Teman Kreasi Indonesia: Wujud Sinergi Smartfren dengan Pelanggan Setianya

oleh - Maret 28, 2021

Teman Kreasi Indonesia: Wujud Sinergi Smartfren dengan Pelanggan Setianya
Launching Teman Kreasi Indonesia
Kemarin, tanggal 25 Maret 2021 aku ikut bergabung di Launching #TemanKreasi Smartfren melalui channel youtube Smartfren. Begitu mendengar kalimat Teman Kreasi, apa sih yang terlintas di pikiran kalian? Sungguh, baru kali ini aku merasa antusias banget mengikuti acara launching melalui youtube. Ya bagaimana nggak antusias? Begitu tahu peran Teman Kreasi Indonesia rasanya bangga dan haru banget.

Mengenal Teman Kreasi Smartfren

Menurut Roberto Saputra, Chief Brand Officer Smartfren, Teman Kreasi Indonesia merupakan gerakan sosial dari Smartfren Community sebagai bentuk dukungan terhadap wirausaha, produsen, dan kreator lokal. Gerakan sosial ini meliputi bidang sosial, pendidikan, ekonomi, dan berbagai kegiatan lain untuk mendukung generasi muda dalam mengoptimalkan peluang yang ada. Hayo, provider mana lagi coba yang memiliki program untuk mendorong munculnya sosial enterpreneur, digital enterpreneur, serta memberi dukungan terhadap kreator lokal Indonesia? Ah memang ya, Smartfren wow wow wow banget. Uhuhuhuy.

Jujur, aku salut banget sama inovasi dan program-program yang diluncurkan oleh Smartfren. Padahal ya, beberapa bulan yang lalu smartfren baru meluncurkan program WOWLabs sebagai platform kokreasi untuk generasi konten. Luar biasa banget sih, karena dari program WOWLabs ini bisa melahirkan produk-produk limited edition seperti jersey pesepeda hasil kolaborasi antara Common Spot dan Show The Monster. Dari hasil penjualan jersey ini sebagian hasilnya akan digunakan sebagai modal untuk mendukung kegiatan Teman Kreasi Indonesia. 

Nah, sekarang ini giliran program #TemanKreasi yang diluncurkan Smartfren sebagai bentuk sinergi antara Smartfren, WOWLabs dan Smartfren Community. Inovasinya nggak tanggung-tanggung, ya? Pokoknya kalau mendengar program yang berbau sosial gitu, rasanya ikutan mrinding, haru, dan senang.

Lanjut penjelasan dari Dani Akhyar selaku Head of Community Development, beliau menuturkan  bahwa Teman Kreasi Indonesia memiliki ciri khas seperti memberikan peluang, inspirasi, social digitalpreneur, local heroes, dan sustainable comunnity development. Dengan tagline Mandiri dan Berbagi, harapannya Teman Kreasi Indonesia ini bisa menjadi salah satu jalan untuk mendukung berbagai kegiatan ekonomi salah satunya untuk para UMKM dan kreator lokal.

Peran Smartfren dalam Program Teman Kreasi Indonesia

Memang apa sih keuntungnya bergabung dengan Teman Kreasi Indonesia? Banyak dong keuntungan yang didapatkan, salah satunya jaringan yang luas dan peluang untuk memasarkan produk, dll. Nah teman-teman yang tergabung dengan Teman Kreasi Indonesia juga mendapatkan dukungan berupa koneksi internet 4G LTE Advance Smartfren dan jaringan potensi pasar dari Smartfren Community yang tersebar di 100 kota di seluruh wilayah Indonesia.

Yap, Smartfren Comunnity ini sudah ada di 100 kota loh. Sementara untuk Teman Kreasi sudah terserbar di 24 dareah, ada di Natuna, Lampung, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, Lebak, Cilegon, Serang, Bekasi, Bandung, Bandung Barat, Garut, Cibungur, Tegal, Kuningan, Pekalongan, Cilacap, Blitar, Bojonegoro, Pati, Tanah Laut, Mojokerto, Surabaya, hingga Bali. Benar-benar wow wow wow sih ini.

