Resep Telur Gulung Anti Gagal

oleh Ella Fitria
Ngomongin bulan suci Ramadan emang nggak ada abisnya. Nikmat menjalankan ibadah puasa selalu bikin nagih, apalagi 10 hari terakhir di bulan Ramadan ini. Kalau meninggalkan salat tarawih sekali aja bawaannya ada yang kurang. Rasanya emang kudu makin semangat tadarus dan berbagi kebaikan. Nggak cuma semangat bikin takjil doang. 
Btw, kalau berburu takjil tuh selalu nyari babang penjual telur gulung. Sedihnya harga jajan bocah ini makin mahal, Sist. Lah Rp. 5 rb cuma dapat 3 sunduk telur gulung. Kecil-kecil pula, kan miris banget! Padahal aku pecinta teluru gulung garis keras. Huhuhu
Saking cintanya sama jajan telur gulung, sering banget nyoba bikin meski gagal terus (kayanya kena kutukan telur gulung kali ya), ada aja masalahnya. Yang telurnya nggak mau nempel lah, yang telurnya menggumpal melulu lah, yang telurnya keenceran lah, dan yang yang lain sebagianya. Lah ini malah jadi yang yangan. Kangen yang yangan kan. 🥰 
Tapi siapa sangka, kemarin sore aku dapat ilham tentang dunia perteluran ini. Ya gimana, tiba-tiba bangun tidur pingin nyoba bikin telur gulung untuk yang ke sekian puluh kali. Sampai orang rumah udah ngeremehin duluan. Kata adekku “paling nggak jadi lagi, mbak. Buang-buang tenaga aja“. Oh baiklah, akan aku buktikan. Makin semangat ngocok telur yang udah kupecahkan dong.
Eh btw daripada aku bahagia sendirian karena sukses bikin telur gulung, mending ku share bahan dan cara membuat telur gulung ANTI GAGAL. Tidak lain tidak bukan karena notif whatsapp bunyi mulu gara-gara kupasang status foto telur gulung, mending kutulis di blog aja biar kalau ada yang tanya resep tinggal share link. Padahal mah biar ada yang baca blog. Hahaha
Eh seriusan, banyak chat masuk yang minta resepnya. Itu tandanya pecinta jajan telur gulung nggak cuma aku, dan aku yakin nggak sedikit dari mereka yang gagal bikin telur gulung kaya gini. Ngeselinnya sih banyak juga yang nggak percaya kalau aku bisa bikin telur gulung. Mbok kira beli. Noooo! Plis ya. Ini prestasi tingkat angkasa bisa bikin telur gulung, maka kuputuskan untuk menulis di blog supaya seluruh dunia tahu! Wakkakak
Udah, udah. Langsung aja siapin alat dan bahannya yaaaa.
Alat Untuk Membuat Telur Gulung :

  1. Mangkuk+garpu untuk mengocok telur
  2. Botol kecap/saus isi ulang (nanti ku kasih fotonya)
  3. Tusuk sate
  4. Wajan
  5. Kompor
Bahan Membuat Telur Gulung :

  1. Telur sebanyak 3 butir
  2. Bumbu sesuai selera (garam, lada, dan bawang putih)
  3. Air putih 100 ml (setengah gelas belimbing)
  4. Saus/mayones. Sesuai selera.

Cara Membuat Telur Gulung 

  1. Siapkan mangkuk. Pecahkan 3 butir telur, masukan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Kocok hingga berbusa (kurang lebih 5 menit).
  2. Masukan 100 ml air putih ke dalam kocokan telur tadi. Kocok lagi hingga telur benar-benar encer. Supaya lebih yakin telur itu sudah encer, coba angkat garpunya, jika nggak ada telur yang menempel di garpu berarti kocokan telur siap digoreeeeng.
  3. Masukan kocokan telur ke dalam botol kecap, kocok-kocok lagi sebentar. 
  4. Panaskan wajan yang berisi minyak goreng. Minyaknya harus banyak ya, Sist. Banyak!
  5. Gunakan api kecil. Biar nggak mudah gosong dan telurnya mudah diuwel-uwel.
  6. Setelah minyak panas, tuangkan kocokan telur cukup 3-4 kali crotan. Ya allah crotan, bahasanya susah banget. Pokoknya gitu lah ya. Makin banyak kocokan telur yang dituangkan, maka makin besar hasil telur gulungnya. 
  7. Tunggu sekitar 5 detik, lalu gulung dari arah tengah membelah kemudian tarik telur ke tepi wajan. Gulung-gulung satu arah. Tiriskan. 
  8. Magic! Telur gulung ternikmat seantereo udah siap di mamam pakai saus/mayones.

Tekstur telur gulungnya tuh lembut banget Sist. Ku suka, ku suka. Tapi kalau kalian suka yang matang banget, proses menggorengnya agak lama dikit yaaa. Duuh selamat mencoba! Selamat berbuka puasa dengan takjil telur gulung. Berasa pingin jualan telur gulung ya Allah. Biar cepet bergelimang harta. Hahaha
Btw, harga seporsi telur gulungku setara dengan harga mahar. Yang mau beli silakan. 🤣🖤

Ella Fitria

You may also like

0 komentar

Ella Fitria 7 November 2019 - 05:41

bismillah, semoga berhasil yaa.. wkwkwk

Balas
Ella Fitria 7 November 2019 - 05:41

ayooo coba lagiiiii

Balas
laili umdatul khoirurosida 1 Oktober 2019 - 10:08

Aku pernah nyoba tapi gagal hahahaa

Cobain ah. Book mark dulu

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 00:45

ini perut kenyang juga tetep aja enak.. buat camilan, wkwk

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 00:44

iyaa, tp anak SD jaman sekarang juga makanannya begini. wkwkwk

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 00:42

wkwkwk, enanya smpe kita tua. uuuuw

Balas
Ella Fitria 18 Juni 2019 - 00:42

coba aja mbak, asal ngocok dan perbandingan airnya pas insya allah anti gagal. eh terus minyak gorengnya mesti banyak ya, apinya kecil

Balas
1 2

Beri Komentar

%d blogger menyukai ini: