akhirnya sampai juga setelah nyasar, nahan pipis, dan kepanasan. Pokoknya nggak sia-sia deh, nggak kaya hubungan kita! Sia-sia dunia akhirat *senyum sinis*

Pemandangan Pantai Menganti dari jalan
Pantai Menganti berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Ternyata nggak cuma Gunungkidul yang memiliki pantai dengan hamparan pasir putihnya loh, tapi Kebumen juga memiliki pantai yang nggak kalah eksotisnya dengan pasir pantainya yang berwarna putih serta panorama perbukitan tebing karst memesona. Sebelum sampai di tepi pantai, kami bisa menikmati pantai dari atas jalan. Indaaaaah banget, dari atas kelihatan air lautnya yang biru menyatu dengan langit.

Suasana pantai makin terasa dengan perahu-perahu nelayan yang berjajar, pasir putih dengan banyak batu karang besar bisa digunakan untuk duduk menghadap ke pantai sembari merasakan sensasi terik matahari yang terbawa oleh angin dan desir ombak yang sesekali menghampiri. Di timur pantai juga ada tebing, di atas tebing itu terdapat gubuk-gubuk yang berfungsi sebagai tempat berteduh dari hujan dan terik matahari. Gubuknya ini disewakan loh. Sewa gubuknya 10 ribu. Nah, dari gubuk itu kita bisa duduk menghadap pantai dan melihat luasnya Samudera Hindia, sebuah pulau karang, dan perbukitan yang menghijau. Kabarnya pantai Menganti ini termasuk satu-satunya pantai berpasir putih di Jawa Tengah.

Di pantai ini juga banyak banget poperti untuk swafoto. Misalnya jembatan merah gebyuran yang menjadi spot foto terlaris. Sayangnya aku nggak fotoin jembatan itu, karena pas aku ke sana ruamai banget banyak dede emesh lagi pada selfie-selfie sama pacalnya. Hhh
Jadi aku ngalah duduk lagi di gubuk-gubuk itu.

Tuh penampakan gubuk-gubuknya
Foto dari gubuk-gubuk yang menghadap pantai
Fasilitas di pantai Menganti nggak jauh beda dengan pantai yang lainnya kok. Ada mushala dan toiletnya juga di dekat warung-warung pinggir pantai. Tau nggak? Meski ini di obyek wisata, harga makanan di warung sepanjang pantai Menganti tu murah-murah banget. Menunya juga banyak, kita juga bisa langsung bakar ikan di situ. Satu es kelapa muda harganya nggak sampai 10 ribu coba. Udah gitu, pas mau pulang kami mau bayar parkir tapi ditolak sama mas tukang parkirnya, katanya biaya parkir udah sekalian tadi pas masuk bayar di TPR. Ini mah namanya piknik tanpa ngabisin duit. Hhh

Dan, apakah kalian tau? Beberapa hari setelah aku dari pantai Menganti, aku liat si mantan upload foto di Pantai Menganti. Ternyata usut punya usut, hari sabtu aku ke sana, nah hari minggu dia ke sana. Ya salam! Belum jodohnya ketemu. Yakan dia juga sama cewek barunya. Kalau ketemu nanti bahaya. Bahahaha (becanda loh, becanda tapi seriusan) *btw, paragraf ini nggak penting banget* yakan. Hahaha

You May Also Like

62 komentar

  1. Waaa untung ga ketemu mantan mbak bisa rusak move on sebelanga hahaha

    Btw ombaknya galak ga sih mbak,itu fotonya kok kayaknya ombaknya rame banget *dangdutan kalee* :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahah, rusak rusak deh.. Tetep aja nggak ktmu juga rusak mbak, hhhh
      Nggak begitu galak kok, keliatannya aja..

      Hapus
  2. wow pantainya nggak kuat lihatnya , Pantai manganti ya namanya Sis

    BalasHapus
  3. Pantainya cantik dan indah banget. Saya juga mau diajak mantai.