Memang ya pelanggan setia Smartfren tersebar dari sabang sampai Merauke. Dari 100 kota tersebut memiliki anggota sekitar 90.000. Kebayang nggak sih kalau semua anggotnya memanfaatkan peluang yang ada? Auto banyak produk lokal yang bermunculan ya? 

Teman Kreasi Smartfren yang Menginspirasi

Dalam acara launching Teman Kreasi Indonesia, Smartfren juga menghadirkan Teman Kreasi dari berbagai wilayah dengan fokus yang berbeda-beda, di antaranya:

Kak Didik Jatmiko dari Bojonegoro

Peluncuran Teman Kreasi Smartfren
Teman-teman blogger pasti nggak asing dengan Kak Didik, ya? Beliau adalah seorang blogger Bojonegoro yang peduli dengan potensi UMKM dan kuliner di Bojonegoro. Perjalanan beliau bergabung dengan Smartfren Comunnity memberikan angin segar untuk para masyarakat di daerah sana, karena Kak Didik memiliki visi untuk mengajak masyarakat melek teknologi. Kak Didik ini menjadi leader Smartfren Comunnity Bojonegoro sejak tahun 2018.

Mas Azka dari Pekalongan

Perjalanan Mas Azka selaku founder start up Pasar Sayur ini bermula saat Mas Azka jalan-jalan di desa Tlogo Hendro, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Kebetulan Mas Azka berkunjung ke desa tersebut saat musim panen sayuran seperti kubis, kentang, dll. Karena harga hasil panen di sana nggak masuk akal saking murahnya, Mas Azka berinisiatif mendirikan start up Pasar Sayur. Duh ya, keren banget bisa ngajakin petani memasarkan hasil panennya secara go digital.😍

Nggak cuma Kak Didik dan Mas Azka saja, namun banyak Teman Kreasi dari kreator lokal seperti Evan founder Show the Monster dan Yohanes Handy founder Common Spote. Selain itu, ada juga Teman Kreasi yang menghasilkan produk kuliner lokal seperti keripik gedebog pisang, keripik daun jeruju, keripik jantung pisang, kopi robusta, ledre, dll.

So, buat teman-teman yang ingin mendapatkan info seputar Teman Kreasi Indonesia bisa langsung mengikuti akun Instagram resmi @SmartfrenCommunity, @TemanKreasi_id atau menghubungi info@temankreasi.id. Yuk ah, cintai produk lokal supaya perekonomian bisa berputar. 🥰

Mungkin Kamu Suka

6komentar

  1. Pengguna setia smartfren unlimited chek hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa, kenapa aku baca komenmu pke intonasi yang berseliweran di tiktok yak.. wkwkwk

      Hapus
  2. seruuuuuu mbak
    samaan nih kayak aku mba ella, akutu kalau ada program program yang care care begini, suka terharu, ikut seneng, karena masih ada yang peduli sama sesama dan sama sama ingin membuat kita semua berharga, bangga dan berguna wes pokoke

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak Ainun, rasanya ikutan senang ya.. semoga makin banyak provider yg punya program serupa :D

      Hapus
  3. Gencar banget yah promosi si Taman kreasi ini hahahaha... hari ini BW saja sudah baca lebih dari 5 kali.. wkwkwk

    Tapi, harus diakui yang kayak gini memang dibutuhkan banyak usaha kecil dan menengah yang terkendala dalam pemasaran. Kalau semakin banyak orang seperti Mas Azka, mungkin produk mereka bisa lebih dikenal.

    Iya ga sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iyakah bang? xixixi
      kl menurutku mas Azka dkk ibarat jembatan yang menghubungkan para petani atau pelaku usaha kecil biar bisa memasarkan produknya go digital :D

      Hapus

Buka Yuk!
Join on this site

Jangan Ketinggalan, Klik Ikuti