    Nahan pipis? Uuuhhhh....
    Untung nggak sampai ngompol ya? Hehehe

    Paragraf terakhir saya kira beneran loh. Hihihi...
    Tapi menurut saya penutup yang bikin pembaca terhibur dan pengen balik ke sini lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, iya untung bgt nggak smpe ngpol di jalan. Hahaha
      Ya tp bercandaanya serius itu loh

      Hapus
  4. Wah, aku juga ada kenangan nih di Menganti. Belum ditulis aja. Haha~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tulis dong tulis, nanti ku mampir deh..

      Hapus
  5. Mantan itu apa ya? Aku taunya Manta

    Dari dulu pengen ke sini, dan belum terealisasikan. Duh Gusti hahahahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantan sejenis makanan yg nggak boleh dimakan. Hhh
      Cus lah ke menganti

      Hapus
  6. Ihh, bagus yah. Murah-murah gak ikannya? Ikan duyung harganya berapa yah??

    #ihik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha, ikan duyung nggak dijual kak.. Harusnya dihalalkan, ckckck

      Hapus
  7. Itu gambar pertama sebelah endi sih..? Kok dulu ak pas ke sana g nemu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan arah yg ke jembatan mas, tp belok kanan jadi turun gitu

      Hapus
  8. Menganti endi kiye mba :D hehe

    BalasHapus
  9. Indah nya pantai mengantai, ga seindah hubungan ‘kita’ hahahaha kode mba, kode.. enak ya bisa ke pantai kapan aja, disini palingan ancol hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kode ke siapa mbak? Nggak ada yg peka juga, hahha
      Iya enak, sini buru2 pindah ke jawa tengah.
      Ckck

      Hapus
  10. Pantai menganti tak pernah ingkar janji, cuma mantan yang sering ingkar janji. yang tegar, ya. :P

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tegar banget kak, banget. Btw, kamu juga nggak pernah ingkar janji.. Hhh

      Hapus
  11. Panas bngat pantainya, sunsednya juara . Bln kmren kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku blm pernah nyunset disana, pan kapan ah nyunset di Menganti.. Iya bener, langsung gosong baru lima menit di sana, hhh

      Hapus
  12. wihh,,, kece banged yak,tapi agak sepi ya..
    enak gini nih.. daripada rame... makin banyak orang makin banyak sampah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl weken ruamai banget anak2 hitz.. Kalau pas wekdai lumayan sepi, jd enak

      Hapus
  13. Ella salam kenal ya. Duh ini pantainya cantik bangeeeet. Murmer lagi ya berwisata ke sana. Salah banget mampir ke postingan ini, karena aku jadi mupeng berat hiks hiks.... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah.. Iya mbak Imelda, mantai sini mantai

      Hapus
  14. Saya kurang begitu suka dengan pantai
    tapi jujur kalo liat gambar saya takjub aja
    indahnya lukisan alam..

    BalasHapus
    Balasan
    1. What? Kenapa nggak suka pantai? Kl nggak suka goa masih masuk akal lah, ini kenapa nggak suka pantai juga kenapa?hhh

      Hapus
  15. kalau ngomongin nyasar pernah ngalamin juga sih karena keasyikan ngobrol eh udah jauh tuh dari target yang mau dikunjungi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahaha, iya kayaknya setiap org mesti pernah ngalamin nyasar deh.. Hhh

      Hapus
    2. asal jangan nyasar di hutan belantara bisa ketemu tarzan ntar hehe

      Hapus
    3. Kl ketemu tarzan sekalian tak ajak pulang, wkwkwk

      Hapus
  16. Sejukkk kelihatannya. Bisa buat hiburan penghilang stress sesaat, tapi kalau ke pantainya hari itu ketemu mantan dengan dambaan hati yang baru, niatnya mau rileks-in pikiran malah jadi makin membebanin pikiran yaa Jiehehe :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha, sepakat bgt.. Yg ada bau gosong, atinya kepanasan.. Ckckck

      Hapus
  17. Subhanallah, indah sekali pemandangan dari jauh ya, Mbak...kapan saya diajakin atuh? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sini, nanti ku ajak mantai deh.. Tak temenin, dari pagi smpe malam, hahaha

      Hapus
  18. wa kereeen
    aku suka banget liat pante dari ketinggian gitu
    mantep

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl gitu cobain ke pantai menganti deh, kita bisa liat pantai dr ketinggian..

      Hapus
  19. wahh mbknya bawa-bawa mantan.... tapi kok kalah kambek mantane...

    kwkwkwkw

    tapi boleh juga pemandangannnya.... dengan uang 10rb bisa dapet spot foto LUARRRR BIASA...

    di jakarta punya uang 10rb, masuk warteg aja gak kenyang....

    terima kasih loh buat sharenya (kecuali mantan ya...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahahaha, besok lusa kl posting nggak bawa2 mantan deh, ckckck
      Iya kl di jkt 10rb cuma dapet es teh, hhh

      Hapus
  20. Cantik banget... pantainya lho. Duh, saya udah lama nggak mantai, jadi mupeng gini kan xD

    BalasHapus
  21. klau ngomongin soal pantai rasanya ga akan pernah habis.. airnya yangjernih serta penhilang stress bikin orang pengenbalik lagi kesana.. sayangnya jauh lokasinyaaa.. jadi baper pengen travelling lagi ni...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, iya mbak vika kl mau ke sini mesti nyebrang lautan, melewati lembah jg.. Hhh

      Hapus
  22. Udah lama ga mantai,.
    Seru banget mbak ella jalan2 teruss :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu cuma pencitraan koo biar dibilang jalan2 trs, hahah

      Hapus
  23. Purworejo - Kebumen aslinya deket, tapi saya belum pernah kesini *isin aku, isyin*

    Dulu aku juga nggak percaya kalau di daerah Kebumen ada pantai pasir putih, terus googling. Nemu lah nama Pantai Menganti. Dan kalau lihat di foto yang ada di sosmed, viewnya lumayan menggoda untuk dikunjungi. Sewa gubuk 10 ribu itu ada batesan waktunya ngga? Apa bebas, sepuasnya kita? Sebetah-betahnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh mas Wisnu, kamu jangan ngisin2i laaah.. Gek cus ke kebumen, wong perek koh.. Hhh
      Iya, sewa gubuknya 10rb sepuasanya, sebetahnya.. Nginep juga boleh, hhh

      Hapus
  24. Pasti wisatawan betah berkunjung ke pantai Menganti selain dari sisi keindahan laut, tidak kalah juga juru parkir yang ramah dengan mengatakan parkir sudah termasuk tiket masuk pantai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, murah meriah.. Tiket masuk 10rb sudah termasuk biaya parkir.. Hhh
      Jd kapan mbak ke sini?

      Hapus
  25. SAYA pikir orang yang bersepeda menapak di jalan Pantai,,,,eeee ngk taunya sepedanya terbang. :)

    Fhoto yg dibuat rupanya dari atas,,,, sangat bagus sekali pemandangannya, terutama pantai yg dilihat dari atas jalan.

    debur ombaknya itu loh..... meruntuhkan steres di otak ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mana ada sepeda terbang ih.. Hhh
      Iyap, meski pantai identik dg udara panasnya, tp rasanya tetep seger aja dan selalu bikin nagih, hhh

      Hapus
  26. Haha duh pantainya cakep tapi malah ngomongin mantan haha atuhlah cari oppa baru, kayak manganti yang gak pernah ingkar janji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cariiiin atuh lah, bahaha
      Besok nggak ngomongin mantan lagi.. Pissss, haha

      Hapus
  27. Bilang sama dia, piknik gak bawa gps itu bisa nyasar.
    Kamu gak akan kuat jika nyasar
    Biar aku aja
    #bukandilan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, aku nggak kuattt kl nggak bawa gps.. Bener tuh, biar km saja mas XD

      Hapus
  28. Tips, sebelum jalan2, biasakan pipis terlebih dahulu. Hahaha

    Ombaknya gede, foto disana pingin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah mampir pom bensib juga mbak, tetep aja nglewatin jalan rusak naik turun pengin pipis, haha

      Hapus
  29. aku pengen ke pantai Menganti tapi belum kesampaiaaaaannnnn.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tahun ini kesampaian ke pantai menganti ya.. Aamiin

      Hapus
  30. Wedyaaaan ombaknya nakuti :D
    eh main deh mbak ke blog aku, liat2 pantai di Ambon nggak kalah indahnya loh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asik, pengin juga main ke pantai Ambon.. Dududu. Kapan nih, ajakin aku kak😂

      Hapus